Politik & Pemerintahan

Pegawai Non PNS Kabupaten Dairi Ikut BPJS Ketenagakerjaan


Pegawai Non PNS Kabupaten Dairi Ikut BPJS Ketenagakerjaan
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten Dairi mewujudkan komitmennya memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada seluruh pegawai Non PNS (Honorer)  di wilayah itu, terhitung bulan Januari 2017. Adapun program yang diberikan meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun bagi seluruh tenaga honorernya.
 
“Ini merupakan bentuk perhatian Pemkab Dairi kepada para pegawai Non PNS. Kami minta agar Non PNS lebih bersemangat memberikan pelayanan kepada masyarakat,” jelas Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Sebastianus Tinambunan SH MPd, saat memimpin pertemuan pimpinan SKPD dengan BPJS Ketenagakerjaan KCP Karo di ruang kerja Wakil Bupati, Senin (29/05/2017) lalu.
 
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Karo Sanco Simanullang dalam siaran persnya di kantor BPJS Ketenagakerjaan Karo, Senin (05/06/2017) mengungkapkan, pihaknya bersyukur dan mengucapkan terimakasih atas komitmen Pemkab Dairi dalam perlindungan BPJS Ketenagakerjaan.
 
Manullang yang hadir dan memberikan sosialisasi kepada para pimpinan SKPD itu mengungkapkan pentingnya perlindungan jaminan sosial kepada tenaga honor daerah. “Jika terjadi kecelakaan kerja dan kematian Non PNS, akan ditanggung BPJS ketenagakerjaan. Demikian juga jika tidak lagi kerja sebagai Non PNS, maka akan mendapatkan Jaminan Hari Tua,” ujar Manullang.
 
Dikatakan, dengan masuknya Non PNS Dairi menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, merupakan kebanggaan tersendiri, karena  dari tiga kabupaten yang menjadi wilayah BPJS Ketenagakerjaan Karo Kabanjahe, baru pemkab Dairi yang telah menganggarkan iuran honorernya di tahun anggaran 2017.
 
“Kami berharap 2 kabupaten lainnya yaitu Kabupaten Karo dan Pakpak Bharat dapat segera menyusul Pemkab Dairi. Kami optimis kedua pemkab akan segera  menganggarkan dalam APBD-P,” jelas Manullang.
 
Sementara itu, Kepala Pemasaran Penerima Upah BPJS Ketenagakerjaan Kota Medan, Armada Kaban mengatakan, dengan didaftarkannya seluruh Non PNS Kabupaten Dairi menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan secara lengkap termasuk diantaranya program pensiun, maka  status perlindungan Non PNS Dairi sudah setara dengan kesejahteraan yang dimiliki PNS, karena Non PNS juga telah mendapat pensiunan dari BPJS Ketenagakerjaan.
 
“Dengan masa pembayaran iuran 15 tahun, dimulai dari sekarang ikut BPJS Pensiun, nanti para Non PNS saat pensiun sudah bisa menikmati pensiunannya sampai ajal menjemput,” pungkas Armada Kaban. (Rel)

Tag:BPJSBPJS KetenagakerjaanJaminan KesehatanNon PNSPegawaiPemerintahPemkab Dairipensiunan