Sabtu, 19 Oktober 2019

Nyaleg Pindah Partai, Hak Anggota Dewan Gugur Setelah Masuk DCT

Rabu, 12 September 2018 20:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Anggota DPRD Sumut yang maju kembali pada Pileg 2019 melalui partai yang berbeda otomatis akan kehilangan hak-haknya setelah ditetapkan dalam Daftar Caleg Tetap (DCT) yang akan dirilis 22 September mendatang. Hal itu sesuai dengan surat edaran menteri yang diedarkan ke pimpinan legislatif se-Indonesia.Hal itu dikatakan Ketua DPRD Sumut, Wagirin Arman di ruangannya, Rabu (12/09/2019). 
 
Sebelumnya, sejumlah anggota dewan yang diketahui mencalonkan diri melalui partai lain masih hadir dalam rapat paripurna istimewa serahterima jabatan Gubenur dan Wakil Gubernur Sumut, Senin (10/09/2018) kemarin. "Anggota dewan yang pindah partai baru akan dicabut hak-haknya baik keanggotaan legislatif maupun gaji setelah ditetapkan dalam DCT. Otomatis gugur semua iti, karena statusnya pun sudah gugur. Tidak mungkin duduk di dewan dengan dua partai," katanya. 
 
Wagirin mengaku surat edaran dari Mendagri sudah ia terima dan pihaknya bersama sekretariat akan menjalankan sebagaimana perintah surat tersebut.Dalam surat edaran Nomor 160/6324/OTDA perihal pemberhentian anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/kota yang mencalonkan diri dari partai politik yang berbeda dengan partai poltik yang diwakili pada pemilu terakhir dijelaskan, anggota dewan dimaksud diberhentikan antarwaktu. Hal itu sesuai ketentuan Pasal 139 Ayat 2 dan Pasal 193 Ayat 2, UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan Pasal 99 Ayat 3 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib di DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota. 
 
Mengundurkan diri dari DPRD juga menjadi syarat untuk maju sebagai bakal calon legislatif dari partai politik lain. Pemberhentian juga berlaku bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah jika menjadi anggota DPR RI atau DPRD."Mengenai permohonan Pengganti Antar Waktu (PAW) dari partai, sampai saat ini belum ada masuk ke DPRD. Kalau sudah ada surat dari partai akan langsung kita proses," tambah Wagirin. 
 
Bersadarkan data dari Daftar Caleg Sementara (DCS), sejumlah nama anggota DPRD Sumut maju dalam Pileg 2019 melalui yang berbeda, di antaranya, Parlinsyah dari Gerindra ke Demokrat untuk DPR RI, Jenny Berutu dan Rony Reynaldo Situmorang dari Demokrat ke NasDem dan Januari Siregar dari PKPI ke Perindo. 
 
Sebelumnya, Ketua DPP PKPI, Juliski Simorangkir mengatakan pihaknya menyetujui pengunduran diri kader PKPI yang mencalonkan diri dari partai lain. "Persetujuan partai harus ada, kalau tidak dilengkapi maka dia tidak memenuhi syarat. Dia sudah mengirim surat dan kita menyetujui, kita akan surati ke DPRD agar status, kewajiban dan semua haknya dihentikan karena dia sudah mengundurkan diri. Tidak perlu menunggu keluar SK pemberhentian dari Mendagri," jelasnya.
 
Juliski menilai hak-hak anggota dewan yang mengundurkan diri dari partai politik pengusungnya otomatis diputus. Lain halnya jika diberhentikan atau melanggar kebijakan partai, maka sebelum ada kekuatan hukum tetap, hak-hak seorang anggota DPRD tetap melekat.
 
Sementara itu, Rony Reynaldo Situmorang menambahkan, ia pindah dari Partai Demokrat ke Partai NasDem karena menilai partai besutan Surya Paloh itu menjalankan kampanye yang bersih dengan tidak mensyarakatkan mahar bagi setiap bacaleg yang maju melalui NasDem.(BS03)
 
T#g:calegDPRD SumutPemilupilegpilpres
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 22 jam lalu

    DPRD di Seluruh Indonesia Diminta Turut Sukseskan Pilkada Tahun 2020

    Beritasumut.com-DPRD Provinsi di Seluruh Indonesia, terutama daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada, diminta untuk turut menyukseskan Pilkada Ta

  • 6 hari lalu

    Pakpak Bharat Siap Menuju Pilkada yang Sukses dan Damai

    Beritasumut.com-Geliat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Pakpak Bharat semakin terasa. Pasca penandatanganan NPHD antara p

  • 2 minggu lalu

    Demo Buruh di Depan Kantor DPRD Sumut, Kapolda Borong Semua Dagangan Pedagang dan Bagikan ke Masyarakat

    Beritasumut.com–Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto mendatangi Gedung DPRD Sumut usai aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh buruh asal Medan

  • 3 minggu lalu

    Terkait Demo Anarkis di DPRD Sumut, Kapoldasu Lakukan Pertemuan dengan Para Rektor, Tangguhkan 40 Mahasiswa

    Beritasumut.com-Kapoldasu Irjen Pol Drs Agus Andrianto MH melakukan pertemuan dengan para Rektor berbagai universitas di Sumatera Utara (Sumut) yan

  • 3 minggu lalu

    Mau Ikutan Demo, Puluhan Pelajar SMA dan SMK Disuruh Pulang oleh Polisi

    Beritasumut.com-Petugas Polsek Medan Barat dan petugas Intel Polrestabes Medan melakukan penjagaan cukup ketat di kawasan Gedung DPRD Sumut. Penjag

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.