Sabtu, 14 Desember 2019

Pemko Sibolga Teken MoU dengan USAID IUWASH PLUS untuk Layanan Air Minum dan Sarana Sanitasi

Kamis, 11 Mei 2017 15:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-USAID (United States Agency for International Development/Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika) di bawah Program USAID IUWASH PLUS (Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygiene–Penyehatan Lingkungan untuk Semua) akan melanjutkan dukungan terhadap Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga dalam rangka peningkatan jumlah capaian akses masyarakat terhadap sektor air minum dan sanitasi. 
 
Kemitraan ini terungkap pada acara Visioning Workshopyang diadakan oleh USAID IUWASH PLUS bekerjasama dengan Pemerintah Kota Sibolga, yang dilaksanakan di Hotel Prima Sibolga, Rabu (10/05/2017). Kesepakatan ditandai dengan penandatangan MoU yang dilakukan oleh Walikota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk disaksikan Deputy Chief of Party (COP) Alifah Lestari dan anggota, Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Hendra Saputra dan Asisten I Pemko Sibolga Josua Hutapea, serta pimpinan SKPD Kota Sibolga.
 
Deputy Chief of Party (COP)/Program, Alifah Lestari menyampaikan bahwa Program USAID IUWASH PLUS akan berkontribusi untuk membantu Pemerintah Indonesia dalam mencapai target Akses Universial pada tahun 2019 dan Sustainable Development Goals (SDG) pada tahun 2030. Kemitraan ini menjadi kemitraan yang strategis bagi Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat yang telah dibangun selama ini. 
“Pemerintah Kota Sibolga telah menunjukkan komitmen yang tinggi dengan direplikasinya Program Master Meter Kelurahan Simare-mare ke Kelurahan Aek Parombunan dengan menggunakan biaya sendiri dari PDAM Kota Sibolga. Ini menjadi contoh yang sangat bagus bagi program-program lainnya,” ungkap Alifah Lestari dilansir dari laman resmi sibolgakota.go.id, Kamis (11/05/2017).
 
Sementara itu, Walikota Sibolga menyampaikan rasa terimakasih atas dukungan yang diberikan oleh USAID/Indonesia melalui Program USAID IUWASH PLUS dalam membantu perbaikan sektor air minum, sanitasi dan higiene di Kota Sibolga.
 
Walikota membeberkan, berdasarkan data terkini di Kota Sibolga tahun 2017 yaitu data dari PDAM maupun data EHRA (Environmental Health Risk Assessment), cakupan air minum sudah mencapai 80,7% jaringan perpipaan dan 19,3% bukan jaringan perpipaan terlindungi, dan cakupan sanitasi dasar sebesar 32,3% serta sanitasi aman baru mencapai 9,5%.
 
Dengan kondisi ini, dukungan dari berbagai pihak termasuk Program USAID IUWASH PLUS sangat diharapkan untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah di perkotaan di Kota Sibolga yang jumlahnya masih sekitar 5,408 KK.“Pada kegiatan Visioning Workshop ini akan saya tandatangani komitmen bersama untuk mewujudkan perbaikan sektor air minum dan sanitasi sekaligus mencapai target-target yang telah ditetapkan,” ungkap Walikota.
 
Walikota menambahkan, bahwa isu strategis di bidang sanitasi yang terkait dengan bidang air minum antara lain menjamin ketahanan air melalui pengelolaan sumber air yang terintegrasi, praktik pengelolaan air bersih dan sanitasi yang baik serta inovasi pemanfaatan air termasuk air limbah. Kemudian pemenuhan infrastruktur dasar dan standard pelayanan minimal melalui pencapaian akses air minum dan sanitasi 100% serta keberlanjutan penyediaan sarana dan prasarana air minum dan sanitasi. 
 
Selanjutnya, efektifitas dan efisiensi pendanaan serta pengembangan alternatif pendanaan lainnya melalui optimalisasi pemanfaatan pendanaan pusat.Untuk itu, kata Walikota, program kegiatan yang telah disepakati bersama antara SKPD dengan USAID IUWASH PLUS akan menjadi awal komitmen bersama untuk mencapai target cakupan akses air minum di tahun 2019 nanti.(BS02)
 
T#g:Air BersihPDAMPemko Sibolgausaid
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    BPPSPAM Tetapkan PDAM Tirta Nauli Sibolga Raih Peringkat Kinerja Tertinggi

    Beritasumut.com-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyedian Air Minum (BPPSPA

  • 2 minggu lalu

    Staf Ahli Hadiri KTD DPC Carateker GMNI Sibolga

    Beritasumut.com-Mewakili Wali Kota, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, Politik dan Sosial Drs. Charli Sinambela menghadiri Kaderisasi Tingkat Da

  • 2 minggu lalu

    Kecamatan Sibolga Utara Penilaian Tahap Final Kecamatan Terbaik Tingkat Provsu

    Beritasumut.com-Sebagai tindak lanjut hasil penilaian yang telah dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2019 di Kecamatan Sibolga Utara, Penilaian Kec

  • 2 bulan lalu

    Pemprov Sumut Dukung Upaya Penurunan Tingkat Kematian Ibu dan Bayi

    Beritasumut.com–Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengapresiasi dan mendukung program USAID Jalin di Sumut, yang bertujuan

  • 3 bulan lalu

    Prof Herbert Sipahutar dari UNIMED Berikan Solusi Air Bersih ke Masyarakat Kampung Kolam

    Beritasumut.com-Pemerataan akses air bersih dan layak minum merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang wajib dipenuhi pemerintah. Badan Pusat Statis

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.