Politik & Pemerintahan

Komisi B DPRD Sumut Ingatkan Gubsu Agar Dorong Pemerintah Pusat Tutup KJA


Komisi B DPRD Sumut Ingatkan Gubsu Agar Dorong Pemerintah Pusat Tutup KJA
beritasumut.com/BS03
Beritasumut.com-Persoalan pencemaran air Danau Toba menjadi perhatian serius dan harus segera ditindaklanjuti penanganannya. Salah satunya dengan menertibkan Keramba Jaring Apung (KJA) di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba. Penertiban ini dinilai mendesak apalagi Danau Toba merupakan destinasi wisata dunia dengan Geopark Kaldera Toba (GKT) dan telah disetujui masuk dalam UNESCO Global Geopark (UGG).
 
"Komisi B sangat setuju agar KJA itu ditutup. Dan kita akan rekomendasikan ke Gubernur supaya menunjukan sikap kepada pemerintah pusat agar KJA segera ditertibkan," ujar Ketua Komisi B H Robby Anangga didampingi Anggota Komisi B, Richard Pandapotan Sidabutar, Kamis (05/09/2019).
 
Ditambahkan Richard desakan agar Gubsu segera menyuarakan agar pemerintah pusat yang dalam hal ini berwenang mengeluarkan Ijin usaha perikanan dibidang pembudidayaan menggunakan modal asing tidak lagi mengeluarkan ijin.
 
"Sesuai Permenkp Tahun 2014 tentang Usaha Pembudidayaan ikan untuk perijinan usaha dengan Modal Asing yang keluarkan Pemerintah pusat melalui Dirjen. Tapi paling tidak Gubsu bisa mengeluarkan rekomendasi, mendesak pemerintahkan pusat agar menutup KJA di Kawasan Danau Toba," ujar Richard.(BS03)

Tag:DPRD SumutKJAKeramba Jaring ApungRichard Sidabutardanau tobaPencemaran Danau Toba