Politik & Pemerintahan

Pemko Medan Teken MoU Serah Terima Waduk Martubung dari Perumnas Regional I Sumut


Pemko Medan Teken MoU Serah Terima Waduk Martubung dari Perumnas Regional I Sumut
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pemko Medan menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) dari Perum Perumnas Martubung Regional I Sumut atas serah terima waduk yang berlokasi di Perumnas Martubung, untuk dapat dikelola. Serah terima ini dilakukan GM Perumnas Martubung Regional I Sumut, Sunanto kepada Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi, di Kantor Wali Kota Medan, Senin (30/12/2019).
 
Hadir menyaksikan penandatanganan MoU ini, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM, beserta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, dan para jajaran Perumnas Martubung Regional I Sumut.
 
Dalam kesempatan tersebut, Plt Wali Kota Medan mengaku merasa bersyukur karena MOU ini dapat berjalan dengan baik, sebab dengan dilakukannya penandatanganan MOU maka kini Pemko Medan dapat melakukan berbagai perbaikan infrastruktur yang ada di kawasan tersebut. "Dengan diserahkannya aset milik Perumnas Martubung ini kepada Pemko Medan, maka kini Pemko dapat memperbaiki infrastruktur seperti jalan dan drainase yang ada di wilayah tersebut," kata Ir H Akhyar Nasution MSi, dilansir dari Pemkomedan.go.id, Senin (30/12/2019).
 
Rencananya, jelas Plt Wali Kota Medan, untuk tahap pertama akan dilakukan revitalisasi terhadap waduk tersebut guna mengembalikan fungsi awalnya sebagai lokasi resapan air. Selanjutnya agar waduk ini dapat diberdayakan oleh masyarakat, maka Pemko Medan berencana akan menjadikan kawasan tersebut sebagai tempat wisata keluarga. "Pertama akan kita revitasilasi untuk mengembalikan fungsi awal waduk sehingga dapat mengurangi genangan air yang ada di Martubung. Kemudian akan kita jadikan lokasi wisata untuk memberdayakan masyarakat setempat. Dengan begitu masyarakat akan mendapatkan penghasilan tambahan dari waduk tersebut," paparnya.
 
Sementara itu, GM Perumnas Martubung Regional I Sumut, Sunanto menjelaskan bahwa lokasi Martubung ini awalnya seluas 106 Ha. Namun sudah berulang kali dilakukan penyerahan dan ini merupakan penyerahan yang ketiga kalinya dilakukan dengan luas lebih kurang 9 Ha. Dengan diserahkannya waduk ini, Sunanto berharap Pemko Medan dapat memperhatikan waduk tersebut dan juga infrastruktur di sekitarnya. Baik itu jalan untuk masyarakat, maupun normalisasi saluran waduk. "Kami berharap Pemko Medan dapat memperhatikan waduk dan sekitar waduk melalui OPD terkait," pungkasnya. (BS09)

Tag:Griya MartubungPemko MedanPerumnas Sumutwaduk martubung