Jumat, 22 November 2019

Kecewa, Komisi IX Tinggalkan Ruang Rapat Kantor Gubsu

Selasa, 02 Agustus 2016 16:40:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Asisten I Hasiolan Silaen saat menerima kunker dari Komisi IX
Beritasumut.com-Rombongan Komisi IX yang dipimpin Saleh Partaonan Daulay memilih meninggalkan ruang rapat Beringin di Kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Selasa (02/08/2016). Mereka merasa kecewa karena ketidakhadiran Gubsu H T Erry Nuradi maupun Sekertaris Daerah (Sekda) Hasban Ritonga dalam rapat tersebut. Saat itu, Komisi IX DPR RI hanya diterima oleh Asisten I Hasiolan Silaen, Kadisnaker Bukit Tambunan.  
 
Merasa tidak dihargai, Rombongan Komisi IX tidak mau memulai rapat dan tetap menunggu kehadiran Sekdaprovsu Hasban Ritonga. Setelah satu jam lebih menunggu, akhirnya 11 anggota DPR RI itu membubarkan diri dan keluar dari ruang rapat. Begitu mereka baru keluar, Hasban tiba dan langsung meminta pengertian Komisi IX agar rapat dapat kembali dilanjutkan. Ironisnya Daulay dan rombongan tetap pergi dan mengaku langsung meninjau ke lapangan. 
 
"Kunjungan reses kunker ini sudah dijadwalkan jauh hari. Ada banyak provinsi yang meminta kita untuk hadir untuk melakukan kunker seperti ini. Ternyata jadwal yang sudah disepakti bersama ini terjadi ada beberapa pejabat penting yang mesti harus mendengar tidak ada disini. Tadi kawan-kawan sepakat kalau rapatnya tidak usah dilakukan lagi dan kita langsung melakukan pengawasan ke lapangan saja," ujar Saleh Partaonan Daulay usai keluar dari ruangan rapat.
 
Dikatakan Daulay, dirinya merasa prihatin saja karena keinginan Komisi IX untuk menyerap aspirasi ke Sumut melalui rapat bersama KDH dan SKPD terkait tidak terealisasi. Padahal menurut Daulay ada banyak hal yang akan dibahas diantaranya menganalisis pelayanan kesehatan, cara mereka menghadapi isu vaksin palsu, mengawasi peredaran obat di RS, kesiapan dan pendataan BPJS dan juga persoalan Tenaga Kerja. 
 
"Anggaran kesehatan 5 persen dari APBN dan itu ada di Komisi IX, seharusnya kita bisa tahu alokasi anggaran yang perlu kita siapkan. Apa yang akan kita perjuangan di Pusat itu yang kita terima dari sini. Tapi karena tidak diterima dengan baik, ya kita merasa kurang baiklah. Ini menjadi catatan saja bagi Provinsi kedepan. Karena kawan-kawan ini berangkat dari Subuh tadi, dari Jakarta," tandasnya. (BS03)
T#g:
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.