Senin, 16 September 2019

Walikota Medan Harap Sekwan Mampu Jadi Ujung Tombak DPRD

Jumat, 06 September 2019 16:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Sekretaris Dewan (Sekwan) merupakan salah satu unsur penting dalam mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD diseluruh kabupaten kota se-Indonesia. Melalui kegiatan Workshop Nasional ASDEKSI ini, diharapkan para Sekretaris Dewan  mampu merumuskan setiap langkah yang perlu dilakukan guna menjadikan ASDEKSI sebagai organisasi yang makin profesional.
 
Hal ini diungkap Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi pada acara Workshop Nasional Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten Kota seluruh Indonesia (ASDEKSI) di Hotel Le Polonia, Medan, Jumat (06/09/2019).
 
Dikatakan Wali Kota, mengingat banyaknya tugas dalam bidang legislasi, penganggaran dan pengawasan secara efektif, efisien dan transparan dengan muara peningkatan performa kinerja pemerintah daerah dalam melaksanakan pelayanan publik. Begitu vitalnya peran para Sekretaris Dewan ini, membuat Sekretaris Dewan sebagai salah satu ujung tombak yang akan sangat menentukan baik buruknya kinerja para wakil rakyat di DPRD Kabupaten/Kota di tanah air ini.
 
"Kegiatan ini juga sangat strategis untuk terus membangun jalinan komunikasi dan saling berbagi informasi diantara sesama anggota ASDEKSI guna meningkatkan profesionalisme dan kinerja dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi DPRD," kata Wakil Wali Kota.
 
Selanjutnya, orang nomor dua di Pemko Medan tersebut mengungkapkan, workshop skala nasional dengan tema “Sosialisasi PP Nomor 30 Tahun 2019 tentang penilaian kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta penyusunan perencanaan anggaran pada sekretariat DPRD” yang diadakan oleh ASDEKSI ini, akan mampu menjadi sumber pencerahan wawasan para peserta serta memperbaiki kinerja ASDEKSI di seluruh Indonesia.
 
"Dengan Sekretaris Dewan yang kian baik kinerjanya, kita tentu berharap para wakil rakyat akan mampu bekerja dengan lebih baik dan lebih maksimal demi kemaslahatan masyarakat yang diwakilinya," ungkap Akhyar.
 
Sementara itu, Ketua Umum ASDEKSI, Tri Puguh Priyadi mengucapkan terimaksih atas dukungan Pemko Medan dalam acara ini. Ia juga berharap, worksop ini dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan kapasitas para Sekretaris Dewan se-Indonesia beserta jajarannya.
 
Dalam kesempatan ini, Sekjen Kemendagri RI, Dr Hadi Prabowo mengatakan bahwa Sekwan merupakan OPD yang sangat strategis, sebab dalam tugasnya Sekwan memiliki dua kaki yakni sebagai Sekretariat DPRD dan sebagai Pimpinan OPD di Pemerintahan Daerah. Tentunya tantangan kerja yang dihadapi juga berbeda, untuk itu Sekwan harus profesional dalam melaksanakan tugasnya.
 
"Sekwan memiliki berbagai tugas dan tanggung jawab yang besar, salah satunya memfasilitasi para anggota Dewan dan membantu alat kelengkapan Dewan serta menyusun tata tertib Dewan. Artinya kunci utama Anggota Dewan setelah dilantik untuk menjadi profesional adalah Sekwan, selain itu penyelenggaraan Demokrasi lokal ada di tangan Sekwan," jelas Sekjen Kemendagri RI.
 
Menurut Dr Hadi, Sekwan saat ini memiliki tugas yang besar khususnya terkait pergantian anggota DPRD, untuk itu Sekwan harus responsif dan aktif. Untuk itu melalui pertemuan ini para Sekwan seluruh Indonesia, selain dapat bersilaturahmi juga dapat betukar pikiran terhadap potensi yang ada di daerah masing-masing.
 
"Sekwan harus dapat mewujudkan harmonisasi legislatif dan eksekutif. Untuk itu pertemuan ini diharapkan dapat menghasilkan informasi yang sangat berguna bagi para Sekwan dalam menjalankan tugas dan fungsinya di masing-masing daerah," jelas Sekjen Kemendagri RI.
 
Workshop Nasional ASDEKSI ini dihadiri sebanyak 800 Sekretaris Dewan Kabupaten/Kota se-Indonesia dan berlangsung selama 3 hari dimulai tanggal 6 - 8 September 2019.
 
Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekretaris Jendral Kementerian Dalam Negeri didampingi Wakil Wali Kota, dan Ketua Umum ASDEKSI. Diakhiri dengan saling bertukar cenderamata dan foto bersama.(BS07)
T#g:ASDEKSISekretaris DPRDSekwan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Semarak HUT RI, Sekretariat DPRD Medan Gelar Berbagai Lomba

    Beritasumut.com-Kendati HUT RI ke-73 Tahun sudah berlangsung satu minggu lalu. Namun perayaan kemerdekaan itu masih dilakukan. Seperti Sekretariat

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.