Politik & Pemerintahan

Wabup Pakpak Bharat Bahas Verifikasi KUA PPAS Menuju Renja 2018


Wabup Pakpak Bharat Bahas Verifikasi KUA PPAS Menuju Renja 2018
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Sehubungan akan dilaksanakannya pembahasan verifikasi Kebijakan Umum APBD (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2018 antara OPD dengan Badan Anggaran, Bappeda Kabupaten Pakpak Bharat mengadakan rapat Pembahasan Verifikasi  KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2018.
 
Rapat ini dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Pakpak Bharat Ir  H Maju Ilyas Padang didampingi Sekretaris Daerah, Sahat Banurea SSos MSi, Asisten Pemerintahan Drs  H Tekki Angkat, Asisten Administrasi dan Pembangunan, Supardi Padang SP MM, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pakpak Bharat, dan mengundang seluruh tim anggaran dan Camat se-Kabupaten Pakpak Bharat.
 
Hal ini juga dilaksanakan sebagai persiapan penyusunan rancangan untuk menjadi bahan dasar dalam penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Kabupaten Pakpak Bharat Tahun Anggaran. Pedoman penyusunan APBD Tahun Anggaran 2018 meliputi sinkronisasi kebijakan pemerintah daerah dengan pemerintah, prinsip penyusunan APBD, kebijakan penyusunan APBD, teknis penyusunan APBD dan hal khusus lainnya. 
 
Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah adalah rencana keuangan tahunan pemerintah daerah yang ditetapkan dengan Peraturan Daerah, sedanglan pedoman penyusunan APBD adalah pokok–pokok kebijakan sebagai petunjuk dan arah bagi Pemerintah Daerah dalam penyusunan, pembahasan dan penetapan APBD.
 
"Pertemuan ini penting untuk membahas secara bersama postur APBD pada tahun 2018 dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkeadilan demi kesejahteraan masyarakat," ujar Wabup dilansir dari laman resmi pakpakbharatkab.go.id, Selasa (17/10/2017). 
 
“Oleh karena itu dapat dimaknai bahwa perangkat daerah sebagai pelaksana aksi yang secara teknis terlibat langsung dalam mengimplementasikan kebijakan untuk menyusun rancangan program kegiatan yang pendanaannya dibebankan pada APBD agar lebih prospektif, realistis dan akuntabel serta transparan demi pembangunan yang berkeadilan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat menuju Pakpak Bharat yang nduma," pungkas Wabup menambahkan. (BS02)

Tag:APBDKUA-PPASKUA PPASPakpak BharatRenja 2018