Rabu, 13 November 2019

Perda Baru Disahkan, DPRD Binjai Sebut Pejabat Eslon II dan III Bakal Galau

Senin, 26 September 2016 23:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS08
Pejabat PNS di Binjai saat melakukan sumpah jabatan.
Beritasumut.com-DPRD Binjai melakukan pembahasan organisasi perangkat daerah dengan Pemko Binjai terkait telah diterbitkannya PP No. 18 Tahun 2016 oleh pemerintah pusat di Gedung DPRD Binjai, Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Binjai Kota, Badan Legislatif (Baleg), Senin (26/9/2016).
 
DPRD Binjai menilai, pembahasan Perda terkait PP No.18 Tahun 2016 antara Baleg DPRD dengan Pemko Binjai tentang organisasi perangkat daerah ini, membuat sejumlah perangkat SKPD eselon II dan III di jajaran Pemko Binjai bakal tak tenang.Pasalnya, salah satu poin pembahasan tersebut adalah tentang peleburan beberapa SKPD (Satuan Perangkat Daerah) untuk digabung menjadi satu, serta pembentukan beberapa SKPD baru.
 
Informasi di lapangan, ada tiga SKPD/Instansi yang sudah pasti bakal dilebur menjadi satu yakni Dinas Pendapatan (Dispenda) Kota Binjai, Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarukim) Binjai dan Dinas Kebersihan Pertamanan (DKP) Binjai.
 
Dispenda Kota Binjai, kabarnya akan dilebur atau digabung ke Badan Pengelolaan Keuangan Asset Daerah (BPKAD) Pemko Binjai. Sedang Distarukim, bidang perumahan bakal dilebur ke Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Kebersihan Pertamanan (DKP) akan digabung ke Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Binjai.
 
Selain peleburan SKPD, juga akan ada instansi/dinas/badan/kantor Satuan Perangkat Kerja daerah (SKPD) baru di Kota Binjai, seperti Dinas Tata Ruang dan Bangunan (TRTB) dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Binjai. Khusus Pemadam Kebakaran Kota Binjai, yang selama ini tergabung dalam Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) akan berpisah. Karena, BPBD Kota Binjai instansi vertikal atau langsung di bawah naungan BPBD Provsu dan BPBN Pusat.
 
“Kami masih melakukan pembahasan awal ini. Selain DPRD yang lagi menggodok PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang organisasi perangkat daerah, Pemko Binjai juga sedang melakukan pembahasan,” ucap HM Yusuf SH MHum, anggota Baleg DPRD Binjai.
 
Yusuf melanjutkan, jika saat ini dirinya belum dapat memberitahukan dinas atau SKPD mana saja yang masuk daftar dilebur atau digabungkan. "Besok saja kami umumkan sama kalian, karena besok akan dilaksankan sidang paripurna soal PP Nomor 18 Tahun 2016 ini. Selesai rapat, kami akan konfrensi pers soal mana saja SKPD yang kena lebur,” jelas Yusuf didampingi anggota Baleg DPRD Binjai lainnya seperti Syarif Sitepu, Edy Putra Sitepu, Antasari dan Ari Hamzah Surbakti.
 
Yusuf menambahkan, dengan terbitnya PP Nomor.18 Tahun 2016 bakal membuat ratusan pejabat eselon II dan III akan kehilangan jabatannya. “Sebanyak 125-an pejabat eselon II dan III bakal non job pasca Perda tentang organisasi perangkat daerah yang baru ditetapkan nanti,” sebut Ucok Aang sapaan dari Yusuf sembari bercanda jika banyak pejabat yang bakal galau terkait aturan Perda baru ini. (BS08)
 
T#g:Perda
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Presiden Jokowi: Goal Besar Setiap Pekerjaan Pemerintah Adalah Ciptakan Lapangan Kerja

    Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, bahwa negara ini terlalu banyak regulasi dan peraturan-peraturan. Ia menunjuk contoh ya

  • satu bulan lalu

    Panglima TNI Saksikan Gladi Bersih Upacara HUT ke-74 TNI

    Beritasumut.com-Panglima TNI, Marsekal TNI Dr (HC) Hadi Tjahjanto SIP, didampingi Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji SE MM, Kasau Marsekal TNI Yuy

  • satu bulan lalu

    DPRD Deli Serdang Setujui 4 Ranperda Tentang Bangunan dan Tata Ruang

    Beritasumut.com-Sebanyak 4 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi peraturan Daerah (Perda) melalui Rapat Paripurna, Senin (30/09/2019). Ranp

  • 2 bulan lalu

    Dua Ranperda Disahkan DPRD Deli Serdang

    Beritasumut.com-DPRD Deli Serdang mensahkan dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda), Kamis (26/09/2019) di Ruang

  • 2 bulan lalu

    Paparkan 5 Besar Keluhan Investor, Kepala BKPM: Indonesia Masih Punya Peluang

    Beritasumut.com-Perang dagang antara China dan Amerika Serikat memberikan peluang yang jarang-jarang terjadi bagi negara berkembang seperti Indones

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.