Sabtu, 20 Januari 2018
pilkada beritasumut.com

Perwal Perlindungan Masyarakat Disosialisasikan

Sabtu, 13 Januari 2018 14:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Peraturan Walikota (Perwal) No. 93 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat mulai disosialisasikan, Jumat (12/01/2018) bertempat di kantor Walikota Medan sosialisasi digelar Kantor Satpol PP Medan dengan peserta dari utusan seluruh kecamatan yang ada di kota ini.
 
Dalam sosialisasi itu, Kasatpol PP Medan, M Sofyan SSos menjelaskan, perlindungan masyarakat  adalah organisasi yang dibentuk pemerintah kelurahan dan beranggotakan disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana.
 
“Selain itu, perlindungan masyarakat itu juga berperan memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan,” jelasnya.
 
Dia juga mengungkapkan, Pemko Medan terbuka dalam perekrutan Satlinmas. Tentu saja, lanjutnya, ada persyaratan yang harus dipenuhi sebagaimana telah ditetapkan dalam Perwal No. 93 Tahun 2017 ini.
 
Persyaratan itu yakni warga Negara Indonesia, bertaqwa Tuhan yang Maha Esa, setia kepada Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, berumur minimal 18 tahun dan atau sudah menikah, jenjang pendidikan minimal SMP/sederajat, sehat jasmani dan rohani, bertempat tinggal di wilayah kelurahan setempat, bersedia membuat pernyataan menjadi anggota satlinmas secara sukarela dan kesanggupan untuk aktif dalam kegiatan perlindungan masyarakat.
 
Dia juga menerangkan, anggota satlinmas berhak mendapat pendidikan dan pelatihan, KTA, fasilitas dan prasarana penunjang tugas operasional, biaya operasional dalam menunjang pelaksanaan tugas, mendapat santunan apabila terjadi kecelakaan dalam bekerja, mendapatkan piagam penghargaan, dan mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan tugas.
 
“Di samping itu, Perwal ini juga mengatur kewajiban Satlinmas. Yakni, menjunjung tinggi norma hukum, agama dan norma sosial, dan hak asasi manusia. Di samping itu, juga harus berdisplin, membantu menyelesaikan perselisihan warga, dan melaporkan secara berjenjang bila ditemukan adanya gangguan perlindungan masyarakat,” ucapnya.
 
Dia mengungkapkan, dalam waktu dekat, Pemko Medan melakukan perekrutan di kelurahan-kelurahan. Diharapkan, agar pihak kecamatan juga menyosialisasikan Perwal ini ke tingkat kelurahan.(BS07)
T#g:perwalperwal perlindungan masyarakat
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Wakil Walikota Medan Resmikan Perwal Penanggulangan Tuberkulosis

    Beritasumut.com-Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution resmi meluncurkan sekaligus mensosialisasikan Perwal No. 85 tahun 2017 tentang Penanggulangan

  • 3 bulan lalu

    Dishub Sosialisasi Perwal Medan No 70 Tahun 2017 Tentang Pemindahan dan Penggembosan Ranmor

    Beritasumut.com-Dinas Perhubungan (Dishub) menggelar sosialisasi Peraturan Walikota (Perwal) Medan Nomor 70 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemindahan

  • 3 bulan lalu

    Parkir Sembarangan di Kota Medan, Kendaraan Bakal Digembosi

    Beritasumut.com-Kadis Perhubungan Kota Medan Renward Parapat menyosialisasikan Peraturan Walikota Medan Nomor 70 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemin

  • tahun lalu

    Sepuluh Tahun Lebih Hirup Aroma Limbah Ternak Babi, Warga Jalan Tenun Mengadu ke DPRD

    Beritasumut.com-Warga di Jalan Pabrik Tenun/Jalan Belanga, Gg Mangkok, Medan Petisah, mengeluhkan keberadaan ternak babi di lingkungan mereka. Mere

  • 2 tahun lalu

    Tarif Angkot di Medan Turun

    Beritasumut.com-Walikota Medan HT Dzulmi Eldin S mengakui sudah menandatangani peraturan wali kota (Perwal) tentang tarif angkutan kota (angkot) yang

  • Copyright © 2010 - 2018 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.