Rabu, 23 Oktober 2019
  • Home
  • Sumut Memilih
  • Kasus Dugaan Penistaan Agama, BKPRMI Minta 3 Anggota Komisioner Bawaslu Dijadikan Tersangka

Kasus Dugaan Penistaan Agama, BKPRMI Minta 3 Anggota Komisioner Bawaslu Dijadikan Tersangka

Selasa, 05 Juni 2018 21:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Sumut Zulkhairi menjalani pemeriksaan yang dilakukan oleh Penyidik Subdit I/Keamanan Negara (Kamneg) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumut (Poldasu) sebagai saksi pelapor dalam kasus dugaan penistaan agama oleh Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida Rasahan, Selasa (05/06/2018).
 
Usai diperiksa, Zulkhairi mengaku, ada 6 poin penting penjelasan yang diberikannya kepada penyidik terkait laporan yang dilayangkan pihaknya tersebut."Harapannya, kami memohon kepada penyidik agar cepat meningkatan proses penyidikan dan segera menetapkan tersangka bagi 3 Komisioner Bawaslu Sumut, yakni Syafrida Rasaahan, Hardi Munthe serta Aulia Andri," ungkapnya kepada wartawan.
 
Keenam poin penjelasan itu, rinci Zulkhairi, antara lain Bawaslu telah melakukan tindakan pembohongan. Karena dalam 2 surat yang diterbitkan Bawaslu, baik surat nomor 1601 dan 1605 yang dasarnya adalah kesepakatan bersama dihadiri parpol, tim kampanye, FKUB serta Kesbangpolimas Sumut ada penandatanganan bersama tanggal 14 Mei 2018 di Hotel Tiara."Tapi setelah kami cek tidak ada penandatanganan kesepakatan pada saat itu. Dan itu dijadikannya dasar munculnya surat tanggal 16 dan 18," jelasnya.
 
Zulkhairi menjelaskan, dalam surat 1601 disebutkan tim paslon, tim kampanye, parpol tidak boleh memberikan kuliah atau ceramah agama di tempat ibadah. Padahal, sekalipun tidak ada Pilkada, para ustad selalu memberikan ceramah."Kalau masalah pilih pemimpin Muslim itu kan nggak dilarang. Tapi misalnya mengarahkan untuk memilih nomor 1 atau 2 itu baru salah," jelasnya.
 
Ketiga, jelasnya, Bawaslu Sumut melarang infaq dan sedekah. Meski pemberian itu sudah sebetulnya sudah sering dilakukan."Kita biasa kita berbagi, tapi gara-gara itu nggak bisa," sebutnya.
 
Selain itu, Zulkhairi melanjutkan, Bawaslu tidak berhak mengeluarkan regulasi tentang proses Pilkada karena sebagai lembaga regulator. Bawaslu hanya sebagai pelaksana peraturan bukannya pembuat aturan."Kelima, kenapa yang diatur ini hanya umat Islam saja? Kenapa sekupnya tidak general? Padahal semua agama ada sedekah. Dan yang keenam, Bawaslu mengidentifikasikan infaq zakat sebagai politik uang dalam proses pilkada," sebutnya.
 
Zulkhairi mengaku, selain dia, penyidik juga akan melakukan pemeriksaan terhadap 2 saksi pelapor lainnya pada hari Rabu (06/06/2018) besok.Dalam pemeriksaan kepadanya, Zulkhairi mengatakan tidak banyak mendapatkan pertanyaan."Hanya butuh penjelasan saja. Semoga penyidikan dan penetapan sebagai tersangka bisa dilakukan dengan cepat," terangnya.
 
Sebelumnya, Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan mengatakan, Polda telah melakukan penjadwalan terhadap pemeriksaan saksi pelapor dugaan penistaan agama oleh ketua Bawaslu Sumut.MP Nainggolan menyebutkan, untuk tahap awal, pihak penyidik melakukan pemeriksaan terhadap 3 orang saksi pelapor. "Ya, hari ini pemeriksaannya sudah mulai dilakukan," pungkasnya.(BS04)
 
T#g:BKPRMIBawasluKasus Dugaan Penistaan AgamaPilgubsuPilkadaPoldasu
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 5 jam lalu

    Dua Minggu Terakhir, Polda Sumut Ungkap Peredaran Gelap 35 Kg Sabu

    Beritasumut.com-Dalam rentang waktu dua minggu terakhir, Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumut berhasil mengungkap upaya peredaran

  • kemarin

    Hadir Pada Dialog Kebangsaan, Ini Pesan Kapolda Sumut

    Beritasumut.com-Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Agus Andrianto, menghadiri sekaligus membuka Focus Grup Discussion (FGD) Dialog Kebangsaan

  • kemarin

    Pilkada Kota Medan Tahun 2020 Diharapkan Berlangsung Aman dan Lancar

    Beritasumut.com-Pemko Medan siap mendukung dan memfasilitasi seluruh komponen yang dibutuhkan terkait penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilk

  • 2 hari lalu

    DPC PPP Buka Penjaringan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tapsel

    Beritasumut.com-Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) buka penjaringan calon kepala daerah Bupati

  • 3 hari lalu

    Poldasu dan Kodam I BB kembali Gelar Patroli Bermotor

    Beritasumut.com-Guna menciptakan kondisi aman di Kota Medan khususnya di hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih, personel Poldasu

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.