Politik & Pemerintahan

Pemko Medan Fokus Bangun Peradaban Kota dengan Jalan Budaya


Pemko Medan Fokus Bangun Peradaban Kota dengan Jalan Budaya
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, mengatakan pada 2020 ini Pemko fokus membangun peradaban kota melalui jalan budaya untuk mewujudkan kota yang tertib, aman, dan nyaman bagi warga. Hal ini disampaikan saat memberikan sambutan pada Rapat Paripurna Pengesahan Tata Tertib DPRD Medan, Senin (06/01/2020) di Gedung Dewan.
 
Akhyar juga menyatakan, Pemko Medan akan terus meningkatkan pembangunan maupun pelayanan publik. Plt Wali Kota menyampaikan selamat dan apresiasi atas selesainya pembahasan dan pengesahan Tatib DPRD Medan ini. "Tatib ini penting karena menjadi pedoman bagi legislator dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Kita mengharapkan dengan adanya Tatib ini agenda DPRD Medan dapat berjalan dengan baik," ujarnya dilansir dari Pemkomedan.go.id, Senin (06/01/2020).
 
Rapat yang diikuti segenap anggota dewan dan turut dihadiri Sekda Ir Wiriya Alrahman MM, serta para pimpin OPD di lingkungan Pemko Medan itu, dipimpin dan dibuka oleh Ketua DPRD Medan Hasyim SE.
 
Rapat itu ditandai dengan Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Kelompok Kerja (Pokja) Penyusunan Tata Tertib DPRD. Selanjutnya, setelah Sekwan membacakan konsep keputusan DRPD yang kemudian disetujui oleh anggota dewan, dilakukan Penandatanganan Keputusan tentang Perubahan Atas Peraturan Tata Tertib DPRD Medan Nomor 1 Tahun 2018 tentang Peraturan Tatib DPRD Tahun 2020 oleh Pimpinan DPRD Medan.
 
Usai pengesahan Tatib DPRD, Plt Wali Kota Medan juga mengikuti Rapat Paripurna Penyampaiam Hasil Reses I Anggota DPRD Medan. Plt Wali Kota mendengarkan dengan seksama laporan reses anggota dewan yang mewakili masing-masing daerah pemilihan. Di akhir paripurna ini, Plt Wali Kota juga menyampaikan sambutan. Disebutkannya, reses ini merupakan salah satu pelaksanaan tugas legislator.
 
Selain itu, lanjutnya, reses ini juga berfungsi membangun komunikasi pembagunan menyelaraskan arah, kebijakan, dan program. Berkaitan dengan itu, Akhyar meminta agar OPD di lingkungan Pemko Medan mendalami dengan seksama hasil reses anggota dewan. Akhyar juga menyatakan, tantangan pembangunan kota yang makin kompleks. "Untuk itu, semuanya harus meningkatkan komitmen dan bersinergi dalam membangun kota ini," lanjutnya.
 
Usai penyampaian hasil Reses I, dilanjutkan pula dengan Rapat Paripurna Penyampaian Nota Pengantar Walikota Medan terhadap Ranperda Kota Medan tentang Pencabutan Peraturan Daerah kota Medan Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pinjaman Daerah dan Ranperda Kota Medan Nomor 13 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Tahun 2011 s/d 2013. Nota pengantar Ranperda ini dibacakan langsung oleh Plt Wali Kota. Setelah itu, Nota Pengantar diserakan kepada Ketua DPRD Medan. (BS09)

Tag:Akhyar NasutionDPRD MedanJalan BudayaPemko Medan