Minggu, 17 Desember 2017
pilkada beritasumut.com

Presiden Jokowi: Indonesia Konsisten Bersama Rakyat Palestina

Kamis, 07 Desember 2017 16:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, Indonesia mengecam keras pengakuan sepihak Amerika Serikat (AS) terhadap Yerusalem sebagai Ibu kota Israel, dan meminta Amerika Serikat mempertimbangkan kembali keputusan tersebut.
 
“Pengakuan sepihak tersebut telah melanggar berbagai resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB yang Amerika Serikat menjadi anggota tetapnya. Ini bisa mengguncang stabilitas keamanan dunia,” kata Presiden Jokowi dalam pernyataan persnya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (07/12/2017).
 
Presiden menegaskan, dirinya dan rakyat Indonesia tetap konsisten untuk terus bersama dengan rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan dan hak-haknya sesuai dengan amanat pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.
 
Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa dalam beberapa hari ini pemerintah Indonesia telah berkomunikasi dengan negara-negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) segera mengadakan sidang khusus tentang masalah pengakuan sepihak AS itu.
 
Selain itu, Presiden Jokowi juga memerintahkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk memanggil Duta Besar Amerika Serikat untuk langsung menyampaikan sikap pemerintah Indonesia.
 
Dilansir setkab.go.id, saat menyampaikan pernyataan pers itu, Presiden Jokowi didampingi oleh Menko Polhukam Wiranto, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menkominfo Rudiantara, Wakil Menlu A.M. Fachir, dan Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dan Johan Budi.
 
Sebagaimana diketahui, Presiden AS Donald Trump telah mengumumkan bahwa AS secara resmi mengakui Yerusalem sebagai Ibu kota Israel, dan akan memulai proses perpindahan kedutaannya ke kota tersebut.
 
“Saya telah menetapkan bahwa sekarang saatnya untuk secara resmi mengakui Yerusalem sebagai Ibu kota Israel,” kata Trump dalam pengumumannya pada Rabu (6/12) waktu setempat.(BS01)
T#g:Hubungan Luar NegeriPalestinapernyataan presiden
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Presiden Jokowi Sampaikan Enam Poin Saat Pidato di KTT LB OKI

    Beritasumut.com-Kamis (14/12/2017), Presiden Joko Widodo bersama dengan rombongan tiba di Tanah Air usai kunjungannya ke Istanbul, Turki. Di sana,

  • 3 hari lalu

    Dubes Amman Minta Himpunan Mahasiswa Negara Lain Dukung Palestina

    Beritasumut.com-Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Aman, Yordania Andy Rachmianto, meminta Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (HP

  • 5 hari lalu

    Bantu Palestina, Yordania Apresiasi Langkah Tegas dan Konkret Diplomasi Indonesia

    Beritasumut.com-Pemerintah Yordania menyampaikan apresiasi atas langkah tegas diplomasi Indonesia dalam menyikapi keputusan Presiden Amerika Serika

  • 5 hari lalu

    Gelar Aksi Bela Palestina, Cipayung Plus Ancam Boikot Amerika Serikat

    Beritasumut.com-Pengakuan sepihak oleh Amerika Serikat oleh Presiden donald Trump sangat membahayakan bagi perdamaian dunia, terutama kawasan Timur

  • 6 hari lalu

    Ketua Fraksi PKS: Klaim Atas Yerussalem Adalah Bentuk Penindasan, Kezaliman dan Penjajahan

    Beritasumut.com-Ratusan ribu massa Partai Keadilan Sejahtera dan ormas-ormas Islam/kemanusiaan mengikuti Aksi Bela Palestina di depan Kedubes Ameri

  • http://ceritasumut.com/
    Copyright © 2010 - 2017 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.