Politik & Pemerintahan

Walikota Medan Targetkan 30 Persen Proyek SPAM Mebidang untuk MBR


Walikota Medan Targetkan 30 Persen Proyek SPAM Mebidang untuk MBR
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Walikota Medan Dzumi Eldin mengatakan bahwa Pemko Medan telah mengintergrasikan kebijakan Pemerintah Pusat melalui Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) yang merupakan program pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh nasional. 
 
Oleh karenanya, Eldin mengharapkan dukungan penuh Pemerintahan Provinsi Sumut (Pemprovsu) tercapainya pengentasan permukiman kumuh perkotaan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh, serta meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di kawasan kumuh perkotaan untuk mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan.
 
"Kami meminta dukungan penuh Pemprovsu dalam realisasi penyediaan air bersih. Karena hingga saat ni Kota Medan defisit air bersih," ujar Eldin saat peresmian dan penandatanganan MOU penyediaan air bersih dan sanitasi yang layak bagi keluarga berpenghasilan rendah (MBR) di Lingkungan V, Kelurahan Kedai Durian, Kecamatan Medan Johor, Rabu (05/07/2017).
 
Hadir dalam kegiatan tersebut Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat Joseph R Donovan Jr, istrinya Mrs Mei Chou, Konsul Amerika di Medan Mr Juha P Salin, Pimpinan USAID Matthew Burton, Cief of Party IUWASH PlUS Indonesia, Louis O Brien,  Plt Sekda Provsu Ibnu S Utomo, Direktur Limbah PDAM Heri Batangari dan tokoh masyarakat.
 
Lebih lanjut dikatakan Eldin bahwa pihaknya menargetkan 30 persen proyek sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Mebidang untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dan pihaknya siap membangun sistem perpipannya.
 
Dalam kesempatan itu, Eldin juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah Amerika Serikat lewat sejumlah program di antaranya melalui USAID IUWAS PLUS khususnya di Kota Medan. Salah satunya dalam rangka kerjasama dalam hal peningkatan sarana air minum, sanitasi dan rehabilitasi rumah tidak layak huni di Kota Medan."Oleh karena itu kami berharap hubungan kerjasama ini kian terjalin di masa-masa mendatang," pungkasnya.(BS03)
 

Tag:Amerika SerikatMBRMebidangPemko Medan