Politik & Pemerintahan

Komisi IV DPRD Minta Pemko Medan Siapkan Anggaran Khusus Atasi Banjir dan Bencana


Komisi IV DPRD Minta Pemko Medan Siapkan Anggaran Khusus Atasi Banjir dan Bencana
BERITASUMUT.COM/BS07
Beritasumut.com-Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Medan, Salman Alfarisi menilai untuk mengatasi masalah banjir Pemerintah Kota (Pemko) Medan perlu menyiapkan anggaran khusus.Menurutnya, anggaran tersebut tak hanya menampung soal banjir, tetapi juga bencana yang disebabkan oleh alam.
 
"Akhir-akhir ini curah hujan di Kota Medan cukup tinggi. Oleh karenanya, kepada Pemko Medan diharapkan dapat sigap atau siaga semi bencana seperti banjir, pohon tumbang dan puting beliung. Untuk itu, dapat mengalokasikan anggaran khusus," katanya, Kamis (12/07/2018).
 
Ketua DPD PKS Kota Medan itu menyebut semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) harus siap siaga semi bencana terhadap segala kemungkinan yang terjadi. Ia menyebut meski sudah ada lembaga terkait yang menangani bencana yaitu BPBD, bukan berarti OPD melimpahkan sepenuhnya kepada lembaga itu. "Koordinasi lintas OPD perlu ditingkatkan, baik dalam bentuk anggaran maupun lainnya," tuturnya.
 
Salman menyebutkan, banjir yang terjadi di Medan tidak bisa dipungkiri akibat buruknya sistem drainase saat ini. Namun demikian, ada beberapa drainase yang sedang dalam perbaikan sehingga terjadi penyumbatan aliran air. Apalagi, hujan yang terjadi belakangan ini intensitasnya cukup deras.
 
"Sebagian pengerjaan drainase tahun lalu belum tuntas pada tahun ini, sehingga kemungkinan hal itu salah satu penyebabnya dan terjadi penyumbatan," pungkasnya.(BS07)
 

Tag:BanjirBencanaKomisi IV DPRDPemko MedanHujan