Minggu, 17 November 2019

Pemprov Sumut Serius Jajaki Kerjasama dengan Jepang

Senin, 22 Oktober 2018 14:01:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/BS03
Beritasumut.com-Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) serius menjajaki kerjasama dengan Jepang. Terutama untuk investasi di bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, dan pengelolaan sampah.
 
Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah pada pertemuan dengan investor Jepang yang tergabung dalam ASEAN Nagoya Club di Hotel Mandarin, Jakarta, Minggu (21/10/2018). Kerjasama tersebut diharapkan dapat memberi dampak besar secara ekonomi, peningkatan lapangan kerja, serta kesejahteraan masyarakat Sumut keseluruhan.
 
"Perjalanan dari Sumatera Utara ke Jakarta ditempuh waktu 2 jam, pertemuan yang kami adakan di Jakarta ini berarti tanda keseriusan kami untuk bekerjasama dengan Jepang, untuk menyelesaikan masalah yang ada di Sumatera Utara," kata Wagub Musa Rajekshah.
 
Wagub Musa Rajekshah berharap pertemuan tersebut, tidak hanya berhenti di situ saja. Tetapi ada pertemuan-pertemuan lanjutan dengan ASEAN Nagoya Club atau pihak Jepang. " Kami berharap pertemuan ini tidak sebatas hari ini, kami juga akan mengatur waktu berkunjung ke Jepang," kata Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.
 
Pemprov Sumut, kata Ijeck, akan mengatur jadwal kunjungan untuk berdiskusi dengan pihak lokal di Jepang dan melihat langsung hal-hal bisa diaplikasikan di Sumut. "Kami juga akan membawa pemerintah kabupaten/kota yang berkaitan dengan yang dibahas pada pertemuan ini," katanya.
 
Pertemuan tersebut membahas sektor-sektor utama dan potensi Sumut seperti pendidikan, kesehatan, pertanian, serta pembenahan sampah. " Hal ini sesuai dengan misi pembangunan Sumatera Utara saat ini yaitu masalah pertanian, ketenagakerjaan dan ekonomi yang bangkit dari desa ke kota," ujarnya.
 
Untuk itu, kata Ijeck, Pemprov Sumut membuka peluang investasi seluas-luasnya, baik untuk  perusahaan swasta maupun pemerintah Jepang. "Kami mengharapkan investasi ini, dan kami akan membantu segala sesuatunya mengenai investasi di Sumatera Utara," katanya.
 
Sementara itu, Kepala Office Asean Nagoya Club Hisaya Matsuhita mengatakan ada beberapa sektor yang memiliki peluang besar untuk dikembangkan bersama. Seperti di bidang waste management atau pengelolaan sampah, Hisaya menganjurkan untuk bertemu dengan Pemerintah Kota Nagoya.
 
Menurutnya, persoalan sampah bisa diselesaikan dengan cara mendidik masyarakatnya. "Perlu ada perhatian tentang sampah, tidak hanya pemerintah, dan bagaimana masyarakat mencintai lingkungan," ujarnya.
 
Bidang lainnya, tambah Hisaya, saat ini Jepang sedang kekurangan tenaga kerja di bidang kesehatan seperti perawat. Populasi Jepang katanya, semakin menurun dari tahun ke tahun. Untuk itu, ia mengharapkan Pemprov Sumut bisa mengirim tenaga kerja yang handal.
 
“Kami akan menyambut kedatangan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk mempelajari hal yang bisa diaplikasikan di Sumut dari Jepang. Juga akan mempertemukan dengan pemerintah lokal serta perusahaan Jepang terkait,” ujarnya.
 
Presiden ASEAN Nagoya Club Takashi Ori mengatakan juga siap menerima kunjungan Pemprov Sumut ke Jepang. "Saya sangat berterima kasih atas pertemuan ini, semoga pertemuan ini tidak hanya sekali, tapi akan terus berlanjut karena kerjasama yang akan kita bangun ini," katanya.
 
Pada kesempatan tersebut diberikan cendera mata berupa kain ulos kepada Presiden Asean Nagoya Club Takashi Ori oleh Wagub Sumut Musa Rajekshah. Pemberian tersebut merupakan tanda untuk menghangatkan hubungan Pemprov Sumut dan Jepang. Sebaliknya Wagub juga dipakaikan Kimono khas Jepang oleh Takashi.
 
Turut hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Hj R Sabrina, Walikota Tanjung Balai M Syahrial, Kepala Bapeda Provinsi Sumut Irman, serta anggota Asean Nagoya Club dan sejumlah perwakilan perusahaan investor Jepang.(BS03)
T#g:ijeckkerjasama bilateralPemprov Sumutkerjasama
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Sekdaprov Sumut Kunjungi Mapolrestabes Medan Pasca Ledakan Bom Bunuh Diri

    Beritasumut.com-Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Sabrina meninjau lokasi, usai ledakan bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Jalan HM

  • 4 hari lalu

    Usai Ledakan Bom di Mapolrestabes Medan, Gubernur Imbau Masyarakat Sumut Tetap Tenang

    Beritasumut.com–Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta masyarakat tetap tenang dan menyerahkan sepenuhnya kepada aparat yang b

  • 2 minggu lalu

    Setuju Soal Sawit, India Minta Indonesia Beli Beras dan Gula Produknya

    Beritasumut.com-Pemerintah India menyetujui persyaratan yang diminta Indonesia terkait ekspor kepala sawit agar tidak ada perbedaan dengan Malaysia

  • 3 minggu lalu

    Pemprov Sumut Komitmen Implementasikan Satu Data Indonesia

    Beritasumut.com–Data dan informasi yang akurat sangat penting dalam proses pembangunan. Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Uta

  • 3 minggu lalu

    Pemprov Sumut Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Sentosa Lama

    Beritasumut.com–Untuk meringankan beban para korban kebakaran di Jalan Sentosa Lama, Kelurahan Sei Kera Hulu, Kecamatan Medan Perjuangan, bar

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.