Politik & Pemerintahan

Pemkab Humbahas Peringkat I Upaya Penyelesaian Kerugian Daerah


Pemkab Humbahas Peringkat I Upaya Penyelesaian Kerugian Daerah
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara memberikan apresiasi tertinggi Pertama se-Provinsi Sumut, atas upaya penyelesaian kerugian daerah kepada Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) pada acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Pertanggungjawaban Penerimaan dan Pengeluaran Bantuan Keuangan Partai Politik dari APBD TA 2016, Pemantauan Penyelesaian Kerugian Daerah semester I Tahun 2017 dan Pemantauan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan per 13 Maret 2017 di Aula BPKP Pvosu, akhir pekan kemarin.
 
Selain memberikan apresiasi peringkat I atas upaya penyelesaian kerugian daerah, Pemkab Humbahas juga menerima apresiasi BPKP Peringkat III se-Provinsi Sumatera Utara atas upaya penyelesaian Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan (TLRHP) yang diberikan pada acara yang sama.
 
Apresiasi ini diserahkan oleh Ketua BPKP Provinsi Sumatera Utara, Dra VM Ambar Wahyuni MM Ak BPKP kepada tiga Kabupaten/Kota terbaik dalam upaya penyelesaian kerugian daerah, yaitu Pemkab Humbahas sebagai peringkat pertama diterima oleh Wakil Bupati Humbahas, Saut Parlindungan Simamora, kemudian Pemkab Labuhan Batu Utara dan serta Kota Tebing Tinggi.Sedangkan kabupaten/ kota yang menerima apresiasi atas TLRHP Kabupaten Tapanuli Utara, Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Humbahas.
 
Dalam kesempatan tersebut, Ambar mengingatkan agar Kabupaten/ Kota menyerahkan Laporan Pertanggungjawaban dan Penerimaan Bantuan Keuangan Partai Politik paling lambat, tanggal 31 Januari kepada BPKP. Untuk tahun ini, masih ada kabupaten/ Kota yang menyerahkannya terlambat, namun BPKP masih memberikan toleransi. 
 
"Dan untuk laporan tahun 2017, yang diserahkan pada paling lambat 31 Januari 2018, tidak ada toleransi lagi. Bagi yang menyerahkan terlambat tidak menerima bantuan keuangan partai politik tahun berikutnya," ujarnya dilansir dari laman resmi humbanghasundutan-kab.go.id, Minggu (02/03/2017).
 
Lanjutnya, ada satu partai yang tidak menyerahkan laporan pertanggungjawaban penerimaan dan pengeluaran bantuan keuangan partai politik di provinsi sumatera utara, karena alasan seluruh bantuan dikembalikan kepada negara, atau tidak digunakan, sehingga tidak membuat laporan.
 
Saut Parlingungan selaku Wakil Bupati Humbahas menyampaikan banyak terimakasih atas hasil yang diperoleh masing-masing daerah yang diberikan oleh BPKP. Secara khusus mengucapkan terimakasih karena Kabaten Humbang Hasundutan mendapat apresiasi peringkat I dari 34 entitas pemerintah daerah di wilayah Provinsi Sumatera Utara.
 
“Kami mengucapkan terimakasih atas apa yang sudah dicapai oleh masing masing daerah di sumatera utara, secara khusus Kabupaten Humbahas. Harapan kami BPKP memberikan arahan dan bimbingannya, sehingga pemerintah daerah kedepan semakin baik," jelasnya.(BS02)
 

Tag:BPKHumbahasKeuanganPemkab Humbahas