Sabtu, 20 April 2019
  • Home
  • Sosok
  • Kisah Persahabatan Anak Brandan: Sinto dan Ripin

Kisah Persahabatan Anak Brandan: Sinto dan Ripin

Sabtu, 12 Desember 2015 20:46:00
BAGIKAN:
Facebook
Susinto dan Syamsul Arifin.
Beritasumut.com - Purnawirawan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Syamsul Arifin menulis di akun Facebooknya, Syamsul Sahabat Semua Suku, Sabtu (12/12/2015), tentang kisah persahabatannya dengan seseorang sesama anak Pangkalan Brandan,  Langkat bernama Susinto.

"Hari ni aku nak tunjok lagak. Aku sekali-kali posting photo. Buat orang Brandan dua orang di photo ni kurasa masih tau orang-orang namanya. Satu Sinto tepatnya Susinto. Satu lagi aku si Ripin dan sebagian kawan kecilku memanggilku Aji," tulis Ripin.

Mantan Bupati Langkat ini mengaku sudah berkawan dengan Sinto sejak kecil. Ayah Ripin dan ayah Sinto juga berkawan.

"Secara sekolah kami bedua ini jauh dari kata hebat. Kami bukan sarjana hebat alumni dari sekolah mentereng, tapi kalau soal ilmu perminyakan tanggung-tanggung professor telentang dibuatnya," tulis Ripin kembali.

Ripin dan Sinto sama-sama orang Brandan. Sampai sekarang keduanya tetap mengaku sebagai orang Brandan dengan bangga.

"Walau kutau Sinto sudah punya rumah hampir di semua negara tetap dia mengaku orang Brandan. Diam-diam banyak orang Brandan yang dibantunya. Tak pandang suku, tak pandang agama," tulis Ripin.

Walaupun sekarang mobilnya Roll Royce tapi tak ada yang berubah dari Sinto. Bagaimana dan seperti apapun keadaan Ripin, Sinto tetap berlaku sama.

"Yang aku salut bukan hanya dia, anak-anaknya pun berprilaku sama dengan Sinto. Istrinya kupanggil Aso, masih mau turun ke dapur memasak ke dapur untuk menjamu kami, padahal orang kerja dirumahnya tak kurang dari 20 orang," bebernya.

Ada satu sifat Sinto yang dijadikan Ripin tauladan. Walau Sinto sukses luar biasa, Sinto tak pernah merasa hebat dan memaki-maki serta menyalahkan Kota Pangkalan Brandan.

Untuk sebagian orang Brandan yang baru mau belajar sukses dan naik Roll Royce macam Sinto, sepatutnya merasa sungkan.

Sebab tak ada apa-apanya sukses yang digembar- gemborkan dibanding kesuksesannya. Setiap jumpa Sinto dan Ripin selalu berpikir dan berencana hendak apa yang mau mereka buat lagi untuk Brandan. Rumah Sinto di Brandan di ujung Jalan Mesjid sampai sekarang sama dan atas permintaan Ripin tidak dijual tidak diubah.

Banyak anak Brandan yang awalnya ikut Sinto akhirnya ikut menjadi besar.

"Semalam di pesta pernikahan anak perempuan pertamanya aku menangis, terharu, bahagia dan bangga melihat keberhasilan dan kerendahan hati sahabatku ini," kata Ripin.

Keduanya berbeda suku, berbeda agama, tapi keduanya lebih dari saudara. Semoga akan banyak persahabatan seperti persahabatan Susinto dan Syamsul Arifin, yang tak pernah menikam dan memanfaatkan arti persahabatan sejati.

"Untuk saudaraku Sinto aku selalu berdoa diam-diam, agar anak-anaknya kelak bisa meneruskan sifatnya dan anak-anak kami bisa melanjutkan cita-cita kami untuk berbuat walau sekecil apa untuk Brandan kota kami, tanpa perlu gembar-gembor sana sini," ujar pungkas Ripin. (BS-001)
T#g:
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 9 bulan lalu

    P3S Gelar Syukuran Jelang Keberangkatan Haji

    Beritasumut.com-Persatuan Perempuan Persahabatan Solid (P3S) mengadakan acara silaturahmi dan syukuran jelang keberangkatan Haji 1439H di Hotel Gar

  • 2 tahun lalu

    Kesebelasan Teratai Brimob Taklukan Jurnalis 3-2

    Beritasumut.com-Pertandingan persahabatan sepakbola antara kesebelasan Teratai Brimob Detasemen A Versus Jurnalis Binjai, berlangsung di Mako Detas

  • 2 tahun lalu

    Personil BKO Datasemen A Pelopor Tanding Sepakbola Persahabatan dengan Warga

    Beritasumut.com-Para Personil Kompi 1 Detasemen A Pelopor Brimob Poldasu Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda Aceh, Ploting Aceh Utara, yang di tugask

  • 3 tahun lalu

    Tim Sepak Bola Medan Taklukkan Tim Sepak Bola Pulau Pinang 3-1

    Beritasumut.com-Tim sepak bola kota Medan lakoni bertandingan persahabatan melawan tim sepak bola dari Pulau Pinang Malaysia. Laga persahabatan yan

  • 3 tahun lalu

    Jalin Silaturrahmi, Polres Deli Serdang Tantang Kodim 0204 Deli Serdang

    Beritasumut.com-Club Sepak Bola Kodim 0204 Deli Serdang menjadi lawan tanding Polres Deli Serdang FC, bermain di Lapangan Bola Kaki  Stadion B

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.