Politik & Pemerintahan

Tim TP4D Kejaksaan Dairi Gelar Sosialisasi Dana Desa

Tim TP4D Kejaksaan Dairi Gelar Sosialisasi Dana Desa
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintahan, Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Dairi Provinsi Sumatera Utara menggelar sosialisasi dana desa. Sosialisasi dana desa yang dilakukan Tim TP4D Kejari Dairi ini merupakan instruksi dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang diteruskan oleh Kejaksaan Agung RI (Kejagung) yang dilaksanakan secara serentak di Indonesia termasuk seluruh Kejari yang ada di Provinsi Sumatera Utara. 
 
Kegiatan sosialisasi yang dilakukan ini adalah langkah Kejaksaan untuk tetap melakukan pencegahan dalam kasus tindak pidana korupsi. Hal ini perlu dilakukan agar Pemerintah Desa tidak takut melakukan kegiatan pembangunan untuk menghindari banyak anggaran yang tidak terserap yang dapat mengganggu keterlambatan pembangunan di daerah tersebut. 
 
Kepala Seksi Intelegen Kejari Dairi Ferdiansyah SH MM menyatakan dalam kegiatan sosialisasi serentak tersebut menitikberatkan terhadap pembangunan dan pemberdayaan msyarakat desa dan mengawal dan mengamankan implementasi dana desa. TP4D berperan dalam mencegah pelanggaran hukum (preventif) dan mendorong tujuan pembangunan tercapai, terlebih proyek-proyek strategis nasional. 
 
"Masalah implementasi dana desa berpotensi timbul di desa-desa, antara lain karena kekurangpahaman dan desa belum terbiasa mengelola proyek yang berdana besar seperti kondisi saat ini sehingga sosialisasi diperlukan," ujarnya dilansir dari laman resmi pakpakbharatkab.go.id, Minggu (27/08/2017).
 
Sementara itu, Bupati Pakpak Bharat yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pakpak Bharat, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala Kejaksaan Negeri Dairi bersama Tim TP4D dalam memberikan sosialisasi dana desa guna proses pembangunan di Kabupaten Pakpak Bharat dapat diwujudkan dengan cepat, aman, tertib, bersih, efisien dan berkelanjutan tanpa adanya kekhawatiran, ketakutan dan keraguan dari Aparatur Pemerintah Desa. 
 
Dengan terbentuknya tim ini, maka seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dilingkup Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dapat berdampingan dengan Kejaksaan dalam hal ini Kejaksaan Negeri Dairi dalam proses pengawasan dan pencegahan penyimpangan pengadaan barang jasa, percepatan penyerapan anggaran dan penatausahaan keuangan desa. 
 
Selanjutnya, diharapkan Aparatur Pemerintah Desa memanfaatkan keberadaan TP4D dalam melaksanakan tugasnya sehingga tidak tersandung masalah hukum nantinya. Pemerintah Desa harus menjadikan TP4D sebagai wadah untuk tempat komunikasi, konsultasi dan mengadu dalam melaksanakan tugas-tugasnya.
 
Pelaksanaan sosialisasi sosialisasi dana desa dan pelaksanaan Tim Pengawal, Pengaman Pemerintahan Dan Pembangunan Daerah (TP4D) dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Dairi, Sekretaris Daerah Kabupaten Pakpak Bharat, Asisten Bidang Pembangunan Setda Kabupaten Pakpak Bharat, Kasi Intelejen Kejari Dairi, Kasi Pidsus Kejari Dairi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan Dan Perlindungan Anak Kab. Pakpak Bharat, Inspektur Kab. Pakpak Bharat, Kepala BPKPAD Kab. Pakpak Bharat. Adapun peserta dalam kegiatan sosialisasi tersebut adalah Kepala Desa dan Sekretaris Desa Se-Kab. Pakpak Bharat.(BS02)