Rabu, 22 Januari 2020

Pemerintah Ajak Masyarakat Budayakan Keselamatan Penerbangan

Minggu, 04 Desember 2016 16:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS05
Para penumpang di Bandara Kuala Namu sedang check in.
Beritasumut.com-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak masyarakat khususnya mereka yang sering menggunakan moda transportasi udara dalam aktivitasnya sehari-hari untuk peduli terhadap keselamatan penerbangan. Masyarakat mempunyai peran penting dalam mendukung peningkatan dan membudayakan keselamatan penerbangan. 
 
Tanpa dukungan masyarakat, apa yang dilakukan pemerintah untuk keselamatan penerbangan, tidak akan banyak berarti, demikian dikatakan Menhub saat kegiatan kampanye keselamatan penerbangan seperti dilansir dari laman resmi depkes.go.id, Minggu (4/12/2016).
 
Dukungan dan kepedulian masyarakat terhadap keselamatan penerbangan ini berupa kepedulian terhadap hal-hal yang boleh dan tidak dalam setiap tahap atau proses penerbangan. Pada tahap pre-flight (sebelum masuk pesawat) atau ketika penumpang datang di bandara untuk melapor (check in), setiap penumpang tidak boleh membawa barang-barang berbahaya seperti senjata tajam, senjata api dan barang-barang terlarang lainnya yang dapat membahayakan penerbangan. Penumpang juga harus patuh dan bersedia mengikuti prosedur pemeriksaan keamanan oleh petugas keamanan penerbangan (aviation security). 
 
Pada tahap in-flight (ketika penumpang masuk pesawat dan selama penerbangan), setiap penumpang harus mematuhi petunjuk awak kabin, tidak boleh lagi menggunakan (mengaktifkan) telepon genggam, dan tidak melakukan tindakan yang mengancam keselamatan penerbangan seperti membuka pintu darurat tanpa perintah awak kabin. Selain itu penumpang juga diharapkan membaca petunjuk keselamatan yang tersedia untuk lebih memahami prosedur keselamatan selama penerbangan berlangsung.
 
Selanjutnya pada tahap post-flight (setelah pesawat mendarat), setiap penumpang tidak diperkenankan untuk melepaskan sabuk keselamatan dan berdiri sebelum pesawat berhenti dengan sempurna atau sebelum dibolehkan oleh awak kabin. Penumpang juga tidak diperkenankan untuk mengambil alat-alat keselamatan di pesawat dan tidak mengaktifkan telepon genggam hingga tiba di gedung terminal kedatangan. Satu hal lagi yang harus diperhatikan penumpang dalam setiap tahap penerbangan adalah tidak boleh bercanda tentang bom.   
 
Selain kepada masyarakat yang sering menjadi penumpang maskapai penerbangan, Menhub juga mengajak masyarakat di sekitar area bandara (Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan/KKOP) untuk juga ikut peduli terhadap keselamatan penerbangan."Misalnya masyarakat tidak boleh memainkan drone, laser apalagi yang sengaja diarahkan ke pesawat, tidak boleh juga bermain layang-layang, karena semua ini apabila dilakukan di sekitar bandara berpotensi membahayakan keselamatan penerbangan," tegas Menhub.
 
Pada kampanye keselamatan penerbangan tahun 2016 dengan semboyan 'Selamanya' (Selamat, Aman, dan Nyaman) Penerbangan Nasional ini, Menhub juga menegaskan bahwa selain dukungan masyarakat, pemerintah selaku regulator penerbangan sipil akan terus melakukan langkah-langkah konkret untuk meningkatkan keselamatan penerbangan. Langkah-langkah tersebut antara lain perbaikan regulasi, peningkatan sarana dan prasarana, peningkatan SDM, serta menciptakan lingkungan yang mendukung keselamatan penerbangan.
 
"Pemerintah juga akan terus memastikan pemenuhan terhadap seluruh regulasi keselamatan dan keamanan penerbangan oleh para operator, melakukan pengawasan proses tersebut secara rutin dan berkesinambungan, memperbaiki peralatan navigasi penerbangan, serta mendorong peningkatan infrastruktur bandar udara agar memenuhi standar keselamatan dan keamanan penerbangan," pungkas Menhub.(BS02) 
 
T#g:bandaraMenhubPemerintahpenerbanganPesawat
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 5 hari lalu

    Bupati Madina Tanda Tangani MoU Pembangunan Bandara Bukit Malintang

    Beritasumut.com-Bupati Mandailing Natal, Drs Dahlan Hasan Nasution didampingi Ketua DPRD Kabupaten Mandailing Natal, Erwin Efendi Lubis dan Kepala

  • 7 hari lalu

    Gubernur Sumut: Hubungan Harmonis Umara dan Ulama Harus Dirawat

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah beramah-tamah dengan ratusan ulama se

  • satu minggu lalu

    Nabrak Pintu Gerbang Bandara Kualanamu, Pria Mabuk Malah Marah, Ternyata Bawa Sabu

    Beritasumut.com-Menabrak pintu gerbang VIII Bandara Kualanamu tanpa sebab, seorang pria diduga mabuk ditolong warga namun, malah marah-marah. Sehin

  • 3 minggu lalu

    Mulai Beroperasi, Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarno Gratis Selama Dua Bulan

    Beritasumut.com-Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo (KA BIAS) mulai beroprasi perdana secara terbatas mulai hari ini, Minggu (29/12/2019)

  • 4 minggu lalu

    Kankemenag Pakpak Bharat Uji Kelayakan Pegawai Pemerintah Non PNS

    Beritasumut.com-Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pakpak Bharat, Drs H Syafrizal Bancin MM, didampingi Kasubag Tata Usaha Riswan Gaja SAg M

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.