Minggu, 18 Februari 2018
pilkada beritasumut.com

Wakil Walikota Medan Dukung Seminar Pengusulan Mayor Bedjo Jadi Pahlawan Nasional

Jumat, 06 Oktober 2017 12:23:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menyambut baik rencana Panitia Seminar Pengusulan Mayor Bedjo menjadi Pahlawan Nasional dari Medan. Dukungan ini disampaikan saat menerima audiensi sembilan perwakilan paguyuban etnis Jawa, Rabu (04/10/2017) di ruang kerjanya.
 
“Usaha pengusulan Mayor Bedjo menjadi Pahlawan Nasional memang pantas didukung. Dan memang ini butuh kegigihan dan perjuangan keras dari para penggagasnya,” ucap Wakil Walikota. 
 
Hadir dalam audiensi tersebut antara lain, Dr Abdiyanto SE MSi (Sekjen Pimpinan Pusat Keluarga Besar Pujakesuma), H Ruslan SE (Pendawa Sumut), Ir Bob Suparmo (Bamus Jawa Sumut), Rianto Aghly (Pandowo), Bambang Setiabudi (Forkada), dan Hary Dharma (Jawa Deli)
 
Dalam pertemuan yang berlangsung dalam suasana kekeluargaan itu, Wakil Walikota mengharapkan agar para pengusul ini sudah mempunyai argumentasi yang kuat agar usulan ini dapat diterima oleh pemerintah pusat.
 
“Tentu saja perlu dilakukan langkah-langkah positif agar usulan ini diterima. Misalnya dengan menggelar seminar tentang perjuangan Mayor Bedjo,” kata Akhyar yang sesekali berbicara dengan menggunakan bahasa Jawa tersebut.
 
Sebelumnya, Dr Abdyanto mengungkapkan, usaha yang dilakukan Tim Sembilan ini untuk memberi penghargaan yang pantas atas perjuangan yang dilakukan Mayor Bedjo. Selain itu juga, selama ini belum ada Pahlawan Nasional yang berasal dari Medan. “Jika usulan ini berhasil, berarti akan pahlawan nasional dari Medan,” ungkapnya.
 
Soal argumentasi dalam pengusulan tersebut, Abdyanto mengatakan, pihaknya juga telah bekerjasama para sejarahwan, termasuk dari kalangan akademisi. Selain itu, pada 9 November mendatang, mereka juga telah merencanakan menggelar seminar tentang perjuangan Mayor Bedjo di Fakultas Ilmu Budaya USU.
 
Menambahi itu, H Ruslan SE, mengatakan, selain menggelar seminar, pihaknya bekerjasama dengan Pramuka Kwarcab Medan akan mengadakan kegiatan Napak Tilas Perjuangan Mayor Bedjo. Direncanakan kegiatan ini akan dilaksanakan 26 sampai 28 Oktober mendatang. “Dalam kegiatan itu, kita akan menelusuri kembali jejak-jejak perjuangan Mayor Bedjo di Medan,” ungkap Ruslan.
 
Agar kegiatan ini dapat berjalan lancar, lanjutnya, pihaknya membutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk Pemko Medan. Menurutnya, Medan juga membutuhkan spirit dari perjuangan tokoh yang diakui secara nasional. “Kita berharap, dengan diakuinya Mayor Bedjo sebagai Pahlawan Nasional, akan menumbuhkan perasaan bangga dan cinta tanah dalam diri generasi muda Kota ini,” ungkap Ruslan.
 
Sedangkan Rianto Aghly mengungkapkan keyakinannya bahwa Pemko Medan akan mendukung setiap kegiatan positif yang dilakukan oleh organisasi kemasyarakatan. Dikatakannya, memang sudah menjadi kewajiban bagi semua pihak terkait untuk memberikan penghargaan kepada pejuang bangsa yang berasal dari daerah ini.
 
“Dengan memperkenalkan dan memberikan pengakuan kepada Mayor Bedjo sebagai pahlawan nasional, kita sekaligus menyampaikan sejarah perjuangan bangsa bagai generasi muda di Medan. Diharapkan usaha ini dapat menjadi semangat pendorong dalam membangun, mewujudkan cita-cita masyarakat yang adil, makmur, berdasarkan Pancasila,” ucapnya.(BS07)
T#g:Mayor Bedjopahlawan nasionalPahlawantokoh nasional
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Djarot: Ayah Selalu Berpesan Ziarahi Makam Pahlawan Tak Dikenal

    Beritasumut.com-Terik matahari terasa sangat menyengat di kulit. Namun tak menghalangi langkah pasangan Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus unt

  • 2 minggu lalu

    Tokoh Nasional dan Sejumlah Kepala Daerah Hadiri Peresmian Perpustakaan Larfan Pane di Sipirok

    Beritasumut.com-Sejumlah tokoh nasional  dan kepala daerah di wilayah Tapanuli Raya  yang meliputi, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel),

  • 2 bulan lalu

    Ketua DPD RI Irup Upacara Pemakaman Alm AM Fatwa

    Beritasumut.com-Ketua DPD RI DR H Oesman Sapta menjadi Inspektur Upacara (Irup) upacara pemakaman tokoh nasional H AM Fatwa, di Taman Makam Pahlawa

  • 2 bulan lalu

    Jasa Guru Tidak Bisa Dinilai dengan Apa Pun

    Beritasumut.com-Walikota Medan diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan, Ir Qamarul Fattah MSi memberi penghargaan kepada guru-guru terbaik pilihan dar

  • 3 bulan lalu

    Tengku Erry Berterima Kasih Larfan Pane Jadi Pahlawan Nasional

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tel

  • Copyright © 2010 - 2018 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.