Politik & Pemerintahan

Plt Walikota Medan Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional

Plt Walikota Medan Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si memimpin upacara hari kesadaran nasional yang rutin dilakukan setiap bulannya oleh Pemko Medan, di halaman depan Kantor Wali Kota Medan, Selasa (17/03/2020). 
 
Upacara hari kesadaran nasional yang di ikuti oleh seluruh ASN di lingkungan Pemko Medan ini dirangkaikan pula dengan peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Ke-101 Tahun 2020. Dalam amanat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang di bacakan oleh Plt Wali Kota Medan mengatakan peringatan ini dimaksudkan sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekad untuk terus meningkatkan profesionalisme dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat.
 
"Peringatan Hut Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke 101 ini membawa pesan kepada seluruh bangsa Indonesia untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan dalam upaya mendukung terwujudnya visi misi Pemerintah mewujudkan kesejahteraan masyarakat," kata Plt Wali Kota Medan. 
 
Tema yang diambil dalam Peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Ke-101 Tahun 2020 adalah “Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Yang Unggul Guna Terwujudnya Perlindungan Masyarakat Menuju Indonesia Maju”. Tema ini dinilai sejalan dengan visi misi Pemerintah maupun visi misi pemadam kebakaran yang tujuan akhirnya ialah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui penciptaan rasa aman dengan memberikan layanan perlindungan dan penyelamatan terhadap jiwa dan harta benda dari ancaman kebakaran dan kondisi membahayakan manusia. Karena itu seluruh pemangku kepentingan di pusat maupun daerah di minta untuk menjadikan pemadam kebakaran sebagai perangkat daerah yang profesional, modern dan terlatih.
 
"Sebagai perangkat daerah yang menjadi barisan terdepan dalam memberikan perlindungan terhadap masyarakat dalam kondisi kedaruratan, Pemadam kebakaran telah menunjukkan kinerja yang luar biasa, selalu hadir dalam setiap kejadian yang membahayakan manusia bahkan selalu bekerja melebihi dari jam kerja ASN pada umumnya, saya percaya peran dan jasa pemadam kebarana tercatat dengan baik di hati masyarakat," ungkap Plt Wali Kota Medan. 
 
Usai menyampaikan amanat Mendagri, melalui upacara ini Plt Wali Kota Medan juga mengumumkan status siaga darurat untuk kota Medan terkait dengan penyebaran wabah virus corona atau COVID -19. Status siaga darurat ini diambil setelah sebelumnya digelar rapat bersama dengan unsur Forkopimda kota Medan. Status siaga darurat artinya meskipun belum di temukan kasus virus corona di Kota Medan namun aparatur Pemko Medan dan seluruh masyarakat di minta untuk tetap siaga menghadapi ancaman virus COPID-19. Setiap unit instansi di Pemko Medan juga diminta menyiapkan hand sanitizer ataupun sabun dan air mengalir. "Kita sebagai aparatur harus siap siaga dalam menghadapi kasus ini, semua ini harus kita hadapi bersama dan harus kita atasi," kata Plt Wali Kota Medan. 
 
Disamping itu Plt Wali Kota Medan juga mengimbau kepada seluru aparatur Pemko Medan agar tidak meninggalkan tugasnya dan bekerja seperti biasanya. Meskipun telah dibentuk gugus tugas untuk penanganan kasus corona ini, namun Plt Wali Kota Medan menginginkan agar kasus ini bukan hanya tugas mereka saja melainkan menjadi tugas seluruh aparatur Pemko Medan. "Kita harus tampil bersama menghadapi kasus ini, kita punya tuhan yang melindungi kita," ujar Plt Wali Kota Medan sembari mengakhiri amanatnya.(BS07)