Selasa, 12 November 2019

Pemerintah Beri Kesempatan ASN Tingkatkan Kapasitas Lewa Program Double Degree

Kamis, 22 Agustus 2019 15:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Sebagai langkah awal untuk memenuhi visi Indonesia lima tahun ke depan soal pengembangan sumber daya manusia (SDM) termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjalankan roda pemerintahan, pemerintah meluncurkan konsep peningkatan kapasitas ASN melalui program Double Degree dengan menggandeng Universitas dalam negeri dan luar negeri.
 
“Para ASN yang mengikuti Double Degree disiapkan sebagai reform agent, yang paham isu dan masalah internal serta dikolaborasikan dengan konsep dan perkembangan paradigma reformasi birokrasi yang berkembang di dunia,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin dalam acara Launching Program Double Degree, di Jakarta, Rabu (21/08/2019).
 
Menurut Menteri PANRB, para ASN dari seluruh instansi pemerintah akan diseleksi dan direkrut untuk menjalani pendidikan di berbagai bidang. Bidang yang akan dipelajari adalah administrasi pemerintahan, kebijakan publik, e-government, reformasi sektor publik, dan ekonomi.
 
Peserta didik yang terpilih akan menjalani pendidikan selama satu tahun di Universitas Indonesia atau Universitas Hasanuddin. Setelah dinyatakan lulus, mereka akan mengenyam pendidikan selama satu tahun di University of Melbourne atau Victoria University of Wellington.
 
“Kedua universitas ini merupakan universitas yang memiliki reputasi unggul dalam program kebijakan publik serta e-government,”jelas Syafruddin.
 
Dengan mengikuti pendidikan ini, ASN nantinya tidak hanya memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang pemerintahan dan birokrasi melalui perspektif nasional, tetapi juga berkesempatan belajar tentang e-Government dan kebijakan publik lewat perspektif global.
 
“Adapun untuk teknis pelaksanaan program dan pembiayaan akan melibatkan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang dikelola oleh Kementerian Keuangan,” sambung Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKM) Bima Haria Wibisana.
 
Nantinya Universitas Indonesia akan menjadi garda terdepan dalam mengawal pengembangan SDM Aparatur di wilayah barat, sedangkan Universitas Hasanuddin akan mengawal pengembangan SDM Aparatur di wilayah timur Indonesia.
 
Menteri PANRB berharap program ini merupakan inisiasi awal yang berkelanjutan untuk membuka ruang bagi ASN meningkatkan kapasitas diri khususnya dalam hal pendidikan, sekaligus menindaklanjuti visi Indonesia dalam peningkatan SDM, termasuk di dalamnya profesi ASN yang bertugas menjalankan roda pemerintahan.(rel)
T#g:ASNCPNSPNSprogram double degree
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Kejaksaan Agung Buka 5.203 Lowongan CPNS, 2.000 Formasi untuk Lulusan SLTA

    Beritasumut.com-Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : 468 Tahun 2019 tanggal 27 September 201

  • 5 hari lalu

    Oknum PNS di RS Abdul Manan Kisaran Ditangkap Polisi, Sebut Rumah Bupati Tempat Nonton Orang...

    Beritasumut.com–Jejak digital itu kejam, sebab sekali postingan meluncur, rekam datanya akan terlacak selamanya. Hal ini barangkali yang diab

  • satu minggu lalu

    CPNS 2019, Kemnkum HAM Siapkan 2.875 Formasi untuk Lulusan SLTA

    Beritasumut.com-Sesuai Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 392 Tahun 2019, Kemen

  • satu minggu lalu

    Pendaftaran CPNS 2019 Dimulai 11 November Mendatang, Menpan: Hati-hati dengan Penipuan

    Beritasumut.com-Pemerintah membuka 152.250 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019. Jumlah formasi itu ditetapkan untuk instansi pusat

  • satu minggu lalu

    Sertifikasi Pustakawan di UIN Ar-Raniry Aceh, Dr Zulfikar Zen Minta Pengangkatan PNS Jangan Ada Inpassing

    Beritasumut.com–Sebanyak 20 orang pustakawan dari berbagai universitas lainnya mengikuti training penguatan sertifikasi kompetensi pustakawan

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.