Politik & Pemerintahan

Plt Wali Kota Medan Tegaskan Warga Wajib Pakai Masker Saat Berada di Luar Rumah


Plt Wali Kota Medan Tegaskan Warga Wajib Pakai Masker Saat Berada di Luar Rumah
BERITASUMUT.COM/IST

Plt Wali Kota Medan

Beritasumut.com-Setiap warga di Kota Medan wajib memakai masker saat berada di luar ruangan. Mereka yang kedapatan petugas tidak memakai masker akan diperintahkan untuk pulang ke rumah.

“Tidak boleh keluar rumah kalau tidak pakai masker. Siapa pun dia,” tegas Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi saat melakukan kunjungan ke Pusat Pasar Medan, Kamis (09/04/2020).

Kunjungan ke Pusat Pasar yang dilansir dari Pemkomedan.go.id, Kamis (09/04/2020) ini juga salah satu gerakan menumbuhkan kesadaran dan kedisiplinan warga Kota Medan untuk memakai masker. Sembari membagikan masker, Akhyar juga menyebut kegunaan masker untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Dalam peninjauan itu, Akhyar didampingi Plt Dirut PD Pasar Nasib SSos dan Kasatpol PP M Sofyan. Mereka berkeliling melihat situasi dan kondisi di dalam Pusat Pasar. Saat melihat pedagang yang tidak memakai masker, Akhyar pun dengan mengingatkan penting memakai masker di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini. Masker mencegah masuknya virus Covid-19 melalui hidung dan mulut.

“Ini demi keselamatan kita bersama. Dengan memakai masker, kita mencegah penularan,” ujar Akhyar kepada salah seorang pedagang, seraya meminta pedagang juga ikut mengingatkan pembeli agar memakai masker saat berbelanja.

Saat itu, Akhyar juga mengucapkan terima kasih kepada para pedagang maupun warga yang telah memakai masker. Dia mengingatkan agar mereka tetap disiplin memakai masker, selain tetap menjaga jarak fisik dan mencuci tangan dengan sabun.

Akhyar juga langsung memberikan instruksi kepada Kepala Satpol PP M Sofyan agar mulai melakukan tindakan penertiban bagi warga tidak memakai masker saat berada di luar rumah. “Siapa pun yang berada di Kota Medan wajib menggunakan masker. Silakan pakai masker yang dibeli atau minimal pakai sapu tangan. Tidak ada alasan tidak menggunakan masker. Ini untuk keselamatan kita semua,” ujar Akhyar seraya menambahkan, selama persediaan masih ada, Pemko Medan akan membagikan masker kepada masyarakat.

Akhyar mengatakan, warga yang kedapatan tidak memakai masker saat berada di luar rumah, maka akan dipaksa pulang oleh petugas Satpol PP. “Intinya setiap warga yang berada di luar rumah wajib memakai masker. Tidak ada alasan tidak pakai masker,” tandasnya. (BS09)


Tag:Akhyar NasutionCOVID 19COVID-19Masker GratisPemko MedanVirus CoronaWalikota Medan