Politik & Pemerintahan

Satpol PP Pemko Medan Lantik 147 Personil Satlinmas


Satpol PP Pemko Medan Lantik 147 Personil Satlinmas
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pemerintah Kota Medan, melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan melantik dan mengambil sumpah 147 Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) pada 21 Kelurahan di Hotel Grand Inna Dharma Deli, Selasa (13/08/2019). Diharapkan para Anggota Satlinmas ini dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam penanganan dan pemeliharaan ketentraman serta ketertiban umum di tengah masyarakat Kota Medan.
 
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Anggota Satlinmas yang dilakukan Kasat Pol PP Kota Medan M Sofyan, diwakili Sekretaris Pol PP Rakhmat Harahap. Pelantikan ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 tahun 2014 tentang penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat Juncto Peraturan Wali Kota Medan Nomor 93 tahun 2017 tentang penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat.
 
Membacakan Sambutan Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH, Sekretaris Pol PP, mengatakan dengan terbentuknya Satlinmas ini diharapkan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab terhadap penanganan dan pemeliharaan ketentraman dan ketertiban umum secara bersama-sama dan bahu membahu demi mewujudkan keamanan dan kenyamanan Kota Medan.
 
"Anggota Satlinmas diharapkan dapat menjadi mata dan telinga Pemko Medan dengan menumbuhkan kembangkan sistem keamanan lingkungan di wilayah kerja dan Laksanakan deteksi dini pengamanan Wilayah. Artinya wujudkan peran aktif para Anggota Satlinmas dalam membantu pengamanan kegiatan sosial kemasyarakatan termasuk melakukan pertolongan, penyelamatan dan evakuasi terhadap korban apabila terjadi bencana," kata Sekretaris Pol PP dilansir dari Pemkomedan.go.id, Selasa (13/08/2019). 
 
Dihadapan Camat Medan Area Hendra Asmilan, dan Camat Medan Marelan Yunus, Sekretaris Pol PP menuturkan fngsi Lurah sebagai Kepala Satlinmas di Kelurahan agar dapat membina dan membimbing serta memperdayakan anggota Satlinmas dalam membantu menciptakan ketentraman dan ketertiban. "Selalu Koordinasi dengan Camat. Satlinmas Kelurahan ini nantinya akan dibekali dengan kemampuan dan keterampilan untuk membantu melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya. Selain itu peran masyarakat juga dibutuhkan untuk terciptanya suasana keamanan dan Ketertiban," papar Sekretaris Pol PP Kota Medan.
 
Sebelumnya Ketua Panitia dalam laporannya mengungkapkan Anggota Satlinmas pada 21 Kelurahan yang dilantik dan diambil sumpahnya ini berjumlah 147 orang yang nantinya di setiap kelurahan akan ditempatkan 7 orang anggota Satlinmas. Pada tahun ini terdapat anggota Satlinmas perempuan sebanyak 7 orang dimana sebelumnya hanya 2 orang. (BS09)

Tag:Lurah MedanPemko MedanSatlinmasSatpol PP