Politik & Pemerintahan

Plt Wali Kota Medan Buka Dialog Kerukunan dan Pembinaan Kelurahan Percontohan KUB di Marelan

Plt Wali Kota Medan Buka Dialog Kerukunan dan Pembinaan Kelurahan Percontohan KUB di Marelan
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Plt Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi, diwakili Camat Medan Marelan, Muhammad Yunus SSTP secara resmi membuka Dialog Kerukunan dan Pembinaan Kelurahan Percontohan Kerukunan Umat Beragama (KUB) Kota Medan Tahun 2020, di Kantor Kecamatan Medan Marelan, Selasa (10/03/2020).
 
Dialog kerukunan yang diadakan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Medan ini dihadiri oleh para tokoh agama dan masyarakat di Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan.
 
Dalam sambutanya, Camat Marelan Muhammad Yunus mengatakan sangat mengapresiasi atas digelarnya dialog ini. "Dialog ini sangat penting untuk menjaga kerukunan dan keharmonisan umat beragama di lingkungan masing-masing. Sebab kota Medan merupakan kota yang multikultural, berbagai kebudayaan dan agama berbaur dan membentuk ciri khas atau karakteristik masyarakat kota Medan," ujarnya dilansir dari Pemkomedan.go.id, Selasa (10/03/2020).
 
Karena itulah, sambung Yunus, keberagaman ini menjadi kekayaan sekaligus kekuatan untuk melancarkan pembangunan di kota Medan. "Pembangunan yang Pemerintah lakukan tidaklah lepas dari peranan seluruh elemen masyarakat. Keharmonisan yang telah ada selama ini juga harus kita syukuri sebagai penghargaan terhadap ciptaan Allah Swt," sambungnya.
 
Dia menyebut, keberagaman tidaklah menjadi penghalang untuk maju. "Melainkan menjadi motivasi yang luar biasa sehingga kota Medan menjadi aman, damai dan tentram," ungkap Yunus.
 
Di akhir sambutannya, Yunus berharap dialog ini dapat membawa dampak yang sangat baik dalam menciptakan kerukunan di setiap Kelurahan yang ada di kota Medan. "Semoga dengan adanya dialog dan pembinaan ini dapat menambah rasa persatuan masyarakat di Kelurahan dan Kecamatan sekota Medan," harapnya.
 
Sementara itu, Ketua FKUB Kota Medan Ilyas Halim menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program FKUB dalam rangka melakukan pembinaan terhadap masyarakat agar semakin terwujudnya kerukunan antar umat beragama di kota Medan khususnya Kecamatan Medan Marelan. "Adapun materi yang diberikan dalam dialog kerukunan in mencakup tentang pendirian rumah ibadah berdasarkan Praturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri No. 9 Tahun 2006/No 8 Tahun 2006, Kamtibmas, dan kerukunan umat beragama," pungkasnya. (BS09)