Senin, 16 September 2019

Wakil Dubes RI di Moskow: Sumut harus Tarik Investor dan Turis Rusia

Senin, 08 Mei 2017 20:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Moscow, Rusia
Beritasumut.com-Harapan agar investor maupun turis dari Rusia masuk ke Sumut diutarakan oleh wakil Kedutaan Besar (Dubes) RI di Moskow, Lasro Simbolon usai beraudiensi dengan Gubsu Erry Nuradi di Kantor Gubsu Senin (08/05/2017). Menurut Lasro, kedatangan pihaknya untuk menggalang, memobilisasi dan menfaslitasi penguatan kerjasama antara pemerintah RI dan Rusia termasuk Republik Belarus. 
 
Salah satunya dengan mengundang Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) dan beberapa kabupaten Kota di Sumut seperti Kota Medan dan Samosir untuk menghadiri TTI di Moskow pada Agustus mendatang. Setelah sukses pada TTI tahun lalu yang diikuti 400 delegasi dari Indonesia dan dihadiri 68 ribu pengunjung, tahun ini Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Rusia kembali ingin mendulang kesuksesan yang sama. "Kita ingin membuat yang lebih besar lagi tahun ini.Target kita 100 ribu pengunjung. Tentunya ajang tersebut dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan potensi-potensi yang ada di Sumut," ujarnya.
 
Selain memberikan undangan agar Pemprovsu turut berpartisipasi di TTI di Moskow, pihaknya sengaja memboyong calon investor dari Belarus. Dengan harapan akan ada investor asal Rusia dan Belarus yang menanamkan investasinya di Sumut khususnya di bidang Pariwisata maupun bidang-bidang lainnya. 
 
"Setiap tahun sekitar 90 ribu turis asal Rusia dan negara sekitarnya berkunjung ke Indonesia. Tapi sayang mereka hanya mengenal Bali dan Lombok. Kenapa tidak kita tarik ke Danau Toba, Bahorok atau Berastagi. Apalagi nanti didukung dengan adanya Garuda Indonesia terbang langsung ke Rusia pada Agustus nanti tentu ini peluang yang harus kita ambil," ujarnya.
 
Apalagi saat ini, lanjut Lasro Simbolon, pariwisata di Sumut tengah bangkit seiring dengan ditetapkannya Danau Toba menjadi destinasi wisata dunia dan dibentuknya badan Otorita Kawasan Danau Toba. Menurutnya turis Rusia sangat potensial karena dikenal lama menetap, suka berbelanja dan menggunakan fasilitas yang terbaik. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi Sumut untuk menyediakan fasilitas yang baik untuk mereka.
 
Diterangkannya, dari sisi ekonomi investasi Rusia terus meningkat setiap tahunnya di Indonesia. Di antaranya investasi perkeretaapian di Kalimantan. Selain itu Rusia juga merupakan pasar yang baik untuk ekspor Eh, Kopi, CPO, dan perikanan. Hal ini tentunya sangat berpeluang bagi Sumut untuk menggenjot ekspor Indonesia ke Rusia.
 
"Untuk ekspor CPO saja Indonesia ke Rusia mencapai 800 juta dolar pertahun. Hal ini didukung lagi pembatalan kenaikan pajak impor Rusia atas CPO karena permintaan Presiden Jokowi dan disetujui Presiden  Putin," jelasnya.
 
Sedangkan Viktor Chevtsov mengaku tertarik untuk menanamkan investasi di Sumut. Viktor Chevtsov pun berjanji akan menindaklanjuti arahan Gubsu agar pihaknya akan mengeksplor apa yang kira-kira dapat diinvestasikan di Sumut. (BS03)
T#g:AsingDubes RIinvestorMoskowpariwisataPemerintahRusiaSumatera UtaraSumut
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Tim Sepak Bola Deli Serdang Juara I GSI Tingkat Provinsi

    Beritasumut.com-Tim Sepak Bola Kabupaten Deli Serdang tampil sebagai Juara Pertama di Gala Siswa Indonesia (GSI) untuk SMP di tingkat Provinsi Suma

  • 3 hari lalu

    Siswa Chandra Kumala School Raih 4 Emas dan 25 Perak di WSC Manila 2019, Wagubsu Berikan Apresiasi

    Beritasumut.com–Sebanyak 18 siswa dan siswi Chandra Kumala School Deli Serdang, provinsi Sumatera Utara (Sumut), berhasil menorehkan prestasi

  • 3 hari lalu

    Terima Pengurus Pemuda Muhammadiyah, Musa Rajekshah: Ayo Ikut Bantu Bangun Sumut

    Beritasumut.com–Untuk membangun Sumatera Utara (Sumut) menjadi provinsi yang maju, aman dan bermartabat dibutuhkan keterlibatan semua kalanga

  • 3 hari lalu

    Uang Pemprovsu Rp 1,6 Milyar Hilang di Parkiran Kantor Gubernur, Kapolda Sumut Heran

    Beritasumut.com–Menyoal hilangnya uang tunai Rp1,6 Milyar atau senilai Rp 1.672.985.500,- dalam mobil yang berada di parkiran Kantor Gubernur

  • 4 hari lalu

    Sail Nias 2019, Edy Rahmayadi Harap Sumut Jadi Tuan Rumah yang Baik

    Beritasumut.com–Jelang acara puncak kegiatan Sail Nias 2019 yang jatuh pada tanggal 13-14 September, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahm

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.