Sabtu, 21 September 2019
  • Home
  • Tekno
  • Jaringan Telekomunikasi Harus Mampu Layani Mudik

Jaringan Telekomunikasi Harus Mampu Layani Mudik

Minggu, 18 Juni 2017 20:30:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) melakukan evaluasi kesiapan jaringan telekomunikasi untuk melayani arus mudik dan Idul Fitri 1438H/2017.
 
Kegiatan ini dihadiri perwakilan Kementerian Kominfo, Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), perwakilan Pemko Medan, serta seluruh pimpinan operator telekomunikasi di Medan.
 
"Terkait adanya potensi peningkatan dan pergerakan trafik saat mudik, jaringan komunikasi dipastikan harus mampu menampung kapasitas dan melayani mobilitas masyarakat yang akan mudik," ungkap Ketua BRTI Muhammad Imam Nashiruddin pada jumpa Pers, Jumat (16/06/017) malam.
 
Untuk itu, ujar Imam, pengujian jaringan telekomunikasi sudah dilaksanakan sepenjang Mei lalu, yang serentak dilakukan di 10 kota di Indonesia. Sementara Kota Medan, sambung dia, akan menjadi salah satu titik utama kedatangan mudik nasional, selain menjadi kota keberangkatan mudik untuk wilayah Sumut dan sekitarnya.
 
"Pengujian jaringan telekomunikasi dilakukan terhadap 4 hal, yakni uji kualitas layanan telepon, uji kualitas layanan SMS, uji kualitas layanan Mobile internet, serta uji kualitas cakupan mobilitas," jelasnya.
 
Pengujian kesiapan jaringan operator telekomunikasi di Medan dilakukan menggunakan metode static test pada titik-titik yang diperkirakan menjadi kedatangan mudik antara lain bandara Kualanamu, stasiun Kereta Api, Terminal bus Amplas, dan pelabuhan Belawan.
 
Selain itu, juga dilakukan metode drive test seluruh jaringan operator untuk mengetahui kualitas layanan dan sinyal seluler di jalan-jalan utama di Kota Medan.
 
"Dari hasil uji petik tersebut, secara keseluruhan menunjukkan hasil yang baik sekali. Sehingga jaringan telekomunikasi seluler di Medan dan sekitarnya dinyatakan siap melayani arus mudik, lebaran, dan arus balik," pungkasnya.
 
Sementara itu, GM ICT Operator Region Sumbagut Telkomsel, Yogi R Bahar menyambut baik adanya evaluasi kesiapan jaringan telekomunikasi untuk melayani arus mudik dan lebaran. Karena setiap operator akan mengetahui sejauh mana tingkat pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.
 
“Kami di internal juga mengadakan evaluasi dalam meningkatkan layanan seperti menambah kapasitas dan lainnya. Sebab dipastikan, penggunaan internet di sejumlah daerah di wilayah Sumbagut akan meningkat saat mudik nanti,” ucapnya.(BS06)
T#g:ITTIarus balikarus mudikjaringan telekomunikasiTelekomunikasi
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 12 jam lalu

    Wali Kota Harapkan Pengusaha Kuliner Tak Gunakan Penyedap di Festival Kuliner Medan Tahun 2019

    Beritasumut.com-Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH mengharapkan agar pelaku usaha kuliner dapat menghasilkan sajian yang lezat, tanpa men

  • 13 jam lalu

    Wakapolsek Medan Baru Minta Mahasiswa ISTP Cinta Tanah Air, Jauhi Narkoba, Bijak Gunakan Medsos dan Tertib Lalu Lintas

    Beritasumut.com-Ratusan mahasiswa mengikui Pengenalan Kehidupan Mahasiswa Baru (PKMB) di Institut Sains dan Teknologi TD Pardede (ISTP) di Jalan TD

  • 12 jam lalu

    Ibu Tukang Cuci Pakaian Ini Terharu dapat Bantuan dari Polsek Medan Timur

    Beritasumut.com-Sakdiah Siregar (58) warga Jalan Permai, Gang Masjid, No.9, Lingkungan 15, Kelurahan Sidorame Timur, Kecamatan Medan Timur terharu

  • 16 jam lalu

    Lantik Bupati Labuhanbatu dan Asahan, Gubsu: Jangan Ingkari Sumpah Pelantikan

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi melantik Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe dan Bupati Asahan H Surya, sisa m

  • 20 jam lalu

    Gubernur Lantik Bupati Labuhan Batu dan Bupati Asahan

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) melantik Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunte ST dan Bupati Asahan, H Surya, SE di Kantor Gu

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.