Senin, 18 November 2019

Tandatangani Keppres, Presiden Jokowi Berhentikan Zumi Zola Sebagai Gubernur Jambi

Sabtu, 19 Januari 2019 09:53:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 17 Januari 2019 lalu telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor. 7/P Tahun 2019 tentang Pemberhentian Zumi Zola sebagai Gubernur Provinsi Jambi.
 
Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar mengatakan, Keppres pemberhentian Zumi Zola sebagai Gubernur Jambi itu telah diserahkan ke Pemprov Jambi untuk ditindaklanjuti.
 
“Keppres Pemberhentian Zumi Zola sebagai dasar hukum bagi DPRD Provinsi Jambi untuk melakukan Paripurna pengumuman pemberhentian,” kata Bahtiar di Jakarta, Jumat (18/01/2019).
 
Dengan demikian, terang Kapuspen Kemendagri itu, Keppres pemberhentian Zumi Zola itu bisa menjadi dasar hukum bagi DPRD Provinsi Jambi untuk melakukan Rapat Paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur Jambi secara tetap.
 
Selanjutnya DPRD Provinsi Jambi dalam agenda rapat paripurna tersebut juga akan mengusulkan pengangkaran Wakil Gubernur Jambi yang saat ini Plt Gubernur Jambi menjadi Gubernur Jambi menggantikan Zumi Zola dengan melanjutkan sisa masa jabatannya sampai dengan Tahun 2022.
 
Bahtiar juga ungkapkan melalui  rapat paripurna juga usulkan pemberhentian Wakil Gubernur Jambi yang sebelumnya telah diusulkan menjadi Gubernur Jambi depenitif.
 
“Usulan tersebut selanjutnya.DPRD Provinsi jambi mengusulkan kepeda Presiden melalui.Menteri Dalam Negeri. Selanjutnya akan terbit Keppres pengangkat wakil gubernur menjadi gubernur. Dan jadwal pelantikan gubernur menyesuaikan jadwal Presiden yang ditetapkan Kementerian Sekretaris Negara,” jelas Bahtiar, seperti dilansir setkab.go.id.
 
Berikutnya mengenai pengisian wakil gubernur yang kosong, menurut Kapuspen Kemendagri, dilakukan nanti setelah wakil gubernur dilantik sebagai Gubernur Jambi.
 
Sebagaimana diketahui Zumi Zola kini menyandang status terpidana kasus suap pengesahan APBD Provinsi Jambi. Ia sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka usai KPK menangkap sejumlah pejabat Pemprov Jambi melalui operasi tangkap tangan.(BS01)
T#g:gubernur riaukepala daerah korupsiKorupsizumi zola
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Pemprov Sumut Gelar Sosialisasi Hindari Jerat Delik Korupsi, Berantas Korupsi dan Pencucian Uang

    Beritasumut.com–Korupsi dan pencucian uang merupakan dua tindak pidana yang paling sering terjadi di kalangan pemerintahan. Pemerintah Provin

  • satu bulan lalu

    Mendagri Terus Ingatkan Kepala Daerah dan ASN untuk Hindari Area Rawan Korupsi

    Beritasumut.com-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo terus mengingatkan kepala daerah dan ASN dalam berbagai kesempatan untuk menghindari

  • satu bulan lalu

    Upaya Dini Cegah Korupsi, Wagubsu Ingin Adanya Pelatihan Tata Kelola Pemerintahan Bagi Kepala Daerah

    Beritasumut.com–Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah, menginginkan adanya pelatihan mengenai tata kelola pemerintahan bagi

  • satu bulan lalu

    Kuliah Umum di UISU, Ini Pesan Wakil Ketua KPK RI

    Beritasumut.com-Wakil Ketua KPK Lili Pintanauli Siregar SH MH memberikan kuliah umum di ruang Biro Rektor UISU Jalan Sisingamangaraja Medan, Selasa

  • satu bulan lalu

    Korupsi Dana BOK, 2 ASN Puskesmas Diamankan Polres Padangsidimpuan

    Beritasumut.com–Satres Reskrim Polres Padangsidimpuan mengamankan dua orang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Puskesmas Wek I, Pad

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.