Kamis, 24 Oktober 2019

Inilah Perkiraan Bappenas untuk Biaya Pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia

Senin, 29 April 2019 20:45:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodonegoro
Beritasumut.com-Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke kota lain di luar Pulau Jawa sekitar Rp323 – Rp466 triliun.
 
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, jika mengikuti skenario pertama, di mana tidak ada rezising jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN), seluruh AS Pemerintah Pusat pindah ke ibu kota baru, dengan menggunakan data 2017 akan dibutuhkan ibu kota baru dengan penduduk perkiraannya 1,5 juta. Jumlah ini terdiri dari anggota eksekutif, legislatif, yudikatif, Polri, TNI kemudian anggota keluarganya.
 
“Dengan penduduk 1,5 juta, pemerintahan akan membutuhkan 5% lahan, ekonomi 15%, sirkulasi infrastruktur 20%, pemukiman 40% dan ruang terbuka hijau 20%, diperkirakan dibutuhkan lahan sampai atau minimal 40.000 hektare untuk estimasi atau skenario yang pertama,” jelas Bambang dilansir dari laman setkab, Senin (29/04/2019).
 
Skenario kedua apabila ketika pemindahan ada resizing dari ASN, di mana ASN-nya yang pindah itu 111 ribuan, ditambah Polri/TNI, anggota keluarganya menyesuaikan dengan 4 anggota keluarga, pelaku ekonominya 184.000, jumlah penduduk di bawah satu juta, tepatnya 870.000 dibutuhkan kira-kira lahan dengan peruntukan persentase pemakaian yang sama, maka diperlukan lahan lebih sedikit yaitu 30.000 hektar.
 
“Dari situ kita mencoba membuat estimasi besranya pembiayaan tadi. Estimasi besarnya pembiayaan di mana skenario 1 diperkirakan kan membutuhkan biaya Rp466 triliun atau 33 miliar dollar AS. Skenario 2, lebih kecil karena kotanya lebih kecil yaitu  Rp323 triliun atau 23 miliar dollar AS,” jelas Bambang.
 
Menurut Bambang, sumber pembiayaan bisa berasal dari 4 sumber, yaitu dari APBN khususnya untuk initial infrastructure dan juga fasilitas kantor pemerintahan dan parlemen, kemudian dari BUMN (Badan Usaha Milik Negara) untuk infrastruktur utama dan fasilitas sosial. Kemudian KPBU, Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha untuk beberapa unsur utama dan juga fasilitas sosial, dan swasta murni khususnya yang terkait dengan properti perumahan dan fasilitas commercial.
 
Dari jumlah biaya yang dibutuhkan itu, menurut Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodonegoro, pada skenario 1 porsi pemerintah yang dibutuhkan itu Rp250-an trilun, swasta hampir sama yaitu sekitar Rp215 triliun. Demikian juga untuk yang skenario 2, pemerintah sedikit lebih besar daripada swasta.
 
Bambang menambahkan, apabila ingin merealisasikan pemindahan ibu kota ini, ada semacam badan otorita yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Nanti badan ini mengelola dana investasi pembangunan kota baru, serta melakukan kerja sama baik dengan BUMN maupun swasta.“Mengelola aset investasi dan menyewakan aset tersebut kepada instansi  pemerintah atau pihak ketiga, serta mengelola proses pengalihan aset pemerintah di Jakarta untuk membiayai investasi pembangunan kota baru,” jelas Bambang.
 
Selain itu, lanjut Bambang, badan otorita ini juga harus melakukan persiapan  dan pembangunan dari menyusun struktur pola tata ruang, membangunan infrastrukturnya dan gedung fasilitas pemerintahan, mengendalikan proses pembangunan sarana prasarana, serta mengelola dan memelihara gedung dan fasilitas publik lainnya.(BS09)
T#g:BappenasIbu Kota Negara PindahJakarta
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Dankodiklatad Tinjau Latihan Staf Gema Bhakti 2019 di Jakarta

    Beritasumut.com-Komandan Komando Doktrin Pendidikan Latihan TNI Angkatan Darat (Dankodiklatad) Letjen TNI AM Putranto SIP, meninjau Latihàn

  • 2 bulan lalu

    Kepala Bakamla RI Courtessy Call ke Kemenlu RI

    Beritasumut.com-Kepala Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya Bakamla A Taufiq R, melakukan Courtessy Call ke Kementerian Luar Negeri Re

  • 2 bulan lalu

    1000 Pelaku Startup Digital Akan Berkumpul di Istora Senayan Jakarta 18 Agustus Mendatang

    Beritasumut.com-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI mendukung Gerakan Nasional 1000 Startup Digital untuk mengobarkan semangat D

  • 3 bulan lalu

    Kepala Bakamla RI Isi Kuliah Umum untuk Dikreg 28 Sespimti Polri

    Beritasumut.com-Kepala Bakamla RI Laksdya Bakamla A Taufiq R, mengisi sesi kuliah umum tentang Penegakan Hukum di Laut dalam Kajian Strategis Globa

  • 3 bulan lalu

    BNN Sita Ratusan Kilo Ganja Asal Aceh, Disembunyikan di Tabung Gas, Kompesor dan Peti Besi

    Beritasumut.com-Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) melakukan penangkapan dan penyitaan terhadap ratusan Kilogram ganja, di Lapang

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.