Politik & Pemerintahan

Presiden Jokowi Ajak Kerjasama Dukung Kemerdekaan Palestina


Presiden Jokowi Ajak Kerjasama Dukung Kemerdekaan Palestina
beritasumut.com/ist
Presiden Jokowi beramah tamah dengan Sekjen PBB Ban Ki-moon di sela-sela acara KTT ASEAN - PBB, di National Convention Centre (NCC), Vientiane, Laos.

Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, tahun ini adalah tahun pertama implementasi dari ASEAN Economic Community dan sekaligus juga tahun pertama implementasi dari Agenda Pembangunan 2030. Oleh karena itu, Presiden memandang perlu adanya suatu kemitraan antara ASEAN dan PBB.

Saat menyampaikan pidatonya pada KTT ASEAN – United Nation (UN/PBB), di National Convention Centre (NCC), Vientiane, Laos, Rabu (07/09/2016), Presiden Jokowi menyoroti masih ratusan juta warga masyarakat ASEAN yang hingga kini masih hidup di bawah garis kemiskinan. Untuk mengentaskan mereka, Presiden menilai pentingnya pelatihan kejuruan, peningkatan kapasitas produktif, pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), dan juga masalah keuangan inklusif. Untuk itulah, Presiden Jokowi menilai pentingnya implementasi kerjasama antara ASEAN dan PBB.

Dilansir setkab.go.id, Kamis (08/09/2016), hal yang kedua, yang ditekankan Presiden bagi kemitraan ASEAN PBB sebagaimana disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi adalah pencegahan dan penanganan penyebaran berbagai kasus penyakit menular. Oleh karena itu, lanjut Presiden sebagaimana dikutip Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi,  diperlukan kerja sama yang antara lain berupa kerja sama riset, kerja sama pelatihan, sharing best practices, deteksi dini, dan tindakan-tindakan darurat.

Sementara terkait masalah isu perdamaian, Presiden Jokowi mengingatkan mengenai masalah  Palestina. Presiden mengajak sekali lagi bahwa ASEAN dan PBB harus bekerja sama untuk mengajak atau memperbesar dukungan bagi kemerdekaan Palestina dan mengajak dimulainya perundingan untuk two state sollution.(BS01)


Tag:Palestina