Senin, 14 Oktober 2019
  • Home
  • Sosok
  • Pensiun dari Polri, Budi Gunawan Tetap Jabat Kepala BIN

Pensiun dari Polri, Budi Gunawan Tetap Jabat Kepala BIN

Senin, 08 Januari 2018 16:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Jenderal Budi Gunawan (BG) resmi pensiun dari struktur Kepolisian Negara Republik Indonesia. Hal tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri yang dikeluarkan pada 5 Januari 2018 dengan nomor ST/15/I/2018.
 
Dalam surat telegram yang diterbitkan pada 5 Januari 2018 itu, Jenderal BG dimutasikan menjadi perwira tinggi (Pati) Baintelkam Polri dalam rangka pensiun.
 
Kendati pensiun dari Polri, Budi Gunawan yang kerap disapa BG itu tetap menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). “Pak BG pensiun dari Polri, tetapi tetap jadi kepala BIN karena BIN tidak berdasar dari Polri. Sebagai Polisi beliau pensiun karena usia sudah 58 tahun, sesuai regulasi,” kata Kepala Bagian Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal di Jakarta, seperti dilansir tribratanews.com.
 
Selain Budi, sejumlah perwira lain juga telah memasuki masa pensiun. Mereka adalah Brigjen Pol Didik Purnomo juga dimutasikan dalam rangka pensiun. Sejumlah jenderal lain yang dimutasi dalam rangka pensiun adalah Brigjen Pol Suprayitno, Irjen Pol Arief Dharmawan, Brigjen Pol Eldi Azwar, Irjen Pol Bambang Hermanu, Irjen Pol Nicolaus Eko Riwayanto, Brigjen Pol Wakin Mardiwiyono, Brigjen Johanes Kwartanto, dan Brigjen Edi Kusworo.
 
Dalam surat telegram itu, terdapat 32 jenderal dan perwira menengah berpangkat komisaris besar polisi yang dimutasi dalam rangka pensiun. Sedangkan, perwira menengah berpangkat kombes yang pensiun di antaranya Kombes Pol Sukarmiyati, Kombes Pol Halimah B Santoso, Kombes Wadiyana, dan Kombes Alamsyah Marzoeki.
 
Selain itu, 113 personel Polri dari tingkat Jenderal hingga perwira menengah berpangkat Ajun Komisaris Besar (AKBP) mengalami mutasi.
 
“Bahwa mutasi adalah rangkaian tour of Duty, itu kan banyak kapolres maupun kapolda, tour of duty itu kan banyak ada juga dalam rangka pensiun,” jelas Iqbal.
 
Seperti diketahui BG lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 11 Desember 1959. Dirinya merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1983.
 
BG tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting di Polri, antara lain Kapolda Jambi (2008-2009), Kapolda Bali (2012), Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian (2012-2015), dan Wakapolri (2015-2016).(BS01)
T#g:Budi GunawanKepala BINPolri
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 5 hari lalu

    Kapolsek Helvetia Sambangi Kodam I/BB, Jaga Sinergitas TNI dan Polri

    Beritasumut.com-Kapolsek Helvetia, AKP Sah Udur Togi Marito Sitinjak memberikan kejutan HUT ke-74 TNI kepada Pangdam I/BB Mayjen TNI Muhammad Sabra

  • satu minggu lalu

    Peringatan HUT ke-74 TNI, Gubernur Sumut: TNI Harus Tetap Jadi Kebanggaan Rakyat

    Beritasumut.com-Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-74 di Apron Pangkalan Udara Soewondo, Medan, Sabtu (5/10/2019), berlangsung meriah. Ribuan

  • 2 minggu lalu

    Panglima TNI: Pembentukan Kogabwilhan Upaya Pembangunan Kekuatan TNI

    Beritasumut.com-Dalam rangka mengantisipasi terjadinya ancaman yang dapat mengganggu kepentingan nasional, maka pembentukan Kogabwilhan secara prin

  • 2 minggu lalu

    Panglima TNI Sebut Peran TNI Membantu Polri Jaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

    Beritasumut.com-Sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia Pasal 7 Ayat 2, bahwa TNI mem

  • 4 minggu lalu

    Bangun Sinergitas ASN, TNI dan Polri, Kecamatan Medan Selayang Gelar Apel Gabungan

    Beritasumut.com-Guna meningkatkan koordinasi dan membangun sinergitas antara ASN, TNI dan Polri, Kecamatan Medan Selayang menggelar apel gabungan t

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.