Jumat, 24 Januari 2020

Wagub Dukung Pembangunan Museum Air Pertama di Indonesia

Senin, 16 Desember 2019 20:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meninjau galeri rancangan pembangunan Museum Air PDAM Tirtanadi, Minggu (15/12/2019), di pelataran Kantor PDAM Tirtanadi, Jalan Sisingamangaraja, Medan. Jika terealisasi, museum ini akan menjadi museum air pertama yang ada di Indonesia.
 
Di dalam galeri tersebut, dipamerkan rancangan arsitektur bangunan Museum Air yang akan dibangun PDAM Tirtanadi. Kemudian, gambaran konten-konten yang akan diisi di dalam museum termasuk sejarah air dunia, siklus air, sejarah PDAM Tirtanadi, tokoh-tokoh bersejarah di bidang air, dan lain sebagainya. Selain itu, ada pula game dan layanan interaktif untuk menghindari kebosanan pengunjung.
 
"Seperti kita ketahui bersama, PDAM Tirtanadi ini bukan sekadar perusahaan air biasa. Ada sejarah yang perlu kita lestarikan dalam perjalanan berdirinya Tirtanadi, museum ini salah satu cara kita melestarikan sejarah tersebut. Tentu kita dukung dan sangat apresiasi," kata Wagub.
 
Menjadi museum air pertama nantinya di Indonesia, Wagub berharap museum ini menjadi salah satu daya tarik pariwisata Kota Medan. Kemudian, menjadi sarana edukasi bagi masyarakat Sumut akan nilai penting air dan sungai. Sehingga tumbuh kesadaran untuk menjaga ketersediaan air dan kebersihan sungai. "Nanti di museum ini ditampilkan, apa dampak kekurangan air dan bahaya sungai tercemar bagi kita. Sehingga nanti anak-anak kita yang berkunjung belajar dan semakin mencintai lingkungan. Edukasi lingkungan ini memang harus sejak dini," tutur Wagub.
 
Direktur Utama PDAM Tirtanadi Trisno Sumantri mengatakan pembangunan direncanakan di pelataran taman Kantor PDAM Tirtanadi berdampingan dengan Menara Air Tirtanadi. Tujuannya sebagai sarana edukasi mengenai peran PDAM Tirtanadi, pentingnya air, sehingga tumbuh kesadaran untuk menggunakan air dengan lebih bijaksana dan berperan serta menjaga lingkungan.
 
"Untuk pembangunan kita upayakan segera, nanti kita informasikan timeline pembangunan. Terkait dengan anggaran berupaya semaksimal mungkin tidak mengganggu anggaran yang ada di Pemprov Sumut, sehingga upaya pelayanan masyarakat tidak terganggu," katanya.
 
Yosephine Sitanggang, arsitek yang merancang bangunan Museum Air PDAM Tirtanadi menjelaskan bahwa bangunan yang terdiri dari tiga lantai, dimana lantai ketiga merupakan rooftop atau ruang atap terbuka. Konsep bangunan museum yang diangkat yakni Hulu - Hilir. "Seperti air yang mengalir dari hulu ke hilir, museum ini nantinya juga menjelaskan siklus air. Dari mana ia berasal hingga sampai ke rumah kita. Kemudian, ini merupakan museum interaktif, penggunaan layanan digital baik di tampilan ekshibisi dan permainan tersaji agar tidak ada kesan museum membosankan," jelasnya.
 
Turut hadir dalam peninjauan galeri Museum Air PDAM Tirtanadi yakni Sekdaprov Sumut R Sabrina dan Wakil Ketua TP PKK Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah. (BS03)
T#g:HUT PDAMTirtanadiMuseum AirPemprov Sumutwagub sumut
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Peluncuran Buku Biografi Mhd Syafii, Gubernur Sumut Apresiasi Kisah Si Pemberani dari Batubara

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengapresiasi terbitnya buku biografi berjudul ‘Muhammad Syafi’i Si Pembe

  • 2 minggu lalu

    Wagub Sumut Musa Rajekshah Harapkan Pesantren Dapat Berdayakan Ekonomi Umat

    Beritasumut.com-Selain menyebarkan dakwah kepada umat, pesantren memiliki banyak manfaat bagi masyarakat. Salah satunya pemberdayaan ekonomi umat d

  • 2 minggu lalu

    Milad UISU ke-68 Gelar Rapat Senat Terbuka, Kampus Butuh Lahan Baru Seluas 20 Hektar

    Beritasumut.com-Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) membutuhkan lahan seluas 20 hektar lahan untuk pengembangan kampus. Lahan yang ada selama i

  • 3 minggu lalu

    Kemenag RI Terima Hibah Tanah Pembangunan Asrama Haji Medan

    Beritasumut.com-Menag Fachrul Razi menerima sertifikat hibah lahan seluas 7.500 m2 untuk Asrama Haji Medan yang baru dari Pemerintah Kabupaten Tapa

  • 3 minggu lalu

    2019, Pemprov Sumut Serahkan Bantuan 5.470 Alat Tangkap Ikan hingga Asuransi untuk 10.000 Nelayan

    Beritasumut.com-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) tetap berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan. Karena itu, berbag

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.