Sabtu, 29 Februari 2020
  • Home
  • Sosok
  • Usra Hendra Harahap Dilantik Jadi Dubes untuk Nigeria dan Sejumlah Negara di Afrika

Usra Hendra Harahap Dilantik Jadi Dubes untuk Nigeria dan Sejumlah Negara di Afrika

Jumat, 22 Maret 2019 14:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri acara Pengucapan Sumpah Hakim Konstitusi dan Pelantikan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP RI) untuk Republik Federal Nigeria, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (21/03/2019) siang.

Aswanto dan Wahiduddin Adams membacakan sumpah jabatannya sebagai Hakim Konstitusi periode 2019-2024 di hadapan Presiden. Sedangkan Usra Hendra Harahap dilantik sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Republik Federal Nigeria.

Rangkaian acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Keputusan Presiden Republik Indonesia tentang Pengangkatan Hakim Konstitusi dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh oleh Kepala Biro Administrasi Pejabat Negara Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Harly Agung Prabowo.

Aswanto dan Wahiduddin Adams dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 32/P Tahun 2019 tentang Pengangkatan Hakim Konstitusi yang diajukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat. Sementara Usra Hendra Harahap dilantik Nomor 33/P Tahun 2019 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Republik Indonesia.

Dubes RI untuk Nigeria berkedudukan di Abuja (Nigeria), dan merangkap sebagai Duta Besar RI untuk sejumlah negara di Afrika, seperti Burkina Faso, Gabon, Ghana, Kamerun, Kongo, dan Liberia.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban hakim konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” kata Aswanto dan Wahiduddin dalam sumpahnya di hadapan Presiden.

Aswanto dan Wahiduddin Adams merupakan hakim konstitusi periode 2014-2019 yang terpilih kembali secara aklamasi dalam fit and proper yang digelar Komisi II DPR RI, beberapa waktu lalu. Sedangkan Marsekal Muda TNI (Purn) Usra Hendra Harahap jabatan terakhirnya adalah Koordinator Staf Ahli Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU).

Usai mengucapkan sumpah, ketiganya menandatangani berita acara dan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dimulai dari Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla.

Hadir dalam acara ini di antaranya Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Menlu Retno Marsudi, dan  Mensesneg Pratikno.(rel)

T#g:dubesUsra Hendra Harahap
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 hari lalu

    Terima Kunjungan Duta Besar Belgia, Sekda Paparkan Peluang Investasi Unggulan Sumut

    Beritasumut.com-Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memiliki banyak potensi investasi yang dapat dikerjasamakan dengan para investor dari luar negeri t

  • 3 hari lalu

    Dubes Belgia dan Pimpinan Altissia Kunjungi Unpab

    Beritasumut.com-Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Dr H Muhammad Isa Indrawan SE MM menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Belgia unt

  • 4 minggu lalu

    Gubernur Harapkan Dubes AS Bantu Promosikan Sumut ke Internasional

    Beritasumut.com-ubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengharapkan Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) Joseph R Donovan Jr tetap dapat m

  • 2 bulan lalu

    Menko Maritim Kunjungi dan Berinvestasi ke Tanzania, Garap Proyek Infrastruktur dan Pertambangan

    Beritasumut.com-Indonesia ingin meningkatkan kerja sama termasuk berbagi pengalaman dengan Tanzania untuk meningkatkan value added industri bahan b

  • 3 bulan lalu

    Resepsi Diplomatik TNI di Mesir, Atraksi Pencak Silat Meriahkan Acara

    Beritasumut.com-Dalam rangka meningkatkan hubungan dan kerjasama militer dengan para Atase Pertahanan (Athan) dan Diplomat dari berbagai negara, kh

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.