Politik & Pemerintahan

Penetapan Calon Anggota DPRD Sumut Terpilih, PDI Perjuangan Raih Kursi Terbanyak


Penetapan Calon Anggota DPRD Sumut Terpilih, PDI Perjuangan Raih Kursi Terbanyak
BERITASUMUT.COM/BS03
Calon Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting
Beritasumut.com-Sebanyak 100 kursi partai politik dan seratus calon terpilih anggota DPRD Sumut ditetapkan dalam pada Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Sumut, Hasil Pemilihan Umum tahun 2019 yang diselenggrakan KPU Sumut, Selasa (27/08/2019) di Hotel Grand Mercure Medan.
 
PDI Perjuangan peraih kursi terbanyak dengan 19 kursi, disusul Golkar dan Gerindra 15 kursi, Nasdem 12 kursi, PKS 11 kursi, Demokrat 9 kursi, PAN 8 kursi, Hanura 6 kursi, PPP 2 kursi, PKB 2 kursi dan Perindo 1 kursi. Adapun ke-19 anggota DPRD Sumut PDIP terpilih Dapil 1 Rudi Hermanto dan Artha Berliana Samosir; Dapil 2 Meryl Rouli Saragih dan Baskami Ginting; Dapil 3 Kiki Handoko dan Ruben Tarigan; Dapil 4 Delfin Barus; Dapil 5 Teyza Cimira Tisya; Dapil 6 Poarada Nababan; Dapil 7 Syahrul Effendi Siregar; Dapil 8 Budieli Laila; Dapil 9 Pantur Banjar Nahor dan Tuani Lumban Tobing; Dapil 10 Mangapul Purba dan Franky Partogi Sirait; Dapil 11 Anwar Sani Tarigan dan Sumihar Sagala; dan Dapil 12 Meriahta Sitepu dan Sugianto Makmur.
 
Sedangkan untuk Ketua DPRD Sumut, tiga nama mencuat dan telah mengikuti Fit and Propertes di Jakarta yakni Mangapul Purba SE, dr Meriahta Sitepu dan Drs Baskami Ginting. Rapat pleno dipimpin Plt Ketua KPU Sumut Herdensi dihadiri seluruh komisioner KPU Sumut yakni Yulhasni, Benget Silitonga, Syafrialsyah, Batara dan Irawati. Sementara dari Bawaslu langsung dihadiri ketua Syafrida R Rasahan serta saksi partai dan pihak keamanan.
 
Herdensi menyampaikan seusai penetapan akan disampaikan usulan ke Mendagri melalui Gubernur Sumatera Utara untuk dilaksanakan pelantikan. Kepada calon anggota terpilih yang ditetapkan untuk menyerahkan LHKPN-nya paling lama 7 hari terhitung setelah penetapan.Bagi yang tidak menyerahkan sesuai waktu yang telah ditetapkan akan ditunda pelantikannya.
 
Para saksi masing-masing partai menandatangani hasil penetapan secara bergiliran dan salinan keputusan penetapan akan diserahkan ke partai politik dan pihak yang terkait. Penetetapan itu berlangsung sukses dan para saksi tak ada yang memberikan tanggapan. (BS03)

Tag:Bawaslu SumutDPRD SumutFraksi PDIPKPU SumutKetua DPRDPileg Sumut