Selasa, 18 Juni 2019
  • Home
  • Tekno
  • Jaringan Telekomunikasi Harus Mampu Layani Mudik

Jaringan Telekomunikasi Harus Mampu Layani Mudik

Minggu, 18 Juni 2017 20:30:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) melakukan evaluasi kesiapan jaringan telekomunikasi untuk melayani arus mudik dan Idul Fitri 1438H/2017.
 
Kegiatan ini dihadiri perwakilan Kementerian Kominfo, Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), perwakilan Pemko Medan, serta seluruh pimpinan operator telekomunikasi di Medan.
 
"Terkait adanya potensi peningkatan dan pergerakan trafik saat mudik, jaringan komunikasi dipastikan harus mampu menampung kapasitas dan melayani mobilitas masyarakat yang akan mudik," ungkap Ketua BRTI Muhammad Imam Nashiruddin pada jumpa Pers, Jumat (16/06/017) malam.
 
Untuk itu, ujar Imam, pengujian jaringan telekomunikasi sudah dilaksanakan sepenjang Mei lalu, yang serentak dilakukan di 10 kota di Indonesia. Sementara Kota Medan, sambung dia, akan menjadi salah satu titik utama kedatangan mudik nasional, selain menjadi kota keberangkatan mudik untuk wilayah Sumut dan sekitarnya.
 
"Pengujian jaringan telekomunikasi dilakukan terhadap 4 hal, yakni uji kualitas layanan telepon, uji kualitas layanan SMS, uji kualitas layanan Mobile internet, serta uji kualitas cakupan mobilitas," jelasnya.
 
Pengujian kesiapan jaringan operator telekomunikasi di Medan dilakukan menggunakan metode static test pada titik-titik yang diperkirakan menjadi kedatangan mudik antara lain bandara Kualanamu, stasiun Kereta Api, Terminal bus Amplas, dan pelabuhan Belawan.
 
Selain itu, juga dilakukan metode drive test seluruh jaringan operator untuk mengetahui kualitas layanan dan sinyal seluler di jalan-jalan utama di Kota Medan.
 
"Dari hasil uji petik tersebut, secara keseluruhan menunjukkan hasil yang baik sekali. Sehingga jaringan telekomunikasi seluler di Medan dan sekitarnya dinyatakan siap melayani arus mudik, lebaran, dan arus balik," pungkasnya.
 
Sementara itu, GM ICT Operator Region Sumbagut Telkomsel, Yogi R Bahar menyambut baik adanya evaluasi kesiapan jaringan telekomunikasi untuk melayani arus mudik dan lebaran. Karena setiap operator akan mengetahui sejauh mana tingkat pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.
 
“Kami di internal juga mengadakan evaluasi dalam meningkatkan layanan seperti menambah kapasitas dan lainnya. Sebab dipastikan, penggunaan internet di sejumlah daerah di wilayah Sumbagut akan meningkat saat mudik nanti,” ucapnya.(BS06)
T#g:ITTIarus balikarus mudikjaringan telekomunikasiTelekomunikasi
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 19 jam lalu

    Tim Pegasus Reskrim Polrestabes Medan Amankan Seorang Sindikat Pencurian Sepeda Motor

    Beritasumut.com-Tim Pegasus Unit Pidum Satuan Reskrim Polrestabea Medan kembali mengamankan seorang pelaku sindikat curanmor di kawasan Jalan Prof

  • 2 hari lalu

    Pengendara Mobil Mewah Tabrak Petugas Lantas Polsek Medan Timur

    Beritasumut.com-Pengendara mobil mewah BK 1731 ABB menabrak seorang petugas Polsek Medan Timur di kawasan  Simpang Jalan Jawa, Minggu (16/06/2

  • 2 hari lalu

    Polsek Medan Timur Gelar Halal Bihalal Bersama Wartawan

    Beritasumut.com-Polsek Medan Timur menggelar halalbihalal bersama wartawan Polrestabes Medan. Kegiatan itu untuk meningkatkan kebersamaan yang tela

  • 3 hari lalu

    Lepas Atlit Kota Medan ke Porprovsu Tahun 2019, Ini Harapan Walikota Medan

    Beritasumut.com-Setelah sebelumnya berhasil menjadi juara umum, di tahun 2019 ini atlet-atlet Kota Medan yang akan mengikuti Porprovsu tahun 2019 d

  • 3 hari lalu

    Kajari Deli Serdang Tahan Mantan Kepala KCP Bank Sumut Tanjung Morawa

    Beritasumut.com-Mantan Kepala Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank Sumut Tanjung Morawa, HNH ditahan penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Deli Serdang,

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.