Politik & Pemerintahan

Jadi Rebutan, Penetapan Pj Walikota Tebingtinggi Lamban


Jadi Rebutan, Penetapan Pj Walikota Tebingtinggi Lamban
BERITASUMUT.COM/BS03
Sekda Provsu Hasban Ritonga.
Beritasumut.com-Diduga karena menjadi rebutan sejumlah pejabat eselon II di Pemprovsu, penetapan Pejabat (Pj) Walikota Tebingtinggi menjadi lamban. Bahkan beredar kabar kalau sebenarnya Mendagri Tjahjo Kumolo telah menetapkan salah satu calon dari tiga nama yang diusulkan Pemprovsu untuk menjadi Pj walikota Tebingtinggi. 
 
Namun karena adanya tarik menarik kepentingan hingga kini proses penerbitan SK Pj Walikota Tebingtinggi jadi tersendat."Kalau soal itu saya tidak mengetahuinya. Tapi yang pastinya untuk SK itu kita tunggu sajalah dari pusat, karena itu wewenang mereka," ujar Hasban Ritonga selaku Sekda Provsu kepada wartawan, Selasa (18/10/2016).
 
Lebih lanjut dikatakannya, Pemprovsu telah mengusulkan beberapa nama ke pemerintah pusat untuk ditetapkan menjadi Pj Walikota Tebingtinggi."Komunikasi ulang juga sudah dilakukan, sehingga sekarang tinggal menunggu SK nya tiba. Begitu SK ada, langsung dilantik," ujar Hasban.
 
Terkait dengan akan dilangsungkannya Pemilihan Walikota Tebingtinggi pada Pilkada 2017, Hasban mengatakan bahwa sudah Plh Walikota yang ditunjuk."Sementara disana (Pemko Tebing Tinggi) sudah ada Plh Walikota. Begitu pun kami selalu koordinasikan ke Jakarta," ujar Hasban.
 
Hasban mengaku tidak mengetahui bagaimana proses penetapan SK Pj Walikota Tebingtinggi itu di Jakarta."Kita tidak tau di sana itu (Jakarta) pertimbangannya seperti apa. Tetapi secara tertulis juga kita tidak ada menerima surat yang meminta ada pergantian nama," terang Hasban.
 
Seperti diketahui sebelumnya, Pemprovsu beberapa waktu lalu mengusulkan tiga nama kepada Mendagri untuk menjadi Pj walikota Tebingtinggi yakni Kepala Bappeda Provsu dan Plt Dinas Pendidikan Provsu  Arsyad Lubis, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provsu Wan Hidayati dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provsu Zulkifli Taufik.
 
Sebelumnya Gubernur Sumut Erry Nuradi mengatakan Pemprovsu sudah mengusulkan calon Penjabat walikota (Pj) Kota Tebingtinggi pada akhir Juli 2016 lalu. Menurut Erry setelah pihaknya menjelaskan terkait tidak adanya paripurna pemberhentian Walikota sebelumnya oleh DPRD Tebinggtinggi sehingga proses penetapan Pj sudah bisa dilaksanakan.
 
"Seharusnya dalam minggu ini. Saya tidak tau kenapa bisa belum turun ya. Nanti coba saya tanyakan Kepusat. Tapi memang dari tiga nama yang kita usulkan itu tidak ada yang lebih jagoan. Semuanya sama. Jadi tinggal Mendagri saja yang menentukannya," ujarnya.(BS03)
 
 

Tag:GubsuHasban RitongaTebingtinggiWalikota Tebing Tinggi