Jumat, 15 November 2019

Menko Polhukam Ajak Masyarakat Dukung Pengamanan Pemilu 2019

Jumat, 18 Januari 2019 12:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengajak  masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mengamankan penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019, yang di dalamnya juga termasuk pemilihan pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden.
 
“Tanpa dukungan masyarakat juga tidak mungkin hanya TNI dan Polisi yang mengamankan, karena sumber kekacauan masuk ke kehidupan masyarakat,” kata Wiranto dalam rapat kerja dan penandatanganan perjanjian kinerja BNPT tahun 2019 di Jakarta, Kamis (17/01/2019).
 
Diakui Menko Polhukam, jika pengamanan menjelang Pemilu sudah dilakukan pemerintah dari awal, sehingga penyelenggaraan dua kali Pilkada pada 2017 dan 2018 dapat dilaksanakan dengan baik.
 
“Dengan modal itu maka kita sudah punya rambu-rambu, instrumen, dan indikator-indikator untuk bagaimana kita dapat mengamankan pemilu dan kesiapan dari kepolisian untuk mem-back up TNI yang sudah sangat prima,” ujar Menko Polhukam, seperti dilansir setkab.go.id.
 
Oleh karena itu, pemerintah berharap prosesi dari pemilu itu sampai nanti 17 April bahkan sampai ke purna pemilu nanti tetap terjaga keamanan nasinonal, sehingga proses demokrasi dapat berjalan dengan baik
 
Sinergi K/L
 
Sementara terkait kemungkinan ancaman terorisme, Menko Polhukam Wiranto meminta kepada seluruh kementerian dan lembaga (K/L) untuk meningkatkan strategi dan kerja sama dalam rangka melawan terorisme. Dijelaskan bahwa tahun ini merupakan tahun politik sehingga harus aman.
 
“Saya berpesan kepada seluruh kementerian dan lembaga untuk bagaimana meningkatkan sinergi dan kerja sama dalam rangka kita melawan terorisme,” tegas Wiranto.
 
Mengapa demikian? Menurut Menko Polhukam Wiranto karena sekarang tahun politik, ada pemilu yang merupakan satu acara lima tahunan yang sangat strategis bagi bangsa Indonesia, maka harus aman.
 
Terkait upaya menghadapi ancaman terorisme itu, Menko Polhukam mengatakan, tidak mungkin BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) bekerja sendiri. Untuk itu, diperlukan  peningkatan sinergi BNPT dengan K/L yang akan membantu menyatukan satu potensinya melawan terorisme.
 
Menko Polhukam Wiranto juga mengingatkan pentingnya pengembangan organisasi BNPT, dengan penambahan deputi, enambahan wakil, sehingga itu merupakan satu bagian dari upaya kepala BNPT untuk lebih mengefektifkan kerja BNPT untuk menjamin keamanan nasional dari ancaman terorisme.
 
“Saya memberikan apresiasi karena merupakan terobosan-terobosan yang dapat menjamin negeri ini aman ke depan, tanpa keamanan kita tidak bisa menjalankan demokrasi, tanpa demokrasi kita tidak bisa membangun negeri ini untuk mengembangkan apa yang telah kita capai sampai saat ini,” ujar Wiranto.(BS01)
T#g:Pemilu 2019pilpresPilpres 2019Pemilu
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Tinjau Kesiapan Pilkada 2020, Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian

    Beritasumut.com–Tim Puslitbang Polri melaksanakan penelitian tentang Dampak Positif dan Negatif Pelaksanaan Pilkada Langsung dalam Rangka Kes

  • 3 minggu lalu

    Ketua KPU RI: Kecepatan Informasi dan Teknologi Tentukan Kesuksesan Pemilu

    Beritasumut.com-Pengawasan politik uang pada kegiatan pemilihan kepala daerah (Pilkada), tidak hanya menjadi tanggung jawab Bawaslu semata.Melainka

  • 3 minggu lalu

    Kapolsek Medan Timur: Pengamanan Pemilu Sukses di Medan, Bukti Sinergitas TNI dan Polri

    Beritasumut.com-Kapolsek Medan Timur Kompol Muhammad Arifin menyebut, pengamanan pemilu 2019 berjalan sukses dan kondusif di Medan, sebab unsur TNI

  • 4 minggu lalu

    DPRD di Seluruh Indonesia Diminta Turut Sukseskan Pilkada Tahun 2020

    Beritasumut.com-DPRD Provinsi di Seluruh Indonesia, terutama daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada, diminta untuk turut menyukseskan Pilkada Ta

  • satu bulan lalu

    Pakpak Bharat Siap Menuju Pilkada yang Sukses dan Damai

    Beritasumut.com-Geliat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Pakpak Bharat semakin terasa. Pasca penandatanganan NPHD antara p

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.