Rabu, 22 Januari 2020

Perpanjangan ITAS Investor atau Pekerja Asing Siap Dua Hari

Selasa, 27 September 2016 22:14:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
KITAS
Beritasumut.com-Perpanjangan Izin Tinggal Terbatas (ITAS) dan alih status Izin Tinggal Kunjungan bagi para investor maupun tenaga kerja asing dipastikan hanya memakan waktu dua hari. Kepastian pengurusan itu menindaklanjuti Surat Edaran (SE) No. M.HH-02.GR.01.06 tahun 2016 yang ditandatangani Dirjen Imigrasi Ronny Sompie.
 
"Bagi para investor maupun TKA serta sponsor yang melakukan pengurusan perpanjangan ITAS maupun alih status ITK, tidak perlu lagi bertanya-tanya mengenai jangka waktu pengurusannya. Sepanjang izin yang disyaratkan telah memenuhi prosedur, pengurusannya hanya butuh waktu dua hari," ungkap Kepala Kanim Kelas I Khusus Medan, Lilik Bambang Lestari dalam acara coffee morning bersama para sponsor dibawah pengawasan Kanim Kelas I Khusus Medan, Selasa (27/09/2016).
 
Pengurusan tersebut, kata mantan Kadiv Imigrasi Kanwil Jawa Tengah itu sponsor para TKA maupun investor tidak perlu melampirkan dokumen-dokumen lainnya seperti NPWP, akta pendirian. Melainkan cukup rekomendasi dari Dinas Tenaga Kerja setempat yang menjelaskan IMTA TKA maupun investor tersebut masih dalam pengurusan, serta surat pernyataan dari sponsor.
 
"Untuk perpanjangan ITAS maupun alih status ITK tidak sulit lagi. Pengurusan VITAS cukup melampirkan rekomendasi dari Dinas Tenaga Kerja serta surat keterangan dari sponsor. Sebab, data-data mengenai sponsor sudah ada di database Imigrasi," imbuh Lilik.
 
Dalam pertemuan itu, salah seorang sponsor dari PT Jastra, Lina sempat mempertanyakan mengenai perpanjangan 6 bulan, apakah dapat diperjang atau tidak.
 
Menjawab pertanyaan itu, Kabid TKA Disnaker Kota Medan, Edi Sembiring mengaku sering mendapat pertanyaan yang sama mengenai izim 6 bulan maupu. 60 tahun. Edi menyebutkan sesuai UU Tenaga Kerja, tidak ada diatur mengenai jangka waktu.
 
"Tidak ada aturannya. Hanya saja itu kebijakan dari Kemenaker. Sedangkan untuk pengurusan perpanjangan IMTA maupun RPTKA di Dinas Tenaga Kerja Kota Medan memakan waktu paling lama 2 hari," ujar Sembiring.
 
Diakuinya, proses pengurusan IMTA dan RPTKA yang lama bila TKA maupun investor tersebut bekerja di dua provinsi berbeda. Sebab pengurusannya harus dilakukan di Kemenaker karena menyangkut dua daerah.
 
"Kalau untuk pengurusan izin di Sumatera Utara maupun kota Medan, tidak terlalu lama. Yang susah itu bila sudah berurusan ke Jakarta. Tidak ada yang bisa menjawab dan memberi kepastian di Kementerian untuk urusan izin tersebut," imbuh Sembiring.
 
Disisi lain, Sembiring sering menemukan berbagai kasus untuk menghindari dinas Tenaga Kerja Kota Medan dengan mengurus izin kerja di provinsi berbeda. Umumnya yang melakukan hal tersebut berprofesi sebagai guru.
 
"Kalau bekerja di Medan, urus di Medan aja. Biar jangan repot. Kita sering menemukan kasus umumnya guru yang membuat lokasi kerja Jakarta dan Medan. Padahal dia hanya mengajar di Medan. Tidak ada lokasi lain, tetapi sengaja dibuat seperti itu," ungkap Sembiring. (BS03)
T#g:investortenaga kerja asing
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • kemarin

    Kapoldasu Pimpin Upacara Penandatanganan Pakta Integritas dan Pengambilan Sumpah Seleksi Pendidikan Sespimmen, Sespimma dan SIP TA 2020

    Beritasumut.com–Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi, memimpin pelaksanakan penandatanganan Pakta Integritas

  • kemarin

    Satgas Yonif 755 Kostrad Upacara Bendera di SLB Negeri Mimika

    Beritasumut.com-Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) 755/Yalet/20/3/Kostrad menumbuhkan jiwa nasionalisme kepada anak-anak kaum penyandan

  • 2 minggu lalu

    Jaga Sinergitas TNI-Polri, Kapolresta Deli Serdang Silaturahmi kepada Dan Subdenpom Lubuk Pakam

    Beritasumut.com-Demi menjaga sinergitas TNI dan Polri, Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Yemi Mandagi bersilaturahmi dengan Komandan Sub Detaseme

  • 3 minggu lalu

    Selama Tahun 2019, Polda Sumut Tangani 31.388 Kasus Tindak Pidana, Kasus Narkoba Dominan

    Beritasumut.com-Kasus-kasus kejahatan (kriminalitas) di wilayah Sumatera Utara memang masih tergolong tinggi. Berdasarkan catatan tahanan Kepolisia

  • 3 minggu lalu

    Kapolda Sumut Teken Pakta Integritas dan Penyerahan DIPA RKA KL Tahun 2020

    Beritasumut.com–Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi, melaksanakan penandatanganan Pakta Integritas dan penyerahan DIPA RKA KL tah

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.