Minggu, 15 Desember 2019

Plt Walikota Medan Mengukuhkan 120 Kader Bela Negara Kota Medan

Kamis, 21 November 2019 10:04:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi mengukuhkan sebanyak 120 pemuda/i Kota Medan yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan bela negara tahun anggaran 2019. Pengukuhan ini ditandai dengan penyematan tanda pin kader bela negara oleh Plt Wali Kota Medan melalui prosesi upacara di Lapangan Batalyon Komando 469 Paskhas, Rabu (20/11/2019). 
 
Dalam amanatnya Plt Wali Kota Medan mengatakan setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan negara. Hal ini sesuai dengan pasal 4 ayat 1 UU tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk pertahanan negara. 
 
Sementara di pasal 4 ayat 2 turut menyebutkan, keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara diselenggarakan melalui pendidikan kewarganegaraan, pelatihan dasar kemiliteran secara wajib, pengabdian sebagai prajurit TNI secara sukarela atau secara wajib, dan juga pengabdian sesuai dengan latar belakang profesi masing-masing. Oleh karena itulah, Plt Wali Kota Medan menilai bahwa pendidikan dan pelatihan bela negara ini penting untuk dilakukan bagi setiap warga negara.
 
"Bela negara ini merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara Indonesia yang berusia 50 tahun kebawah, doktrin bela negara merupakan sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundang-undangan dan petinggi suatu negara dalam hal ini di Indonesia diinisiasi oleh Kementerian Pertahanan," jelas Plt Wali Kota Medan.
 
Lebih lanjut Plt Wali Kota Medan mengatakan program bela negara ini tidak sama dengan wajib militer yang ada di Korea Selatan, disana semua warga negaranya wajib ikut karena secara de facto status mereka masih gencatan senjata dengan Korea Utara sedangkan di Indonesia telah merdeka selama 74 tahun. Program bela negara ini sendiri bertujuan untuk menjaga kedaulatan negara Republik Indonesia tercinta dengan TNI sebagai komponen utama dan rakyat sebagai pendukungnya. Karena itulah komponen-komponen pendukung ini harus disiapkan dari seluruh rakyat Indonesia.
 
"Komponen pendukung ini harus disiapkan dari semua sektor baik itu petani, nelayan, swasta, akademisi, anggota parpol, anggota ormas dan lainnya, dengan begitu saya yakin bangsa Indonesia tidak akan pernah lagi bisa dijajah jika seluruh rakyat mau menjadi komponen pertahanan negara dibawah konsep pertahanan rakyat semesta," ujar Plt Wali Kota Medan. 
 
Sebelumnya Kepala Badan Kesbangpol Kota Medan, Sulaiman Harahap, SH.MSP mengatakan kader yang mengikuti program belah negara ini sebanyak 120 orang, program bela negara ini berlangsung selama tiga hari. "Mereka ini berasal dari berbagai organisasi kepemudaan dan organisasi lintas agama," sebut Sulaiman. 
 
Dalam upacara pengukuhan kader bela negara ini turut pula hadir Kakanwil Kemhan Sumut, Kol. Inf Ajhar Muliadi, Wadanwing Paskhas, Letkol Pasukan Abdul Fajar, dan Wadanyon 469 Paskhas, Mayor Pasukan Ivan Tarigan.(BS07)
T#g:bela negaraBela Negara Kota Medan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    Tutup Penataran Kader Bela Negara, Wali Kota Pemantangsiantar Minta Pelajar di Sumut Siap Bela Negara

    Beritasumut.com-Wali Kota Pematangsiantar H Hefriansyah bertindak sebagai Inspektur Upacara pada penutupan Penataran Kader Bela Negara TA 2019, di

  • 12 bulan lalu

    Herri Zulkarnain: Tingkatkan Keahlian Individu untuk Bela Negara

    Beritasumut.com-Peringatan Hari Bela Negara yang jatuh pada tanggal 19 Desember lalu, dimaknai berbagai pihak dengan pendapatnya masing-masing. Cal

  • 12 bulan lalu

    Peringatan Hari Bela Negara di Deli Serdang Berlangsung Penuh Khidmat

    Beritasumut.com-Hari Bela Negara tingkat Kabupaten Deli Serdang diperingati diawali pembacaan Ikrar Bela Negara, menyanyikan Mars Bela Negara dan D

  • tahun lalu

    Presiden Jokowi Tandatangani Inpres Rencana Aksi Nasional Bela Negara Tahun 2018-2019

    Beritasumut.com-Dalam rangka menyelaraskan dan memantapkan upaya Bela Negara menjadi lebih sistematis, testruktur, terstandardisasi dan masif, pada

  • 2 tahun lalu

    Seribu Pelajar di Medan Ikuti Pendidikan Pancasila, Bela Negara dan Pembinaan Karakter

    Beritasumut.com-Sekitar seribu pelajar SMP terdiri dari 25 SMP di Medan mengikuti pendidikan Pancasila, Bela Negara dan pembinaan karakter tingkat

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.