Rabu, 23 Oktober 2019

Pemerintah Berencana Naikkan Gaji PNS, Partai NasDem Mendukung

Jumat, 26 Januari 2018 21:45:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Beritasumut.com-Pemerintah Jokowi melalui Kementerian Perbedayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) berencana menaikkan gaji Pegawai Negri Sipil (PNS. Rencana ini mendapatkan sambutan positif dari Partai NasDem.
 
Wakil Ketua Fraksi NasDem DPR RI Luthfi A Mutty mengatakan, kenaikan gaji merupakan keniscayaan yang diharapkan oleh seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS). Apalagi kenaikan gaji  terakhir dilakukan pada tahun 2015 lalu. Hanya saja, rencana ini harus dibarengi dengan hitungan yang matang dari pemerintah terutama dalam kondisi anggaran keuangan negara.
 
Mantan Bupati Luwu Timur Utara ini memberikan tiga catatan yang perlu menjadi perhatian bagi pemerintah terkait rencana kenaikan gaji PNS. “Pertama, dilihat dulu kemampuan keuangan negara. Apa memang ada dana yang cukup tersedia untuk membayar peningkatan gaji. Kedua, harus memperhatikan tingkat inflasi, supaya daya beli pegawai tidak turun. Ketiga, tidak boleh terjadi (kenaikan) gaji diambil dari hutang," ujarnya di Kompleks Parlemen Senayan, Jum’at (26/01/2018)
 
Karena kenaikan gaji PNS akan mempengaruhi APBN, dia melanjutkan, maka perlu dilakukan evaluasi terhadap struktur APBN, serta menata kembali skema subsidi. Terakhir, Luthfi menjelaskan, kenaikan gaji tersebut diharapkan bisa berpengaruh bagi perekonomian daerah dan nasional. 
 
Dengan daya belanja  konsumsi yang bersumber dari pegawai yang cukup tinggi bisa menjadi stimulan bagi perekonomian nasional.“Kalau pegawai tidak belanja, kan macet itu perputaran duit dan ekonomi di desa. Jika ketiga faktor tersebut terpenuhi, secara tegas NasDem secara penuh akan mendukung langkah pemerintah tersebut," tutupnya. (Rel)
T#g:DPR RIDPR-RIFraksi NasdemGaji PNS NaikKemenpan RBKemenPAN-RBLuthfi MuttyPNSPartai NasDem
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • kemarin

    Guru PAI Non PNS Bakal Terima Anggaran Insentif 66 Milyar dari Kemenag RI

    Beritasumut.com-Kementerian Agama (Kemenag) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp66 Milyar untuk membayar insentif Guru Pendidikan Agama Islam (PAI)

  • 3 hari lalu

    Bupati Labusel Peringatkan ASN untuk Terus Berbenah Diri Menuju Aparatur yang Profesional dan Tanggap

    Beritasumut.com-Bupati Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) H Wildan Aswan Tanjung SH MM menghadiri acara pengambilan sumpah jabatan serta melan

  • 6 hari lalu

    Keluyuran di Jam Kerja, 6 ASN dan 1 Pegawai Honorer Pemko Medan Kena Razia

    Beritasumut.com-Sebanyak 6 orang Apratur Sipil Negara (ASN) dan seorang pegawai honorer di lingkungan Pemko Medan kedapatan keluyuran saat jam kerj

  • 6 hari lalu

    Mendagri Terus Ingatkan Kepala Daerah dan ASN untuk Hindari Area Rawan Korupsi

    Beritasumut.com-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo terus mengingatkan kepala daerah dan ASN dalam berbagai kesempatan untuk menghindari

  • 3 minggu lalu

    Tersedia 197.111 Formasi, Rekrutmen CPNS Diumumkan Minggu Keempat Oktober

    Beritasumut.com-Pemerintah akan mengumumkan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 pada minggu keempat Oktober ini. Selanjutnya, pe

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.