Senin, 16 September 2019
  • Home
  • Tekno
  • Hemat Bahan Bakar, Bus Hino Tangguh Lintasi Rute Berkelok di Jalanan

Hemat Bahan Bakar, Bus Hino Tangguh Lintasi Rute Berkelok di Jalanan

Jumat, 06 September 2019 16:10:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Hemat bahan bakar, Hino Bus RN 285 Hino Bus R260 dan Microbus 110SDBL diakui tangguh melintasi rute perjalanan berkelok-kelok dan penuh tanjakan di kawasan Sibolangit. Produk dari PT Indomobil Prima Niaga (IPN) dinilai layak digunakan untuk bidang transportasi antar kota dan maupun pariwisata yang ada di Sumatera Utara dan sekitarnya.
 
"Kami ingin bus-bus Hino memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan kami di Sumatera Utara. Dengan armada yang mumpuni tentunya, akan membantu operasional bisnis customer menjadi lebih mudah dan juga kenyamanan bagi penumpang yang menaikinya," ucap Direktur Penjualan dan Promosi HMSI Santiko Wardiko kepada wartawan di Medan, Jumat (06/09/2019).
 
Dia mengakui, Road Test dilakukan untuk memperkenalkan transmisi baru Hino Bus RN 285 yang saat ini menggunakan tipe ZF6S1010BO over drive yang lebih bertenaga dan hemat bahan bakar dalam pengoperasian. Hino Bus RN 285 saat ini juga memiliki Retarder Transmission yang membantu proses pengereman menjadi lebih aman dan nyaman bagi penumpang dan juga pengemudi. "Keuntungan lainnnya dengan menggunakan Retarder ini adalah mengurangi lelah pengemudi, karena frekuensi menginjak pedal rem yang berkurang. Sehingga berdampak juga terhadap penghematan penggunaan kanvas rem untuk menghemat biaya operasional pengusaha bus," sambung Santiko Wardiko. 
 
Dijelaskannya, Bus RN merupakan bus andalan jarak jauh seperti Trans Jawa maupun Trans Sumatera. Bus ini dirancang dengan kualitas dan tingkat efisiensi yang tinggi. Dari hasil Road Test yang dilakukan Hino untuk tipe Hino Bus RN 285, dari terminal Pulo Gerbang, Jakarta sampai terminal Surabaya pulang pergi. Hasilnya Hino Bus RN 285 dengan kapasitas oli yang lebih sedikit sangat handal digunakan di tol Trans Jawa karena temperatur oli tetap stabil dan tidak panas. 
 
Bahkan, temperatur selama test di bawah nilai standar flash point temperatur yang ditetapkan. Hasilnya ini memberikan kepercayaan dan kenyamanan bagi pengusaha otobus atau PO, karena bus ini sangat tepat untuk digunakan sebagai transportasi jarak jauh seperti rute rol Trans Jawa maupun Trans Sumatera untuk membuat bisnis lebih efisiensi karena perawatan atau pengguna oli yang lebih sedikit ditambah dengan perawatan yang rutin membuat Bus Hino semakin ekonomis dan efisiensi sebagai partner bisnis.
 
Sedangkan, unit kedua yang turut dalam road test ini adalah Microbus 110 SDBL kini hadir dengan bodi yang jumbo untuk menambah kenyamanan bagi penumpang, karena jarak antar tempat duduk dapat diatur lebih luas sehingga penumpang tidak mudah lelah selama perjalanan. "Dengan dimensi rangka lebih panjang membuat kapasitas penumpang menjadi lebih banyak hingga 19 tempat duduk. Selain itu, dengan rangkanya yang panjang membuat karoseri dapat mendesain bodi bus dengan bagasi yang lebih luas, dan ini menjadi solusi terbaik untuk transportasi terutama untuk travel atau pariwisata dalam mengangkat barang-barang wisatawan banyak," papar Santiko.
 
Dalam road test ini adalah Hino Bus R260 yang sudah terkenal handal dan efisien bagi pengusaha bus. "Karena bus ini merupakan model terlaris Hino, yang menjadikan Hino sebagai market leader bus di Indonesia," pungkas Santiko. (BS04)
T#g:Bus HinoIndomobil PrimaNiagaMicrobus 110SDBL
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.