Politik & Pemerintahan

Meski Tahun Politik, Pemprov Sumut Tetap Fokus Dengan 20 Kegiatan Prioritas


Meski Tahun Politik, Pemprov Sumut Tetap Fokus Dengan 20 Kegiatan Prioritas
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Meskipun memasuki tahun politik, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) di bawah kepemimpinan Gubernur Sumut Erry Nuradi dan Wakil Gubernur Nurhajizah Marpaung tetap fokus pada peningkatan pembangunan di segela bidang. Tahun ini setidaknya 20 kegiatan yang menjadi Prioritas Pemprov Sumut menggunakan dana APBD Tahun 2018.
 
Seperti diketahui, DPRD Provinsi Sumatera Utara menyetujui Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2018 sebesar Rp13,8 triliun disahkan menjadi Peraturan Daerah. Pendapatan daerah tahun 2018 diproyeksikan Rp12,69 Triliun meningkat 2,17 persen dari APBD 2017 sebesar Rp269,156 Triliun. Sementara belanja daerah Rp13,8 triliun sehingga APBD 2018 tersebut mengalami defisit Rp1,196 triliun. Namun angka defisit itu ditutupi dengan sisa anggaran tahun 2017. 
 
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumatera Utara, Irman Dj Oemar menyampaikan bahwa 20 kegiatan prioritas Pemprovsu meliputi Pengelolaan BOS Pendidikan, Pembangunan sarana prasarana sekolah (Ruang Praktek Siswa/RPS), Honor Guru Tidak Tetap (GTT) Non PNS, Peningkatan Sarana dan Prasarana Pelayanan Kesehatan, Peningkatan Kemitraan dan Penggalangan Komitmen LS dan LP dalam meningkatan Pelayanan Kesehatan di Provinsi Sumatera Utara, Peningkatan jalan kewenangan provinsi menuju kondisi mantap 88,08%.
 
"Adapun peningkatan jalan ini meliputi Ruas Deli Tua - Tiga Juhar di Kabupaten Deli Serdang, Ruas Tebing Tinggi (Wts.Serdang Bedagai)  - Sipispis di Kabupaten Serdang Bedagai, Ruas Sukarame - Salak di Kab. Pakpak Bharat, Ruas Seribu Dolok - Saran Padang di Kab.upaten Simalungun, Ruas Bts. Simalungun - Sondi Raya di Kabupaten Simalungun, Ruas T. Balai (Pangkal Tembok) - Pasar I - Bts. Labura di Kabupaten Asahan, Ruas Aek Kota Batu - Bts. Tobasa di Kabupaten Labuhan Batu Utara, Ruas Parsoburan - Bts. Labuhan Batu Utara di Kabupaten Toba Samosir, Ruas Pangaribuan - Garoga di Kabupaten Tapanuli Utara, Ruas Sipirok - Sp.Tandosan - Bts. Taput di Kabupaten Tapanuli Selatan, Ruas Aliaga - Muara Tige - Bts. Riau di Kabupaten Padang Lawas, dan Ruas Jembatan Merah - Muara Soma di Kabupaten Mandailing Natal)," ujar Irman kepada wartawan Senin (05/02/2018).
 
Kegiatan prioritas lainnya, Pembangunan SPAM daerah rawan air Kawasan perbatasan provinsi di Kabupaten Langkat, Pembangunan sarana prasarana MTQ Nasional, Pembangunan wisma atlit, Perbaikan dan peningkatan infrastruktur irigasi pada DI. Padang Garugur, Perbaikan dan peningkatan infrastruktur irigasi pada DI Pekan Kemi, Perbaikan dan peningkatan infrastruktur irigasi pada DI Purwodadi,  Pengendalian banjir dan pengamanan sungai pada Sungai Bilah, Sungai Merbau, Sungai Aek Natas, Pembangunan SPAM Regional Mebidangro, Penataan dan peningkatan kualitas kawasan permukiman kumuh Provinsi Sumatera Utara, Pengembangan Lumbung Pangan Sebagai Cadangan Pangan Masyarakat, Pemberdayaan Masyarakat Miskin melalui Program Aksi Gerakan Masyarakat Mandiri Pangan (Gema Pangan), Pengembangan Integrasi Ternak Kebun & integrasi ternak–tanaman, Peningkatan Kesehatan Lingkungan Melalui Penyediaan Air Bersih (Penyediaan Alat Pemurnian Air), dan Penataan Air Danau Toba. (BS03)

Tag:APBD 2018Bappeda SumutIrman OemarPemprov SumutRanperdaSumut Prioritas