Politik & Pemerintahan

Plt Wali Kota Medan Tinjau Pasar Pendidikan di Glugur, Tertibkan Pedagang dan Pembeli yang Tak Pakai Masker


Plt Wali Kota Medan Tinjau Pasar Pendidikan di Glugur, Tertibkan Pedagang dan Pembeli yang Tak Pakai Masker
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi menyatakan, seluruh pengelola pasar harus tegas menertibkan pedagang maupun pembeli agar disiplin memakai masker saat beraktivitas di dalam pasar, Selasa (19/05/2020). Ketegasan ini diperlukan karena pasar termasuk salah satu tempat yang berpotensi menyebarkan virus Covid-19.

“Kita harus lebih tegas lagi. Pedagang yang tidak pakai masker tidak boleh berdagang. Pembeli yang tidak pakai masker juga tidak boleh masuk. Kita harus konsentrasi juga pada pasar-pasar, baik tradisional maupun modern, yang sangat berpotensi menyebarkan virus,” ucap Akhyar saat meninjau Pasar Pendidikan, Jalan Pasar III, Kelurahan Glugur Darat I, Kecamatan Medan Timur, dilansir dari Pemkomedan.go.id, Selasa (19/05/2020).

Akhyar mengharapkan, seluruh warga Medan dengan penuh kesadaran tinggi mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi ini, yang salah satu di antaranya adalah disiplin memakai masker. “Ayo kita selamatkan diri kita, keluarga dan saudara-saudara kita dengan menggunakan masker,” ajaknya.

Dalam peninjauan ini, Plt Wali Kota Medan didampingi Camat Medan Timur Odie Batubara, dan para pegiat Gema Paskibraka Sumut juga membagikan masker kepada warga. Selain itu, Akhyar juga memberikan edukasi kepada warga tentang penting memakai masker untuk melindungi diri dari penularan virus Covid-19.

Akhyar memasuki pasar yang dikelola oleh PD Pasar itu. Dilaluinya lorong demi lorong pasar untuk melihat kepatuhan para pedagang dalam memakai masker. Saat itu, Akhyar melihat pedagang daging tidak mengenakan masker. Akhyar menegur pedagang tersebut. Dia juga memanggil dan mengingatkan petugas PD Pasar yang bertugas di Pasar Pendidikan ini agar dapat memastikan setiap orang, baik pembeli maupun pedagang, agar memakai masker saat beraktivitas di dalam pasar. “Pedagang yang tidak pakai masker dilarang berjualan,” tegas Akhyar.

Sekedar informasi, berbagai langkah telah dilakukan oleh Pemko Medan di bawah kepemimpinan Akhyar untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di kota ini. Salah satu diantaranya dengan membuat aturan agar warga disiplin memakai makser. Aturan ini dituangkan Peraturan Wali Kota (Perwal) Medan No 11 Tahun 2020 tentang Karantina Kesehatan Dalam Rangka Percepatan Penangangan Covid-19.

Salah satu pasal dalam Perwal iadalah mewajibkan setiap orang menggunakan masker jika berada di luar rumah atau di tempat-tempat umum. Perwal No.11 ini juga mengatur sanksi bagi warga yang tidak memakai masker, yang salah satunya di antaranya adalah penahanan Kartu Identitas. (BS09)


Tag:Akhyar NasutionPasar GlugurPemko MedanRazia Maskersidak pasar