Senin, 22 Juli 2019

Proyek Peningkatan Jalan di Komplek Perkantoran Pakpak Bharat Molor, Kejatisu Siap Turun Tangan

Senin, 26 Februari 2018 23:05:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS04
Proyek Sindeka Pakpak Bharat
Beritasumut.com-Proyek peningkatan jalan lingkungan perkantoran Sindeka, tepatnya di depan Kantor Bupati Pakpak Bharat molor. Seharusnya, proyek tahun anggaran 2017 berpagu Rp7.894.000.000 milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Pakpak Bharat itu dikerjakan pada 2017 lalu, namun baru dikerjakan pada bulan Januari 2018.
 
Terkait hal tersebut, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) menyatakan siap turun tangan untuk menangani kasus proyek itu. 
"Ya artinya, bila pada proyek itu tidak ada addendum (Perjanjian tambahan klausula atau pasal yang secara fisik terpisah dari perjanjian pokoknya, namun secara hukum melekat pada perjanjian pokok itu), maka itu menyalahi. Dan bisa, itu bisa kita tangani," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejatisu, Sumanggar Siagian kepada wartawan, Senin (26/02/2018).
 
Sementara itu, Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolanda Berutu yang dikonfirmasi via WhatsApp, mengakui proyek tersebut benar dikerjakan tahun 2018, karena ada addendum yang dibuat pada proyek tersebut. "Tentu ada (addendum)," jawab Remigo singkat.
 
Salah seorang kontraktor proyek yang enggan disebutkan namanya, menyebutkan proyek peningkatan jalan di Komplek Perkantoran Pakpak Bharat itu sudah menyalah."Tidak ada proyek tahun sebelumnya, dikerjakan tahun berikutnya. Seperti proyek ini (peningkatan jalan lingkungan perkantoran Sindeka). Ini jelas-jelas menyalah. Ini sudah wanprestasi (tidak melaksanakan apa yang sudah diperjanjikan). Harusnya diputus kontrak. Jadi, waktu proses pengerjaan pengaspalan itu, saya di sana," paparnya.
 
Kadis PU-PR Pakpak Bharat, Perlaungan ketika ditanya masalah itu, meminta wartawan agar konfirmasi langsung ke kantornya. "Lebih baik kalau mau mendapatkan informasi, langsung saja datang ke kantor dan berhubungan dengan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)," terangnya.
 
Sebelumnya, Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Pakpak Bharat, Perlaungan yang dikonfirmasi, membantah hal itu. Dia menyebut, pengerjaan proyek itu sesuai dengan kontrak. "Tidak, itu (pengerjaan proyek) sesuai kontrak. Siapa yang bilang itu baru dikerjakan? Siapnya tahun lalu, bukan tahun ini. Kalau mau tahu, kemari (Pakpak Bharat) sajalah, biar saya tunjukkan dokumennya. Saya kebetulan sudah di luar kantor, jadi saya tidak begitu ingat. Tapi kalau di Sindeka itu, sesuai kontrak. Kalaupun ada, itu yang di kota, ada beberapa paket yang belum siap. Itupun sudah dikenakan denda, misalnya permil berapa perharinya," kilahnya.
 
Untuk diketahui, berdasarkan laman lpse.pakpakbharat, disebutkan kode lelang proyek tersebut bernomor: 769634, nama lelang: peningkatan jalan lingkungan perkantoran sindeka, instansi: Pemkab Pakpak Bharat, satuan kerja: Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, kategori: pekerjaan konstruksi, metode pengadaan: e-lelang umum, anggaran: 2017-APBD, nilai pagu paket: Rp7.894.000.000, nilai HPS paket: Rp7.894.000.000, lokasi pekerjaan: Kecamatan Salak, Pakpak Bharat. Jumlah peserta lelang sebanyak 24 perusahaan. Dari 24 perusahaan itu, yang berhasil memenangkan tender atau lelang proyek adalah PT Morganda. Dalam keterangan harga penawaran tertera Rp7.692.000.000 dan harga terkoreksi Rp7.692.000.000. (BS04)
T#g:Kejati SumutPemkab Pakpak BharatProyek JalanProyek Sindeka
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Wujudkan Desa Mandiri, Pemkab Pakpak Bharat Siapkan Desa Tangguh Bencana

    Beritasumut.com-Demi mewujudkan desa yang mandiri dalam menghadapi dan selalu siap sedia, khususnya di kawasan yang sering terjadi bencana alam sep

  • 2 bulan lalu

    Pangdam I/BB Hadiri Undangan Buka Puasa di Kejati Sumut

    Beritasumut.com-Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah turut menghadiri undangan buka puasa bersama Kepala Kejaksaan Tinggi S

  • 3 bulan lalu

    Ambil Sumpah Janji PNS, Pj Bupati Pakpak Bharat: Jangan Berkhianat dan Tak Cari Kekayaan Saat Jadi PNS

    Beritasumut.com-Secara resmi Pj Bupati Pakpak Bharat, Dr H Asren Nasution MA mengambil sumpah dan janji para PNS lingkup Pemkab Pakpak Bharat di Ba

  • 4 bulan lalu

    Wali Kota Medan Hadiri Bakti Sosial Kejati Sumut

    Beritasumut.com-Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH menghadiri acara Bakti Sosial (Baksos) operasi Katarak dan Hernia Gratis di Wilayah K

  • 5 bulan lalu

    Maksimalkan Kepesertaan JKN, Pemkab Pakpak Bharat Jalin Kerjasama dengan BPJS Cabang Kabanjahe

    Beritasumut.com-Guna memaksimalkan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi masyarakat Pakpak Bharat, Pj Bupati Pakpak Bharat Dr H

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.