Politik & Pemerintahan

Malam Takbiran Polrestabes Medan Bakal Lakukan Penyekatan Jalan, Ini Komentar Pemko Medan


Malam Takbiran Polrestabes Medan Bakal Lakukan Penyekatan Jalan, Ini Komentar Pemko Medan
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Polrestabes Medan bakal melakukan penyekatan jalan-jalan di malam Takbiran Hari Raya Idul Fitri 1441H. Langkah penyekatan jalan ini bertujuan untuk membatasi masyarakat yang akan melakukan konvoi kendaraan di malam Takbiran, juga demi mencegah kerumunan massa di tengah Pandemi Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, dilansir dari Pemkomedan.go.id, Selasa (12/05/2020), Pemko Medan mendukung penuh langkah Polrestabes Medan. Hal ini dikatakan Plt Wali Kota Medan, diwakili Sekda Ir Wiriya AlRahman MM, ketika mengikuti Rapat Koordinasi PAM Malam Takbiran Idul Fitri 1441 H di ruang Rupatama, Mapolrestabes Medan, Jalan HM Said, Selasa (12/05/2020).

Rapat Koordinasi ini dipimpin Wakapolrestabes Medan AKBP Irsan Sinuhaji dan diikuti sejumlah Unsur Forkopimda diantara Perwakilan Dandim 0201/BS, Kasatlantas Polrestabes Medan, Ketua MUI Medan, Kakanmenag Kota Medan, dan Perwakilan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang.

Dikatakan Sekda, penyekatan jalan-jalan yang akan dilakukan Polrestabes Medan ini merupakan salah satu upaya dalam menekan Penyebaran Virus Covid-19. Karena langkah ini diambil guna mencegah adanya kerumunan massa dan konvoi kendaraan di jalan saat malam Takbiran.

Tentunya langkah ini juga sudah dilakukan Pemko Medan bekerjasama dengan Unsur Forkopimda dengan menggelar pemantauan dan Pencegahan Asmara Subuh di setiap akhir pekan. "Pemko Medan Mendukung penuh langkah Polrestabes Medan dalam melakukan penyekatan jalan-jalan di Malam Takbiran. Selain personil Bentuk dukungan ini akan kami berikan dengan menyediakan fasilitas yang diperlukan saat pelaksanaan kegiatan," kata Sekda.

Sebelumnya, Wakapolrestabes Medan AKBP Irsan Sinuhaji menjelaskan Rapat Koordinasi ini guna mengetahui langkah strategis yang dapat dilakukan dalam pelaksanaan penyekatan jalan-jalan di Wilayah hukum Polrestabes Medan. Agar Pelaksanaannya berjalan efektif diharapkan kerjasama semua pihak khususnya Jajaran Pemerintah Kota Medan dan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang.

"Kami butuh Peran dan dukungan Pemerintah Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang. Selain Personil, dukungan dapat diberikan dengan mengeluarkan surat atau himbauan kepada masyarakat agar tidak berkumpul maupun melakukan konvoi kendaraan di malam Takbiran," harap Wakapolrestabes Medan.

Sementara itu, Kasatlantas Polrestabes Medan, AKBP Sonny Siregar menjelaskan bahwa ada 110 titik jalan yang akan dilakukan penyekatan Khususnya di wilayah hukum Polrestabes Medan. Dalam satu titik nantinya akan diisi sejumlah personil dari Polri, TNI, Dishub, Satpol PP dan Dinas Kesehatan maupun Kepling.

"Penyekatan jalan ini melibatkan 770 Personil dimana setiap titik akan ditempatkan 7 Personil dari masing-masing kesatuan. Penyekatan jalan ini akan dilakukan selama 1 malam mulai pukul 8 malam sampai esok harinya pukul 6 Pagi," tandasnya. (BS09)


Tag:Malam TakbiranPemko MedanPenyekatan JalanPolrestabes Medan