Politik & Pemerintahan

Pakpak Bharat Siap Menuju Pilkada yang Sukses dan Damai


Pakpak Bharat Siap Menuju Pilkada yang Sukses dan Damai
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Geliat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Pakpak Bharat semakin terasa. Pasca penandatanganan NPHD antara penyelenggara Pemilu dengan Pemkab Pakpak Bharat, selanjutnya para penyelenggara, khususnya KPU dan Bawaslu Kabupaten Pakpak Bharat diundang secara resmi dalam rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Pakpak Bharat, yang dilaksanakan di Aula Kejaksaan Negeri Dairi, Sidikalang.
 
Di hadapan Pj Bupati Pakpak Bharat, Dr H Asren Nasution MA, Kajari Dairi Syahrul Juaksha Subuki SH MH, Dandim 0206/Dairi Letkol Arh Hadi Purwanto SH, Ketua Fraksi Gabungan Kupuln Nditak DPRD Kabupaten Pakpak Bharat Juanda Banurea dan perwakilan Forkopimda lainnya, Ketua KPU, Basra Munthe, SH dan Ketua Bawaslu Mawardi Tumanggor, SH, mempresentasikan program pelaksanaan serta hal-hal yang terkait dengan Pilkada.
 
Dengan membawakan materi Persiapan KPU Pakpak Bharat Dalam Melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pakpak Bharat 2020, serta materi Pengawasan Tahapan Pilkada 2020, para Ketua yang didampingi para Komisionernya ini memaparkan berbagai hal yang terkait Pilkada, semisal perubahan regulasi tentang calon perseorangan, dan isu-isu strategis, termasuk potensi konflik yang ada.Selanjutnya masing-masing unsur dalam Forkopimda mencoba mengeksplorasi pemaparan tersebut dimulai dari DPRD, Dandim, Polres, dan Kajari. 
 
Pj Bupati mengapresiasi gerak cepat dalam merespon pelaksanaan Pilkada yang hari ‘H’ pelaksanaannya pada bulan September tahun mendatang. Bupati juga menyarankan agar meningkatkan frekuensi pertemuan informal, termasuk mengaktifkan grup di media sosial sehingga berbagai kendala dan persoalan yang ada dapat disikapi dengan cepat.
 
Tak lupa Pj Bupati menyampaikan bahwa penganggaran dalam Pilkada yang include pada R-APBD 2020 yang saat ini sedang dalam pembahasan dan akan ditetapkan dalam waktu dekat. “Dan ini semua demi kepentingan bersama," sebut Asren dilansir dari laman pakpakbharatkab.go.id, Minggu (13/10/2019).
 
Tahapan pelaksanaan Pilkada sendiri sudah dimulai sejak 23 September yang lalu dan akan di launching secara resmi dalam waktu dekat.Sedangkan agenda terdekat yang melibatkan banyak komponen adalah pelaksanaan Sosialisasi Perubahan Mekanisme Calon Perseorangan.(BS09)
 

Tag:Pakpak BharatPemiluPilkadaPilkada Serentak