Politik & Pemerintahan

Terkait Relokasi Pasar, Walikota Akan Lakukan Pertemuan dengan Pedagang Aksara

Terkait Relokasi Pasar, Walikota Akan Lakukan Pertemuan dengan Pedagang Aksara
BERITASUMUT.COM/BS04
Para pedagang Aksara saat melakukan demo, beberapa waktu lalu.
Beritasumut.com-Dalam waktu dekat ini, Pemerintah Kota Medan akan mengundang perwakilan pedagang Aksara guna membicarakan lokasi relokasi.Saat ini hal tersebut masih dikoordinasikan di internal Pemko Medan, selanjutnya akan dijadwalkan untuk dilakukan pertemuan.
 
"Sudah ada diprogramkan oleh jajaran kita. Insya Allah secepatnya," ujar Walikota Medan HT Dzulmi Eldin di Gedung DPRD Medan, Selasa (22/11/2016).
 
Selain lokasi, Pemko Medan juga berencana kembali menata fungsi badan jalan di sekitar pasar tradisional tersebut.Pasalnya, saat ini pasca pasar terbakar, pedagang memanfaatkan sebagian badan jalan untuk menggelar lapak berjualan di sekitar pasar."Setelah lokasi sudah disepakati, nantinya kita akan lanjutkan penertiban di sana," jelas Eldin.
 
Eldin mengakui saat ini pihaknya sudah membentuk tim guna pembebasan lahan di dekat Rumah Sakit Martondi Jl Letda Sudjono, Medan Tembung, sebagai lokasi penampungan berjualan pedagang. "Lokasinya sudah hampir pasti di sana (Martondi, Red). Kalau pedagang setuju kita akan bebaskan lahannya. Tim kita juga sedang mengupayakan ganti rugi lahan tersebut," terangnya.
 
Sementara itu, Asisten Umum Setdako Medan Ikhwan Habibi Daulay mengungkapkan, permasalahan relokasi pedagang Pasar Aksara dalam pekan ini akan diputuskan. "Secepatnya kita undang, Insya Allah dalam minggu ini," katanya.
 
Dia mengakui bahwa segera berkoordinasi dengan Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, guna memastikan pertemuan selanjutnya dan mengambil kebijakan."Saya akan menjumpai pak wakil lagi untuk menanyakan kelanjutan koordinasi soal Pasar Aksara. Memang kemarin sudah ada dilakukan pembahasan, tetapi belum final," kata Ikhwan.
 
Sebelumnya, pedagang resmi Pasar Tradisional Aksara mengaku sepakat untuk direlokasi ke dekat Rumah Sakit Martondi. "Pemko gak perlu berfikir yang sulit-sulit. Cukup sediakan kami relokasi dan itu segera dibangun. Sebab pada intinya kami (pedagang resmi Aksara, Red) siap dipindahkan," kata Sekretaris Persatuan Pedagang Pasar Tradisional Sumatera Utara (P3TSU) Aksara, Muslim Sikumbang.
 
Muslim menambahkan, tidak akan ada persoalan terkait permintaan segelintir pedagang lain yang ingin tetap berjualan di badan jalan, persis di sekitar lokasi Pasar Aksara. "Kenapa tadi saya katakan pemko tidak perlu berfikir sulit, ambil saja suara dari 50 pedagang plus satu, lalu divoting melalui suara terbanyak. Dari situkan nanti nampak mana pedagang yang setuju atau tidak. Tapi saya pastikan kami (P3TSU) hampir semua sepakat mau direlokasi," pungkasnya.(BS03)