Senin, 16 Desember 2019

Urus Ijin, Diskominfo Karo Pelopori Wajib BPJS Ketenagakerjaan

Rabu, 02 Agustus 2017 23:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Masyarakat dan perusahaan yang mengurus perizinan usaha telekomunikasi, radio dan warung internet di seluruh Kabupaten Karo diwajibkan terdaftar terlebih dahulu dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. “Jika tidak menyertakan persyaratan tersebut, dipastikan proses administrasi pelayanana tidak akan ditangani,” jelas  kepala  Dinas Komunikasi dan Informatika dan PDE Kab Karo Drs Tenangmin Surbakti, Rabu(02/08/2017).
 
Menurut Tenangmin, kewajiban pengurusan tersebut untuk melaksanakan Peraturan Bupati Nomor 24 tahun 2016 tanggal 4 Oktober 2016 tentang Kewajiban Kepesertaan Jaminan Sosial Dalam Pemberian Pelayanan Publik Tertentu Oleh Pemerintah Daerah dan Surat Edaran No 22 tahun 2017 tentang perlindungan tenaga kerja dalam program BPJS Ketenagakerjaan.
 
“Mempersyaratkan kepada seluruh pemberi kerja selain penyelenggara Negara dan / atau setiap orang, selain pemberi kerja dan pekerja di Wilayah Kabupaten Karo yang sedang melakukan pengajuan dan /atau perpanjangan perizinan untuk mengikutsertakan dirinya dan/atau pekerjanya dalam program jaminan sosial pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” jelas Tenangmin membacakan diktum satu Surat Edaran Bupati.
 
Sementara diktum kedua disebutkan, melakukan tindakan tidak memberikan pelayanan perizinan kepada pemberi kerja selain penyelenggara Negara dan/atau setiap orang, selain pemberi kerja dan pekerja sebagaimana dimaksud pada diktum kesatu apabila tidak mengikutsertakan dirinya dan/atau pekerjanya dalam program jaminan sosial pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.
 
“Semuanya ini demi kesejahteraan dan perlindungan tenaga kerja sebelum bekerja di perusahaan, dipastikan dulu ada jaminan sosial, sehingga pada saat terjadi resiko kecelakaan kerja, resiko kematian dan resiko tidak bekerja dan pensiun, mendapatkan hak haknya sebagai warga Negara,” ungkapnya seraya menyampaikan, persyaratan ini merupakan hak dasar warga Negara dan bukan untuk mempersulit pengurusan izin.
 
Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Karo Kabanjahe Sanco Simanullang ST MT menghimbau masyarakat dan pengusaha agar mematuhi ketentuan yang diterangkan dalam Undang Undang Nomor 24/2011 tentang BPJS serta PP Nomor 86/2013 tentang tata cara pemberian sanksi administratif kepada pemberi kerja dalam penyelenggaraan jaminan sosial.
 
Disebutkan, untuk iuran BPJS Ketenagakerjaan cukup terjangkau, berdasarkan kategori Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Besar. Dicontohkan Manullang, dengan Iuran Rp 13.000 / orang per bulan untuk usaha mikro yang dijamin dalam Program Kecelakaan Kerja dan Kematian, maka akan terlindungi dalam Meninggal Kecelakaan Kerja Rp 135 juta (termasuk beasiswa bagi 1 orang anak) dan meninggal bukan kecelakaan kerja Rp 24 juta.
 
“Ke depan, setiap badan usaha maupun pengusaha yang akan mengurus atau memperpanjang izin usaha harus melampirkan bukti keikutsertaan karyawannya dalam program BPJS Ketenagakerjaan  dan  dilindungi dalam jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan jaminan kematian,” ungkapnya.
 
Dengan program BPJS, maka setiap karyawan badan usaha akan dilindungi dari risiko sosial ekonomi seperti kecelakaan kerja, hari tua, pensiun atau meninggal dunia yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan di Wilayah Kabupaten Karo, Dairi dan Pakpak Bharat dapat menghubungi Alamat Kantor BPJS Ketenagakerjaan KCP Karo Jalan Veteran No 71 Kabanjahe.(BS03)
 
T#g:BPJSBPJS KetenagakerjaanDiskominfo KaroPengurusan Izin
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 21 jam lalu

    Tinjau RSUD Dr Pirngadi Medan, Plt Wali Kota Medan Minta Pelayanan Kesehatan Ditingkatkan

    Beritasumut.com-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi meninjau fasilitas kesehatan kelas tiga di RSUD Dr Pirngadi Medan,

  • 3 minggu lalu

    Predikat Sangat Memuaskan, Kepala BPJamsostek Karo Sanco Simanullang Raih Gelar Doktor di USU

    Beritasumut.com-Setelah berhasil mempertahankan disertasinya pada  ujian promosi (Sidang terbuka) Doktor  USU di ruang  IMTGT USU Me

  • 4 minggu lalu

    Peringatan Hari Kesehatan Nasional, Sekda Provinsi Sumut Ingatkan Prioritaskan Stunting dan Jaminan Kesehatan

    Beritaumut.com-Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara R Sabrina dan Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar menghadiri acara peringatan H

  • 4 minggu lalu

    BPJS Kesehatan Menunggak Rp 19 M ke RSUD Pirngadi

    Beritasumut.com-Pemko Medan meminta agar BPJS Kesehatan segera membayar tunggakan kepada RSUD Dr Pirngadi Medan sebesar Rp.19 miliar. Sebab tunggak

  • 2 bulan lalu

    Inilah Tarif Baru Iuran BPJS Kesehatan, Berlaku 1 Januari 2020

    Beritasumut.com-Dengan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas dankesinambungan program jaminan kesehatan, pemerintah memandang perlu dilakukan pe

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.