Rabu, 17 Juli 2019

KPK: Sumut Provinsi Pertama Terapkan Layanan Elektronik e-Samsat Paten

Senin, 05 Desember 2016 20:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
KPK: Sumut Provinsi Pertama Terapkan Layanan Elektronik e-Samsat Paten
Beritasumut.com-Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menjadi Provinsi pertama yang menerapkan pelayanan berbasis elektronik dari enam Provinsi yang menjadi pilot project Korsupgah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
 
“Sepertinya menurut saya, Sumut adalah Provinsi pertama yang di luar perkiraan kami. Saya pikir penerapannya tahun depan, tapi ternyata tahun ini. Tepuk tangan untuk Sumut,” ujar Koordinator Supervisi & Pencegahan KPK Wawan Wardiana saat soft-launching layanan elektronik-Samsat Paten (e-Samsat Paten) dan Sumut Go Samsat di pelataran Kantor Bank Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Senin (05/12/2016).
 
Wawan Wardiana mengatakan Provinsi Jabar meningkat tajam pendapatan daerahnya, dari Rp 7 triliyun  menjadi Rp 29 triliun, berkat dari e-Samsat. “Bagaimana bisa tajam pendapatannya menggunakan sistem elektronik tadi, di Jawa Barat disiapkan 64 ribu titik yang bisa digunakan masyarakat secara aktif dan proatif untuk membayar pajak kendaraan bermotor bisa lewat ATM, Samsat gendong dan lainnya. Makanya minggu lalu kita undang termasuk Sumut untuk adposi sistem tersebut,” jelas Wawan.
 
Dia mengharapkan upaya yang dilakukan Sumut ini menjadi contoh bagi Kabupaten Kota di Sumut. Sehingga Provinsi maupu Kabupaten Kota sudah bisa memberi pelayanan berbasis elektronik.
 
“Saya selaku Koordinator Supervisi dan Pencegahan Korupsi KPK memberi apresiasi kepada Pak Sekda yang terus mendorong perubahan di Sumut. Walaupun dengan berbasis elektronik tidak 100 persen menghilangkan korupsi, namun dengan ini ada upaya menutup itu sudah dilakukan. Kalau masih terjadi berarti memang sudah kebangetan, sudah diniatkan. Sekali lagi saya apresasi Pemprov Sumut dan Pemprov Jabar yang sudah menjadi percontohan,” katanya.
 
e-Samsat Paten menggunakan layanan sms, sementara Sumut Go Samsat menggunakan aplikasi android yang merupakan pertama di Indonesia oleh Dirlantas Polda Sumut. Sejauh ini layanan bisa dimanfaatkan oleh nasbah Bank Sumut karena mengguanakan jaringan milik Bank Sumut.
 
Kadis Pendapatan Daerah Sumut Sarmadan Hasibuan mengatakan dalam waktu satu dua bulan ke depan, selain bekerjasama dengn Bank Sumut, pihaknya akan menjalin kerjasama dengan bank yang lain seperti BRI dan Bank Mandiri. "Nantinya Secara realtime nantinya setoran PAD ke Bank Sumut. Saat ini dari 5,5 juta pemilik kendaraan di Sumut, baru 3,2 juta yang melakukan daftar ulang. Sisanya, ada 2,2 juta pemilik yang tidak mendaftar ulang," bebernya.
 
“Kita bisa contoh dan Jabar dan Jatim yang 65-70 persen pemilik kendaraan mendaftar ulang sehingga dengan layanan elektronik ini diharapkan APBD Sumut tahun 2018 diperkirakan bisa mencapai Rp 13 triliun,” pungkasnya. (BS03)
T#g:BankE-Samsat PatenErry NuradiGubernurKPKSumatera UtaraSumut
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 15 jam lalu

    Didukung ITFC, Sumut Harus Bisa Jadi Produsen Kopi Terbesar di Indonesia

    Beritasumut.com–Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengharapkan Provinsi Sumut bisa menjadi produsen  terbesar kopi di

  • 16 jam lalu

    Dongkrak Ekspor Kopi Sumut, ITFC Bekali Pengetahuan Petani dan Eksportir Kopi

    Beritasumut.com-Guna menghadapi tantangan yang disebabkan oleh perubahan iklim dan meningkatkan kualitas serta kuantitas produksi kopi Indonesia kh

  • kemarin

    Wagub Sumut Sambut Baik Rencana Pembaharuan Kerja Sama SPAM Regional

    Beritasumut.com–Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah menyambut baik keinginan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan

  • 2 hari lalu

    Silaturahmi Bersama OJK, Wagub Berharap Akses Keuangan di Daerah Meningkat

    Beritasumut.com–Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menerima kunjungan silaturahmi dari Kepala Otoritas Jasa Keuanga

  • 2 hari lalu

    Wagub Sumut Harapkan Kunjungan Wisatawan India ke Sumut Meningkat

    Beritasumut.com-Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekhsah menerima kunjungan Konsul Jenderal (Konjen) India Raghu Gururaj, di ruan

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.