Sabtu, 20 Juli 2019
  • Home
  • Sosok
  • Calon Senator Termiskin Asal Sumut Rilis Buku Kita Telah Mati

Calon Senator Termiskin Asal Sumut Rilis Buku Kita Telah Mati

Senin, 20 Agustus 2018 11:21:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/BS03
Beritasumut.com-Besok akan menjadi hari bersejarah bagi Dadang Darmawan Pasaribu. Aktivis gerakan sosial yang juga bakal calon anggota DPD RI asal Sumatera Utara itu akan merilis buku pertamanya.
 
Buku yang ditulis awal 2016 lalu itu berjudul 'Kita Telah Mati'. Buku itu akan mengupas soal ideologi Pancasila lewat kacamata kritis. 
 
Rencananya, peluncuran buku akan digelar di Kampus Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) USU. Tempat dimana Dadang sehari-hari mengabdikan diri sebagai tenaga pengajar. 
 
Acara launching itu sekaligus digelar bersamaan dengan bedah buku. Sejumlah aktivis, dosen, pegiat sosial dan organisasi mahasiswa dan NGO akan terlibat membedah buku milik Dadang. 
 
Dadang Darmawan mengatakan, buku itu ditulis berkat dorongan pemikirannya soal Pancasila. Dia resah dan galau melihat Pancasila yang semakin terdegradasi. 
 
Dalam bukunya, Dadang akan menguak semuanya. Seperti sejarah yang dilewatinya selama hidup di dunia gerakan. Dia tidak mau, lintasan sejarah dalam benak pikirannya hilang begitu saja. 
 
"Kita menyadari, pikiran mengenai kehidupan pasti terus terjadi pergejolakan. Namun itu hilang dan lenyap begitu saja. Lewat buku ini, kita bisa mengenang memori, sejarah yang pernah terjadi," kata Dadang, Minggu (19/08/2018). 
 
Dua tahun Dadang menghabiskan waktunya untuk menulis. Dukungan dari kerabat begitu kuat hingga buku tersebut rampung.
 
Namun dia membantah kalau oeluncuran bukunya itu dikaitkan dengan pencalonan dirinya sebagai senator. Dia tidak ingin, masyarakat berpikir bahwa peluncuran buku besok hanya untuk mendongkrak popularitasnya. 
 
"Niatnya bukan karena saya maju DPD. Buku ini saya tulis jauh sebelum saya memutuskan maju ke DPD," tukasnya. 
 
Buku yang ditulis Dadang, memantik komentar dari Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik. Mantan aktivis HMI itu mengapresiasi tilisan Dadang. 
 
Kata Taufan, konten buku tersebut mengupas banyak sisi. Mulai dari Politik, agama, manusia, bahkan Tuhan dikupas secara mendalam. 
 
"Buku ini berisi kegelisahan panjang aktivis-intelektual Muslim, Dadang Darmawan . Kegelisahan penulis terasa menghujam ke lubuk pemikiran dan kegetiran ide yang parah dan bahkan seolah tak menyisakan harapan," ujar Taufan. 
 
Dadang pun mengajak masyarakat, mahasiswa dan organisasi gerakan datang ke peluncuran bukunya. Dia berharap, buku ini bisa menjadi refleksi kepada pembacanya, bahwa nilai Pancasila sudah semakin tergerus. 
 
Untuk diketahui, dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Dadang Darmawan Pasaribu menempati urutan pertama sebagai calon senator termiskin. Hartanya tercatat minus Rp 158 juta. Namun dia tidak khawatir. Bagi mantan Ketua Badko HMI Sumut itu uang bukan penentu dan segalanya. 
 
"Tuhan dan teman adalah modal kita. Sehingga kita optimis meski menjadi semut yang melawan para 'gajah-gajah' politik," tandasnya.(BS03)
T#g:Dadang DarmawanKita Telah MataBukuLaunching Buku
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    17 Mei Hari Buku Nasional, Mahasiswa FAH UIN Ar-Raniry Gelar Bazar Buku

    Beritasumut.com–Dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional yang jatuh pada 17 Mei, Himpunan Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas A

  • 3 bulan lalu

    Walikota Medan Buka Lomba Minat Baca dan Pameran Buku dan IT

    Beritasumut.com-Guna meningkatkan minat baca masyarakat Pemko Medan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan menggelar lomba minat baca

  • 5 bulan lalu

    Walikota Medan Hadiri Peluncuran Buku Kapolda Sumut

    Beritasumut.com-Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kaban Kesbangpol Kota Medan Sulaiman Harahap SH MSP mengahdiri acara peluncura

  • 7 bulan lalu

    Satgas Pamtas Yonif-328 Sumbang 200 Buku Pelajaran di Jayapura

    Beritasumut.com-Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Para Raider 328/ Dirgahayu yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pam

  • 8 bulan lalu

    Kemenag: Foto Kartu Nikah dengan Empat Kolom Foto Istri Itu Hoax

    Beritasumut.com-Beredar di media sosial, sebuah gambar yang disebut sebagai kartu nikah. Gambar tersebut menunjukkan sebuah kartu menyerupai kartu

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.